banner-detik
NEW PARENTS

25 Rekomendasi Produk untuk Ibu Menyusui, Dari Breast Pump Hingga ASI Booster

author

gitalarasw05 Aug 2021

25 Rekomendasi Produk untuk Ibu Menyusui, Dari Breast Pump Hingga ASI Booster

Ini dia 25 rekomendasi produk untuk ibu menyusui  yang akan membantu proses meng-ASI-hi Mommies. 

Saat baru menjadi seorang ibu, Mommies mungkin harus menghadapi berbagai adaptasi. Hadir kewajiban baru untuk menyusui Si Kecil yang baru lahir. Mommies juga harus mengatur asupan makanan dan waktu tidur, semua demi kelancaran menyusui Si Kecil.

Meski begitu, jangan khawatir, Mommies. Ada beberapa produk yang menemani dan membantu Mommies melewati fase menyusui ini. Berikut lebih lengkapnya.

Rekomendasi produk untuk ibu menyusui:

Breast Pump/Pompa ASI:

1. Medela Harmony Flex

Harga mulai dari Rp529 ribu

Medela Harmony Flex

Pompa ASI dari Medela ini tidak memerlukan listrik atau baterai saat digunakan. Meski manual, Medela Harmony Flex terbukti efektif untuk mengeluarkan ASI hingga 11,8% lebih banyak dalam waktu singkat. Ini berkat teknologi dua fase tekanan yang diadaptasi dari ritme hisapan bayi. Corongnya juga memiliki pinggiran yang lembut dan lebih melekat.

Memiliki bobot ringan, Medela Harmony Flex dapat dengan mudah dibawa ke mana pun. Ia juga tidak mengambil banyak ruang saat ditempatkan di dalam tas.

2. Mooimom Hands-Free Electric Breast Pump

Harga mulai dari Rp990 ribu

mooimom hands-free electric breast pump

Pompa ASI elektrik dari Mooimom ini dirancang untuk membantu para ibu yang aktif dan produktif. Dengan begitu, Mommies bisa memompa ASI sambil melakukan kegiatan yang lainnya.

Mooimom Hands-Free Electric Breast Pump memiliki desain Anti Refluks yang mencegah ASI mengalir kembali atau tumpah. Suara mesinnya berfrekuensi rendah sehingga tidak mengganggu konsentrasi Mommies.

3. SpeCtra Q+

Harga mulai dari Rp919 ribu

spectra q+

Pompa ASi SpeCtra Q+ ini tidak terlalu besar. Meski begitu, kecanggihannya tidak perlu diragukan lagi. Ia memiliki fitur dual pump yang membantu Mommies menggunakan dua pompa secara bersama agar ASI yang dikeluarkan lebih maksimal.

Breast pump ini juga hadir dengan pengaturan Auto Off 30 menit. Artinya, mesin akan otomatis mati jika tidak digunakan selama 30 menit. Lebih awet dan tahan lama, deh!

4. Mama’s Choice Single & Handy Electric Breast Pump

Harga mulai dari Rp349 ribu

Mama’s Choice Single & Handy Electric Breast Pump

Breast pump ini sangat aman dan praktis untuk digunakan. Pemasangan pompa ASI didesain dengan ringkas dan panel kontrolnya mudah dipahami. Mommies pun tidak membutuhkan waktu lama untuk mempersiapkan pompa ASI. Silakan bersandar di sofa dan biarkan breast pump ini melakukan tugasnya.

Oh iya, tersedia kabel USB pada produk ini yang dapat digunakan di laptop, powerbank, bahkan adaptor AC.

5. Pigeon Manual Breast Pump

Harga mulai dari Rp294 ribu

Pigeon Manual Breast Pump

Rekomendasi produk untuk ibu menyusui lainnya adalah Pigeon Manual Breast Pump. Pompa ASI ini dilengkapi dengan beberapa fitur seperti Easy Operating Handle yang didesain dengan ergonomis agar tangan ibu menyusui tidak lelah. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan Perfect Sealing Air Cushion, bantalan kedap udara yang membantu Mommies memompas ASI dengan nyaman dan merangsang pengisapan ASI dengan stabil tanpa rasa sakit.

6. Malish Alesha

Harga mulai dari Rp897 ribu

Malis Alesha

Malish Alesha merupakan pompa ASI elektrik yang dapat di-cas. Dalam kondisi full charge, ia dapat digunakan 4-5 kali. Terdapat tiga fase pemompaan yang ditawarkan Malish Alesha yaitu stimulasi, massage, dan ekspresi. Mommies bisa memompa ASI dengan nyaman karena bagian-bagian dari breast pump ini mudah dibongkar pasang dan dibersihkan.

7. Opia Diamond Breast Pump

Harga mulai Rp2,4 juta

Opia Diamond Breast Pump

Pompa ASI dari Opia ini cukup canggih karena memiliki layar sentuh LCD dan night light. Pompa ganda yang dimilikinya dilengkapi dengan mode Sincronous dan Alternate yang dapat menghemat waktu memompa dengan produksi ASI yang lebih banyak.

