6 Cara Memasak Daging Sapi Selain Rendang

Bosan dengan rendang? Mommies bisa mencoba memasak daging sapi dengan resep lain. Berikut beberapa menu yang bisa menjadi pilihan. 

Selain daging kambing, Idul Adha juga identik dengan daging sapi. Banyak orang kemudian memasak daging sapi menjadi rendang. Namun, jika Mommies bosan dan ingin bereksperimen dengan menu lainnya, berikut ada ide memasak daging sapi selain rendang.

Semur daging

Semur daging terkenal dengan rasa manis kecap yang khas. Memasak menu ini terbilang mudah dan Mommies juga tidak perlu menggunakan santan. Sebelum memasukkan daging, tumis bumbu seperti bawang putih, kemiri, ketumbar, jintan dan merica bubuk.

Mommies juga bisa menambahkan cabai merah, daun salam, cengkeh, dan kayu manis agar semur memberikan rasa yang lebih beragam. Selanjutnya, masukkan daging, kecap dan aduk merata bersama bumbu. Tuang air dan masak hingga air menyusut dan daging sudah empuk.

Daging sapi bumbu Bali

Jika semur identik dengan rasa manis, maka daging sapi bumbu Bali terkenal akan kegurihannya. Bumbu yang digunakan untuk memasak daging sapi bumbu Bali cukup beragam. Ada cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kemiri, daun salam, asam jawa, serai, santan dan kecap manis. Setelah menumis bumbu hingga harum, silakan campur daging. Masak  sampai daging empuk dan bumbunya meresap.

BACA JUGA: Resep & Cara Lezat Mengolah Daging Kambing

Dendeng balado

Menu ini mungkin sudah akrab bagi Mommies. Sama seperti rendang, dendeng balado juga kerap menjadi pilihan lauk di rumah makan Padang. Meski begitu, kedua makanan ini memiliki cara pengolahan dan rasa yang jauh berbeda.

Untuk membuat dendeng balado, daging sapi harus diiris tipis dan lebar kemudian dikeringkan atau digoreng. Bagian daging sapi yang cocok untuk dendeng adalah has luar atau paha bagian atas. Daging sapi yang sudah kering kemudian dimasak bersama dengan sambal balado sehingga menghasilkan rasa pedas dan gurih.

Sumber foto: detikFood/Odilla

Oseng mercon

Apakah Mommies pernah mencicipi oseng mercon, salah satu makanan khas Yogyakarta? Makanan ini menjadi populer karena sensasi rasa pedasnya yang luar biasa. Cabai rawit menjadi bumbu utama untuk masakkan ini. Jika tertarik untuk membuat oseng mercon, Mommies bisa menyesuaikan rasa pedasnya sesuai selera. Untuk membuat oseng mercon, Mommies juga bisa menambahkan tetelan sehingga rasa pedasnya akan bercampur dengan lemak yang gurih.

Daging sapi rica-rica

Daging sapi rica-rica identik dengan campuran bumbu yang kaya rempah, mulai dari cabai, jahe, kunyit, serai hingga daun jeruk. Bumbu-bumbu tersebut akan memberikan kesan gurih dan segar. Selain itu, rempahnya juga memberikan manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Saat memasak daging sapi rica-rica, pastikan bumbunya meresap dengan baik ke dalam daging ya, Mommies!

BACA JUGA: Mudah dan Simpel, 13 Cara Memasak Telur yang Bisa Dicoba

Serundeng

Hal yang paling mencolok dari makanan ini adalah kelapa parut yang dicampur dengan daging sapi. Serundeng dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang bombay, cabai, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, gula, asam jawa, daun salam, daun jeruk dan lengkuas—yang menyatu dengan parutan kelapa. Campuran tersebut memberikan rasa manis sekaligus gurih yang nikmat.

Nah, itu dia 6 ide memasak daging sapi selain rendang. Mulai dari yang memiliki cita rasa manis hingga pedas. Mana yang Mommies ingin coba di Idul Adha kali ini?

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top