banner-detik
FOOD & RECIPE

13 Resep Olahan Telur, Mudah dimasak dan Kaya Protein

author

gitalarasw14 Sep 2023

13 Resep Olahan Telur, Mudah dimasak dan Kaya Protein

Tak hanya dadar, rebus dan ceplok, telur bisa diolah menjadi berbagai makanan hingga minuman. Agar tidak bosan, ini beberapa resep olahan telur untuk dicoba!

Sehat dan bergizi, telur menjadi salah satu bahan makanan pilihan untuk keluarga. Telur diketahui kaya akan protein serta vitamin B2, B6, dan B12, yang bagus untuk tubuh kita. Agar keluarga Mommies senang makan telur, kreasikan dengan berbagai jenis pengolahan.

Resep Masakan dari Telur

Berikut ada 13 cara memasak dan resep olahan telur yang bisa Mommies coba.

1. Omelette (Telur dadar)

resep olahan telur
Telur dadar. (freepik.com/timolina)

Mungkin cara ini yang paling sering Mommies lakukan saat memasak telur. Tidak heran, karena membuat telur dadar sangat mudah dan cepat. Persiapannya juga tidak ribet!

Meski begitu, jika Mommies ingin membuat omelette lebih menarik dan lezat, tambahkan beberapa bahan seperti tomat, bayam, atau jamur. Bahan-bahan tersebut membantu memberikan nutrisi lebih yang membuat masakkan Mommies tambah sehat.

2. Telur ceplok

Telur ceplok. (freepik.com/freepik)

Cara lain yang juga sering dilakukan saat memasak telur adalah membuat telur ceplok. Sama seperti telur dadar, proses memasaknya pun sangat simpel. Namun, Mommies harus tetap hati-hati agar bagian kuningnya tidak tercampur putih telur. Jangan memasak terlalu lama jika Mommies ingin kuning telur dalam keadaan setengah matang.

BACA JUGA: 6 Resep Minuman Sehat untuk Kurangi Kolesterol Jahat, Wajib untuk Usia 30an

3. Telur rebus

resep olahan telur
Telur rebus. (freepik.com/timolina)

Meski rasa dan penampilannya terkadang kurang menarik, tetapi telur rebus menjadi salah satu cara pengolahan yang paling sehat. Mommies juga tidak memerlukan proses yang lama serta bahan tambahan apa pun untuk membuatnya. Hanya menempatkan telur dan air dalam panci, kemudian tunggu beberapa saat hingga matang.

4. Telur rebus (yang lembut)

Telur rebus dengan bagian dalam yang lembut. (freepik.com/freepik)

Hal penting saat memasak telur rebus—terutama jika ingin mendapatkan bagian dalam yang lembut—adalah waktu. Rebus telur selama 4-5 menit apabila Mommies ingin kuning telur masih agak cair dan 6-7 menit agar matang secara keseluruhan.

5. Poached egg (telur rebus tanpa kulit)

Poached egg atau telur rebus tanpa kulit. (freepik.com/freepik)

Cara memasak telur selanjutnya adalah dengan membuatnya sebagai poached egg. Pada dasarnya, ini merupakan telur rebus tanpa kulit. Telur dimasak dalam panci berisi air dengan memecahkan cangkangnya terlebih dahulu.  Biasanya telur dimasak dalam waktu singkat—matikan kompor sesaat setelah air mendidih—agar menghasilkan tekstur yang lembut dan meleleh. Tampilan poached egg sangat penting agar membuatnya terlihat lebih fancy.

6. Telur panggang

Telur panggang. (marthastewart.com/Chris Simpson)

Nama kerennya adalah eggs en cocotte—dimasak berdasarkan resep asal Prancis. Namun, untuk memudahkan, sebenarnya itu adalah telur panggang. Untuk memasaknya, Mommies bisa melakukan beberapa cara berikut: tuang telur (akan lebih baik jika lebih dari 1) pada sebuah wadah, masukkan beberapa bahan tambahan seperti jamur atau bacon, taburkan bumbu, kemudian panggang di oven selama kurang lebih 11 menit.

7. Telur kukus

Telur kukus. (koreanbapsang.com)

Sama seperti telur rebus, teknik memasak ini juga menjadi cara tersehat untuk menikmati telur. Sebelum dikukus, jangan lupa untuk mencampur telur dan mengaduknya secara merata—persis seperti ingin membuat telur dadar. Telur kukus memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga akan lebih baik jika dimakan saat hangat. Telur kukus atau steamed egg ini biasanya populer di negara-negara Asia seperti Tiongkok dan Korea Selatan.

8. Scrambled egg (Telur orak arik)

Scrambled egg atau telur orak arik. (freepik.com/freepik)

Cara membuat scrambled egg hampir mirip dengan telur dadar. Bedanya, telur diaduk-aduk lagi saat berada di dalam wajan hingga telur terpisah-pisah menjadi bagian kecil. Tambahkan garam dan mentega agar rasa tidak hambar. Saat membuat scrambled egg, api kompor jangan terlalu besar sehingga tekstur telur tetap lembut.

BACA JUGA: 5 Resep Olahan Pasta Murah Meriah untuk Tanggal Tua, Gampang Bikinnya!

9. Frittata

Frittata. (freepik.com/timolina)

Berasal dari bahasa Italia, frittata berarti “digoreng”. Ia seperti campuran antara telur dadar dan quiche. Biasanya frittata dibuat dengan bahan tambahan seperti daging, keju, dan bermacam-macam sayuran sehingga jadi lebih menarik dan mengenyangkan.

10. Pancake telur

Pancake. (freepik.com/KamranAydinov)

Yup, ini seperti pancake yang Mommies kenal selama ini. Cara memasaknya pun mirip seperti saat membuat pancake. Hanya saja, jumlah telur yang digunakan lebih banyak dari tepungnya. Pancake telur ini sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan.

11. Crepe

resep olahan telur
Crepe. (freepik.com/KamranAydinov)

Mommies bisa membuat crepe dari telur, lho! Ganti tepung dengan telur dan tuangkan telur yang sudah diaduk ke atas wajan dalam jumlah yang sedikit. Akan tercipta lapisan telur yang sangat tipis yang bisa dimakan langsung atau diisi makanan tertentu. Hmmm, mungkin kurang lebih seperti kulit sosis solo, Mommies.

12. Coffee

resep olahan telur
Kopi Vietnam menambahkan telur sebagai pelengkap rasa. (freepik.com/8photo)

Mommies nggak salah denger, kok. Ada kopi yang dicampur dengan kuning telur mentah seperti kopi vietnam. Tentu saja, nantinya akan ditambahkan gula dan juga susu. Sebelum dimasukkan ke dalam kopi, kuning telur juga diaduk terlebih dulu sampai teksturnya berubah menjadi seperti krim. Perpaduan kopi yang kental dengan krim lembut tersebut membuat kopi telur ini

13. Fritters

resep olahan telur
Gorengan dari telur dan tepung. (freepik.com/timolina)

Campur adonan tepung dan telur kemudian goreng dengan minyak panas. Mommies juga bisa menambahkan daun bawang atau zukini ke dalam adonan. Selain dijadikan makanan utama, telur juga bisa dikreasikan menjadi camilan seperti ini.

Itulah 13 resep olahan telur yang bisa Mommies bikin sesuai selera. Selamat mencoba!

BACA JUGA: Resep Perkedel Jagung Daun Jeruk, dijamin Garing!

Cover: Image by jcomp on Freepik

Share Article

author

gitalarasw

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan