Now Reading
Mudah dan Simpel, 13 Cara Memasak Telur yang Bisa Dicoba

Mudah dan Simpel, 13 Cara Memasak Telur yang Bisa Dicoba

Tak hanya dadar, rebus dan ceplok, agar tidak bosan, yuk kreasikan dengan berbagai cara memasak telur berikut!

Sehat dan bergizi, telur menjadi salah satu bahan makanan pilihan untuk keluarga. Telur diketahui kaya akan protein serta vitamin B2, B6, dan B12, yang bagus untuk tubuh kita. Agar keluarga Mommies senang makan telur, kreasikan dengan berbagai jenis pengolahan. Berikut ada 13 cara memasak telur yang bisa Mommies coba:

Omelette (Telur dadar)

Telur dadar. (freepik.com/timolina)

Mungkin cara ini yang paling sering Mommies lakukan saat memasak telur. Tidak heran, karena membuat telur dadar sangat mudah dan cepat. Persiapannya juga tidak ribet!

Meski begitu, jika Mommies ingin membuat omelette lebih menarik dan lezat, tambahkan beberapa bahan seperti tomat, bayam, atau jamur. Bahan-bahan tersebut membantu memberikan nutrisi lebih yang membuat masakkan Mommies tambah sehat.

Telur ceplok

Telur ceplok. (freepik.com/freepik)

Cara lain yang juga sering dilakukan saat memasak telur adalah membuat telur ceplok. Sama seperti telur dadar, proses memasaknya pun sangat simpel. Namun, Mommies harus tetap hati-hati agar bagian kuningnya tidak tercampur putih telur. Jangan memasak terlalu lama jika Mommies ingin kuning telur dalam keadaan setengah matang.

Telur rebus

Telur rebus. (freepik.com/timolina)

Meski rasa dan penampilannya terkadang kurang menarik, tetapi telur rebus menjadi salah satu cara pengolahan yang paling sehat. Mommies juga tidak memerlukan proses yang lama serta bahan tambahan apa pun untuk membuatnya. Hanya menempatkan telur dan air dalam panci, kemudian tunggu beberapa saat hingga matang.

Telur rebus (yang lembut)

Telur rebus dengan bagian dalam yang lembut. (freepik.com/freepik)

Hal penting saat memasak telur rebus—terutama jika ingin mendapatkan bagian dalam yang lembut—adalah waktu. Rebus telur selama 4-5 menit apabila Mommies ingin kuning telur masih agak cair dan 6-7 menit agar matang secara keseluruhan.

Poached egg (telur rebus tanpa kulit)

Poached egg atau telur rebus tanpa kulit. (freepik.com/freepik)

Cara memasak telur selanjutnya adalah dengan membuatnya sebagai poached egg. Pada dasarnya, ini merupakan telur rebus tanpa kulit. Telur dimasak dalam panci berisi air dengan memecahkan cangkangnya terlebih dahulu.  Biasanya telur dimasak dalam waktu singkat—matikan kompor sesaat setelah air mendidih—agar menghasilkan tekstur yang lembut dan meleleh. Tampilan poached egg sangat penting agar membuatnya terlihat lebih fancy.

Telur panggang

Telur panggang. (marthastewart.com/Chris Simpson)

Nama kerennya adalah eggs en cocotte—dimasak berdasarkan resep asal Prancis. Namun, untuk memudahkan, sebenarnya itu adalah telur panggang. Untuk memasaknya, Mommies bisa melakukan beberapa cara berikut: tuang telur (akan lebih baik jika lebih dari 1) pada sebuah wadah, masukkan beberapa bahan tambahan seperti jamur atau bacon, taburkan bumbu, kemudian panggang di oven selama kurang lebih 11 menit.

Telur kukus

Telur kukus. (koreanbapsang.com)

Sama seperti telur rebus, teknik memasak ini juga menjadi cara tersehat untuk menikmati telur. Sebelum dikukus, jangan lupa untuk mencampur telur dan mengaduknya secara merata—persis seperti ingin membuat telur dadar. Telur kukus memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga akan lebih baik jika dimakan saat hangat. Telur kukus atau steamed egg ini biasanya populer di negara-negara Asia seperti Tiongkok dan Korea Selatan.

Scrambled egg (Telur orak arik)

Scrambled egg atau telur orak arik. (freepik.com/freepik)

Cara membuat scrambled egg hampir mirip dengan telur dadar. Bedanya, telur diaduk-aduk lagi saat berada di dalam wajan hingga telur terpisah-pisah menjadi bagian kecil. Tambahkan garam dan mentega agar rasa tidak hambar. Saat membuat scrambled egg, api kompor jangan terlalu besar sehingga tekstur telur tetap lembut.

Frittata

Frittata. (freepik.com/timolina)

Berasal dari bahasa Italia, frittata berarti “digoreng”. Ia seperti campuran antara telur dadar dan quiche. Biasanya frittata dibuat dengan bahan tambahan seperti daging, keju, dan bermacam-macam sayuran sehingga jadi lebih menarik dan mengenyangkan.

Pancake telur

Pancake. (freepik.com/KamranAydinov)

Yup, ini seperti pancake yang Mommies kenal selama ini. Cara memasaknya pun mirip seperti saat membuat pancake. Hanya saja, jumlah telur yang digunakan lebih banyak dari tepungnya. Pancake telur ini sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan.

Crepe

Crepe. (freepik.com/KamranAydinov)

Mommies bisa membuat crepe dari telur, lho! Ganti tepung dengan telur dan tuangkan telur yang sudah diaduk ke atas wajan dalam jumlah yang sedikit. Akan tercipta lapisan telur yang sangat tipis yang bisa dimakan langsung atau diisi makanan tertentu. Hmmm, mungkin kurang lebih seperti kulit sosis solo, Mommies.

Coffee

Kopi Vietnam menambahkan telur sebagai pelengkap rasa. (freepik.com/8photo)

Mommies nggak salah denger, kok. Ada kopi yang dicampur dengan kuning telur mentah seperti kopi vietnam. Tentu saja, nantinya akan ditambahkan gula dan juga susu. Sebelum dimasukkan ke dalam kopi, kuning telur juga diaduk terlebih dulu sampai teksturnya berubah menjadi seperti krim. Perpaduan kopi yang kental dengan krim lembut tersebut membuat kopi telur ini

Fritters

Gorengan dari telur dan tepung. (freepik.com/timolina)

Campur adonan tepung dan telur kemudian goreng dengan minyak panas. Mommies juga bisa menambahkan daun bawang atau zukini ke dalam adonan. Selain dijadikan makanan utama, telur juga bisa dikreasikan menjadi camilan seperti ini.

Itulah 13 cara memasak telur yang bisa Mommies pilih. Selamat mencoba!

BACA JUGA:

Rekomendasi Catering untuk ISOMAN

7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari di Usia 30 dan 40 Tahun Agar Selalu Sehat

Follow us on Instagram

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top