Now Reading
6 Manfaat Kegiatan Merajut pada Anak

6 Manfaat Kegiatan Merajut pada Anak

Dhevita Wulandari
Manfaat Kegiatan Merajut pada Anak - Mommies Daily

Manfaat kegiatan merajut pada anak ternyata ada banyak dan aktivitas ini tidak hanya untuk anak perempuan, tapi juga untuk anak laki-laki.

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Merajut adalah salah satunya. Kegiatan merajut banyak mengandalkan keterampilan tangan dan bisa menghasilkan karya berupa syal, tas, taplak meja, pakaian, bahkan mask connector.

Merajut identik dengan kegiatan anak perempuan dan orang tua. Tapi siapa sangka kegiatan merajut untuk mengisi waktu luang dan sebagai hobi ini ternyata juga bisa dilakukan oleh anak laki-laki. Psikolog anak dan remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojdo, S.Psi. mengatakan, “Merajut seperti halnya memasak, menjahit, merancang pakaian, hairstyling, bukanlah monopoli perempuan. Aktivitas merajut merupakan salah satu kegiatan yang sifatnya meditatif atau mindful sehingga punya efek menenangkan sehingga baik sekali untuk regulasi emosi dan stress-release.”

Berikut manfaat kegiatan merajut pada anak

Dapat meredakan stres dan rasa cemas

Dikutip dari SAGE Journals, sebuah online survey dilakukan untuk mengidentifikasi manfaat merajut. Hasilnya ditemukan bahwa merajut bermanfaat untuk relaksasi, menghilangkan stres, dan meningkatkan kreativitas. Hal ini dikarenakan saat melakukan kegiatan merajut, bentuk dan hasil rajutan perlahan akan terbentuk sehingga akan memunculkan energi positif dan rasa puas yang dapat membuat anak melupakan stres dan cemas yang dirasakan sebelumnya.

Dapat melatih kesabaran dan ketenangan

Hasil penelitian juga menunjukkan hubungan yang signifikan antara merajut dengan perasaan tenang dan bahagia. Saat merajut, anak akan terlatih untuk sabar dan tenang sampai akhirnya mendapatkan bentuk yang diinginkan.

Dapat melatih konsentrasi dan ketelitian

Dalam merajut, dibutuhkan pola-pola dan teknik khusus yang harus dilakukan berulang kali. Apabila tidak teliti, maka bentuk dan pola rajutan pun akan menjadi tidak sesuai dan kurang bagus. Sehingga jika dilakukan dengan teliti dan benar, anak akan mampu berkonsentrasi dengan baik dan fokus dalam setiap langkah atau proses pengerjaannya.

Dapat melatih motorik

Saat merajut banyak bagian otak yang terangsang dan bekerja, seperti pada bagian otak kecil yang membantu koordinasi gerakan tangan dan lobus frontal yang membantu proses perencanaan. Kegiatan merajut ini juga dapat membantu menyembuhkan anak yang terkena penyakit Parkinson, sehingga dapat mengurangi tremor dan melatih keseimbangan gerakannya.

Dapat melatih kepercayaan diri

Tidak banyak anak yang melakukan kegiatan merajut. Sehingga merajut bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri dan rasa bangga pada anak lewat karya yang dihasilkannya.

Baca juga: Manfaat Yoga pada Anak dan Rekomendasi Kelas Yoga Anak

Mempunyai manfaat yang sama seperti meditasi

Merajut dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak karena dapat melatih keterampilan baru yang berbeda dari yang pernah anak lakukan sebelumnya. Dalam merajut, proses pengulangan pola yang dilakukan berulang kali menjadi kegiatan relaksasi yang mempunyai manfaat yang sama seperti saat melakukan meditasi.

Baca juga: Rekomendasi Film Anak di Bulan Agustus

Photo by Karly Santiago on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top