Now Reading
Setelah Vaksin Covid-19, Kapan Bisa Program Hamil?

Setelah Vaksin Covid-19, Kapan Bisa Program Hamil?

Vaksin Covid-19 Untuk Program Hamil - Mommies Daily

Bagaimana vaksin Covid-19 untuk mereka yang sedang program hamil? Apakah aman dan jenis vaksin apa yang bisa diterima?

Apakah mommies masuk dalam kategori yang sedang program hamil, terus masih maju mundur, “vaksin apa nggak, ya?”. Lewat dr. Gorga Udjung, SpOG , Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan yang praktik di RS Bunda Jakarta, kami mencari jawaban yang valid untuk mommies.

Jadi, dokter Gorga mengatakan, “Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) mengeluarkan rekomendasi tidak disarankan untuk penundaan kehamilan pada ibu yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 secara lengkap. Perlu diketahui juga kalau vaksinasi ini tidak berpengaruh terhadap infertilitas atau kesuburan. Mendapatkan vaksinasi sebelum hamil malah akan membantu mencegah terinfeksi Covid19 dan mendapatkan gejala yang berat. Dan menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) yang berpusat di Amerika Serikat, proteksi optimal dari vaksin mulai terbentuk setelah 2 minggu.”

Baca juga: Ini yang Perlu Diperhatikan Soal Vaksin Covid-19 pada Anak dan Ibu Hamil

Hal senada juga diungkapkan oleh American Society for Reproductive Medicine (ASRM), agar mereka yang mencoba untuk hamil atau menjalani perawatan kesuburan juga divaksinasi. “Pasien yang menjalani perawatan kesuburan dan pasien hamil harus didorong untuk menerima vaksinasi berdasarkan kriteria kelayakan,” kata Gugus Tugas Coronavirus/COVID-19 ASRM. “Karena vaksin itu bukan virus hidup, tidak ada alasan untuk menunda upaya kehamilan karena pemberian vaksinasi atau menunda pengobatan sampai dosis kedua diberikan.”

Sudah jelas, ya, sekarang. Namun pada prosesnya, bisa jadi ada pertanyaan baru yang muncul: “Bagaimana jika seseorang mengalami kehamilan setelah mendapatkan vaksin dosis pertama? bisa, kah, melanjutkan vaksin tahap ke-2?”

Berikut jawaban dokter Gorga, “Vaksinasi Covid-19 direkomendasikan diberikan pada rentang usia kehamilan 12-33 minggu, sehubungan dengan periode kritikal organogenesis di trimester 1 dan manfaat perlindungan pada akhir trimester nanti. Jadi bila setelah vaksin dosis pertama seseorang baru ketahuan hamil maka tetap dianjurkan untuk melanjutkan vaksinasi dosis kedua di usia kehamilan di atas 12 minggu.”

Jika kasus yang barusan disebutkan oleh dokter Gorga dialami oleh Anda. Saat ini berdasarkan rekomendasi dari POGI semua jenis vaksin Covid-19 yang beredar di Indonesia dapat diberikan untuk ibu hamil (Pfizer, Moderna, Astra Zeneca, Sinovac, Sinopharm). Rekomendasi pemberian vaksin Covid-19 pada ibu hamil dapat dilakukan dengan konseling terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan, tentang keamanan, gejala yang mungkin timbul dan efektivitas vaksin.

Semoga memberi pencerahan untuk mommies, ya. 

Baca juga: 6 Pertanyaan Seputar Kehamilan di Masa Pandemi Covid-19

Referensi artikel:  Yes, You Should Get the COVID Vaccine Even If You’re Trying to Get Pregnant, Here’s Why

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top