Jangan lupa juga untuk memanfataakan fitur Single Pump Left/Single Pump Right yang dapat menyesuaikan kecepatan di masing-masing payudara tanpa harus selalu mengatur ulang mesinnya, Mommies!

Breast Pads:

8. Dacco Mama Pad Flower

Harga mulai dari Rp20 ribu (tergantung isi)

Mama Pad Dacco Flower

Breast pad ini aman untuk digunakan karena terbuat dari material nonwoven yang lembut. Dengan begitu, dijamin tidak akan menimbulkan iritasi pada payudara Mommies. Dacco Mama Pad Flower 3D juga memiliki tekstur tipis, tetapi berdaya serap tinggi. Ini berkat kandungan Super Absorbent Polymer yang mengubah cairan ASI menjadi gel.

9. Pigeon Breast Pads Honeycomb

Harga mulai dari Rp19 ribu (tergantung isi)

Pigeon Breast Pads Honeycomb

Terbuat dari serat honeycomb, breast pad ini membantu penyerapan ASI lebih cepat dan merata. Selain itu, lapisan polymer-nya memiliki daya serap tinggi sehingga kulit ibu menyusui tetap kering dan terhindar dari kelembapan.

10. Medela Washable Breast Pads

Harga mulai dari Rp170 ribu

 

Medela breast pad

Jika Mommies membutuhkan breast pada yang bisa dicuci dan dipakai berulang kali, produk dari Medela ini bisa menjadi pilihan. Medela Washable Breast Pads terbuat dari bahan katun yang lembut dan nyaman untuk digunakan. Ia dapat dicuci hingga 50 kali dengan suhu air 40-60 derajat celcius.

Di halaman selanjutnya, Mommies bisa cek rekomendasi produk menyusui untuk kantung ASIP, ASI booster, Nursing cover

Kantung ASIP:

11. BKA

Harga mulai dari Rp21 ribu (tergantung isi dan ukuran)

Kantong ASI BKA

Produk ini dilengkapi dengan teknologi sterilisasi yang menembakkan ion untuk membunuh mikroorganisme seperti jamur, virus, dan bakteri jahat lainnya. Sterilisasi EB Ray tidak akan mengubah warna dan bau sehingga aman digunakan sebagai wadah penyimpanan ASIP. Kemasan ziplock-nya juga membuat kualitas ASIP tetap terjaga.

12. GabaG Breastmilk Storage Bags 100 ml

Harga mulai dari Rp37 ribu

gabag breastmilk storage

Kantung ASIP ini terbuat dari material bebas BPA yang terbukti aman untuk bayi. Ia juga dilengkapi double zipper sehingga kualitas ASI di dalamnya akan lebih terjaga. Tak kalah penting, kemasan kantung penyimpanan ini didesain dapat berdiri tegak sehingga bisa menghemat ruang saat ditempatkan di kulkas.

 13. Philips Avent Breast Milk Storage Cups

Harga mulai dari Rp118 ribu

Philips Avent Breast Milk Storage Cups

Botol penyimpanan ASIP dari Philips Avent memiliki tutup yang ketat sehingga jika ingin dibawa bepergian. Philips Avent Breast Milk Storage Cups ini juga dilengkapi adaptor yang nyaman dan kompatibel dengan pompa ASI sehingga memudahkan Mommies untuk memberikan ASIP.

14. Kolibri Classic 120 ml

Harga mulai dari Rp32ribu

Kalibri Classic Kantong ASI

Keunggulan dari kantung ASIP ini adalah desain kemasan yang bening sehingga para ibu bisa mengecek kondisi apakah ASIP masih layak diminum atau tidak. Ada pula indikator thermal yang berguna untuk mengetahui suhu ASIP. Nantinya, warna pink menunjukkan bahwa ASIP tersebut dinging, pink muda mengindikasikan ASIP siap diminum, dan putih jika ASIP panas.

ASI Booster:

15. Mama Bear Teh Pelancar ASI

Harga mulai dari Rp42 ribu

mama bear teh pelancar ASI

Teh pelancar ASI ini 100% terbuat dari bahan-bahan herbal seperti fenugreek, daun kelor, adas manis, dan curcuma. Oleh sebab itu, banyak khasiat yang diberikan untuk mendukung kesehatan ibu menyusui, termasuk memperlancar produksi ASI.

Produk dari Mama Bear ini berupa teh celup yang siap diseduh. Mommies boleh menambahkan gula atau madu sesuai selera. Asal jangan berlebihan ya, Mommies.

16. Susu Bubuk Alamon ASI Booster

Harga mulai dari Rp37 ribu

Alamon ASI Booster

Dibuat dari bubuk almond, produk ini juga dapat meningkatkan produksi ASI Mommies. Oh iya, ada beberapa rasa yang tersedia sehingga bisa memilih sesuai selera. Produk ini juga cocok untuk Mommies yang memiliki lactose intolerant atau alergi susu sapi.

17. Herba ASIMOR

Mulai dari Rp55 ribu (tergantung isi)

Herba ASIMOR

Herba ASIMOR dibuat dari daun katuk dan daun torbangun yang selama ini diyakini dapat membantu melancarkan produksi ASI. Selain itu, Herba ASIMOR juga mengandung tambahan protein bioaktif fraksi dari ikan gabus.

18. Herbilogy Breastfeeding Capsule

Harga mulai dari Rp86 ribu

herbilogy breastfeeding capsule

Setiap kapsul yang ada di Herbilogy ini sudah mengandung kombinasi ekstrak katuk, fenugreek, dan kelor yang memang bermanfaat untuk melancarkan ASI. Produk ini juga 100% terbuat dari bahan alami sehingga tidak mengandung pengawet, zat pewarna, aroma, warna, dan bahan kimia. Sangat aman untuk ibu menyusui dan bayinya.

19. Hydromamma

Harga mulai dari Rp60 ribu

Hydromamma

Hydromamma dibuat dari ekstrak buah alami sehingga rasa manisnya tidak berlebihan. Selain itu, produk ini juga tidak menggunakan pewarna buatan. Sebaliknya, terdapat kandungan asam folat, vitamin C, potassium dan magnesium yang sangat baik untuk ibu menyusui dan perkembangan bayinya.

Nipple Cream:

20. Mothercare It’s Your Body Nipple Cream

Harga mulai dari Rp277 ribu

mothercare it's your body nipple cream

Krim ini diformulasikan khusus dengan vitamin E dan bisabolol untuk membantu menenangkan dan melindungi puting yang sakit dan pecah-pecah akibat menyusui. Produk dari Mother Care ini cocok untuk digunakan semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

21. Momilen Nursing Cream

Harga mulai dari Rp32 ribu

Momilen nursing cream

Salep ini digunakan untuk mengatasi luka pada putting. Selain itu, ia mampu merawat dan memberi asupan nutrisi pada kulit. Dengan begitu, kulit di sekitar payudara pun tetap lembut dan elastis. Jangan lupa cuci bersih sebelum menyusui ya, Mommies.

22. Mama’s Choice Intensive Nipple Cream

Harga mulai dari Rp69 ribu

Mamas choice intensive nipple cream

Produk dari Mama’s Choice ini memiliki tekstur lotion yang dapat menenangkan, melembutkan, dan menghidrasi kulit akibat menyusui langsung maupun pumping. Produk ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti ekstrak kurma dan saripati kelapa sehingga aman untuk ibu dan bayi.

23. Pure Mom Nipple Cream

Harga mulai dari Rp59 ribu

Pure Mom Nipple Cream

Produk ini memiliki kandungan provitamin B5, vitamin E, dan minyak zaitun yang memiliki banyak manfaat. Pure Mom Nipple Cream diklaim dapat menutrisi, melindungi, melembapkan, dan melembutkan puting susu Mommies selama masa menyusui. Ia juga terbuat dari bahan alami dan tidak menimbulkan masalah jika tertelan oleh bayi.

Nursing Cover:

24. Mooimom Multi-Use Nursing Scarf

Harga mulai dari Rp189 ribu

mooimom nursing scarf

Apron menyusui dari Mooimom ini memiliki desain yang trendy dan dapat digunakan pada leher maupun pundak. Perlindungan yang diberikan juga cukup baik, termasuk menghalau matahari, angin, cahaya, dan bakteri ketika Mommies terpaksa harus menyusui di luar rumah.

25. Bebitza Textured Knit Nursing Cover

Harga mulai dari Rp469 ribu

Memiliki tekstur rajutan, nursing cover ini cocok digunakan ketika cuaca agak dingin. Meski begitu, bahannya tetap tipis dan ringan. Ia juga didesain untuk menutupi bagian tubuh Mommies seperti area dada, perut dan punggung, agar lebih nyaman menyusui saat sedang banyak orang atau ketika berada di ruang publik.

Nah, itu dia 25 rekomendasi produk untuk ibu menyusui. Semoga membantu ya, Mommies!

Untuk Mommies yang butuh cari-cari review mengenai produk kebutuhan ibu menyusui atau untuk Si Kecil, bisa langsung cek di MD Reviews lho, karena di situ ada beragam produk kebutuhan ibu dan anak yang telah direview oleh ribuan komunitas Mommies Daily.

BACA JUGA:

Ibu Menyusui Positif COVID-19, Amankah Memberikan ASI Kepada Bayinya?

10 Mikronutrien yang Dibutuhkan para Ibu

PAGES:

Share Article

author

gitalarasw

-


COMMENTS