Now Reading
Positif Corona Setelah Vaksin Pertama, Bolehkah Melanjutkan Vaksin kedua?

Positif Corona Setelah Vaksin Pertama, Bolehkah Melanjutkan Vaksin kedua?

Dhevita Wulandari

Jangan panik! Positif corona setelah mendapatkan vaksin dosis pertama tetap bisa mendapatkan vaksin dosis kedua. Perhatikan syaratnya.

Vaksin corona membutuhkan dua kali dosis penyuntikan. Pada dosis suntikan vaksin pertama, vaksin akan bekerja untuk memicu respons dan menstimulasi kekebalan awal. Sedangkan pada dosis suntikan vaksin kedua untuk menguatkan respons imun yang sudah terbentuk di dalam tubuh. Rentang jarak penyuntikan vaksin pun berbeda pada setiap jenisnya.

Lalu bagaimana jika dalam menunggu pemberian dosis vaksin kedua, seseorang dinyatakan positif Covid-19? Bolehkah melanjutkan dosis vaksin kedua?

Seseorang masih bisa melanjutkan ke dosis vaksin kedua setelah dinyatakan sembuh atau negative dari Covid-19. Artinya, masyarakat tidak perlu mengulangi proses vaksinasi dari awal seandainya positif corona setelah mendapatkan dosis vaksin pertama.

Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi, seseorang harus tunda dulu sampai sembuh dan menunggu 3 bulan untuk melanjutkan ke dosis vaksin pertama.

Dilaporkan banyak yang terinfeksi Covid-19 setelah mendapatkan vaksin dosis pertama. Vaksin yang telah disuntikkan tidak bisa seketika melawan virus corona, dibutuhkan waktu berminggu-minggu bagi tubuh untuk membentuk antibody. Antibodi disebut terbentuk sempurna dan mulai bekerja dengan baik melawan paparan virus corona pada hari ke-28.

Setelah mendapatkan vaksin pun, masyarakat diharapkan tetap menjaga protokol kesehatan dengan benar dan disiplin untuk menekan pertumbuhan pandemi agar segera reda.

Dengan melakukan vaksinasi, tubuh diharapkan lebih kuat dari paparan virus Covid-19. Sehingga apabila nantinya tertular setelah vaksinasi lengkap, sakitnya ringan dan tidak mengalami gejala berat.

BACA JUGA:

Rekomendasi Air Purifier dengan HEPA Filter yang Ampuh Bunuh Covid-19

Follow us on Instagram

Sumber artikel

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top