Now Reading
20 Ide Kegiatan Bersama Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

20 Ide Kegiatan Bersama Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ada banyak ide kegiatan bersama anak meski di rumah saja. Berikut 20 pilihan kegiatan yang bisa dicoba.

Pandemi COVID-19 membuat anak-anak harus belajar dan bermain di rumah saja. Ini dilakukan agar mereka terhindar dari virus corona yang menyebar luas. Meski begitu, jangan biarkan anak merasa bosan dan tidak produktif selama berada di rumah. Lakukan kegiatan-kegiatan berikut agar suasana di dalam ruangan tetap seru!

20 ide kegiatan bersama anak walau di rumah saja

1. Menggambar tokoh kartun favorit

Berikan Si Kecil kertas dan krayon, lalu biarkan ia menggambar tokoh kartun favoritnya. Jika sudah selesai, Mommies bisa meminta Si Kecil untuk menceritakan tentang gambarnya.

2. Baca buku

Pilih buku yang kira-kira akan disukai anak dan biarkan ia tenggelam dalam kisah yang disampaikan. Mommies juga bisa menemani Si Kecil atau membantu membacakannya.

3. Mendengarkan audiobook

Saat ini, ada cara lain untuk menikmati buku, yaitu dengan mendengarkan audiobook. Pilih versi audio dari buku favorit Si Kecil untuk memberikan pengalaman berbeda.

4. Sediakan permainan kreatif

Kenalkan anak dengan lego, puzzle atau play dough. Selain membuat anak senang, permainan-permainan tersebut bisa meningkatkan kreativitas anak.

5. Buat kerajinan tangan

Manfaatkan barang bekas di rumah untuk membuat kerajinan tangan sederhana bersama Si Kecil. Sebagai contoh, Mommies bisa menggunakan kardus bekas untuk membuat kotak tisu atau tempat pensil!

6. Olahraga bersama

Ajak anak berolahraga dengan cara yang menyenangkan. Misalnya dengan menari yang diiringi lagu favoritnya atau gerakan melompat seperti kelinci. Sambil bermain, kesehatan anak pun tetap terjaga!

7. Membuat rumah-rumahan atau benteng

Gunakan kardus bekas atau bantal untuk membuat bangunan yang diinginkan Si Kecil. Bebaskan ia membangun rumah-rumahan, benteng, atau bahkan kastil!

8. Menonton film

Selama pandemi, Mommies tidak bisa mengajak Si Kecil menonton film di bioskop. Namun, ada beberapa layanan streaming yang bisa dimanfaatkan dengan pilihan film yang lebih banyak. Ajak Si Kecil menonton film favoritnya bersama keluarga!

9. Menonton youtube

Selain film, Mommies juga dapat mengajak anak menonton video-video dari channel menarik di Youtube. Sebaiknya, tetap awasi setiap konten yang ditonton Si Kecil.

10. Coba board game

Selain permainan yang disebutkan di atas, Mommies dan Si Kecil juga bisa mencoba board game seperti ular tangga atau monopoli.

11. Mengirim surat kepada teman atau sepupu

Jika biasanya lebih sering menggunakan chat messenger untuk menghubungi teman atau saudara jauh, coba sekali-sekali ajak Si Kecil untuk menulis surat! Cara ini juga dapat membantu anak melatih tulisan tangannya lho, Mommies.

12. Bermain game di smartphone

Meskipun screen time anak harus dibatasi, tapi sesekali ajak ia bermain game di ponsel. Pilih permainan yang mengedepankan edukasi dan bagus untuk motorik serta kognitif anak ya, Mommies.

13. Biarkan anak membantu pekerjaan di rumah

Anak akan senang jika merasa berguna dan bisa membantu orang-orang di sekitarnya. Oleh sebab itu, libatkan ia dalam pekerjaan rumah. Misalnya, minta anak membantu merapikan tempat tidur atau membereskan mainannya sendiri.  

14. Memasak bersama

Nah, kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan di rumah adalah memasak bersama Si Kecil. Bebaskan anak untuk memilih resep simpel yang akan dimasak agar dia lebih semangat.

15. Berkemah di rumah

Jika tidak bisa pergi ke tempat camping, Mommies dan keluarga bisa berkemah di rumah. Siapkan tenda, selimut, dan sleeping bag, agar seperti benar-benar sedang berkemah di luar ruangan ya Mommies.

16. Melakukan eksperimen sains

Ajarkan Si Kecil tentang objek-objek di lingkungan sekitarnya. Mommies bisa menjelaskan bagaimana cara kerja suatu hal dengan melakukan eksperimen. Misalnya mengenai magnet yang saling menempel atau benda-benda yang terapung dan tenggelam di dalam air.

17. Mengungkap fakta menarik tentang hewan

Pelajari beberapa fakta mengejutkan tentang hewan bersama anak. Bisa dimulai dari pertanyaan “mengapa jerapah sangat tinggi?” atau “mengapa beruang kutub bisa bertahan hidup di kutub?”

18. Bermain tebak lagu

Senandungkan nada sebuah lagu, lalu minta anak menebak judul lagunya. Beri kesempatan juga bagi anak untuk melakukannya.

19. Jalan-jalan virtual

Ajak Si Kecil berjalan-jalan tanpa harus keluar rumah. Beberapa museum dan taman hiburan biasanya menyediakan tur virtual yang bisa diikuti dari mana pun.

20. Mencari harta karun

Sembunyikan koin atau stiker di tempat tertentu di rumah. Kemudian berikan anak petunjuk dan minta ia menemukannya. Buat suasananya penuh petualangan sehingga anak bersemangat mencari harta karun!

Mana yang menjadi pilihan Mommies untuk menghabiskan waktu bersama Si Kecil di rumah?

BACA JUGA:

Tipe-Tipe Orangtua Saat Menemani Anak School From Home

Tanda-Tanda Anak Kebanyakan Aktivitas dan Apa yang Harus Kita Lakukan

Follow us on Instagram

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top