Now Reading
Gaji ART dan Pengasuh di Masa Pandemi Tahun 2021

Gaji ART dan Pengasuh di Masa Pandemi Tahun 2021

Dhevita Wulandari

PPKM Mikro Darurat mengharuskan WFH 100% lagi. Untuk Anda yang kelelahan dan  butuh ART atau pengasuh, berikut kisaran gaji ART dan pengasuh dari para Mommies.

Setelah sempat melonggarkan aturan dari work from home (WFH) secara penuh ke work from office (WFO) sebanyak 50% dari total karyawan, pemerintah saat ini melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Darurat, sehingga semua pekerjaan harus dilakukan kembali dari rumah. Bagi para ibu pekerja, keadaan ini cukup membuat dan keteteran karena harus menjaga anak , sekaligus masak dan membersihkan rumah. Alhasil, mencari ART dan pengasuh anak pun menjadi pilihan yang banyak dilakukan saat ini.

Untuk Mommies yang akhirnya harus mencari ART dan pengasuh di rumah agar tetap bisa sambil bekerja, berikut kisaran gaji ART dan pengasuh yang tim Mommies Daily dapatkan dari hasil interaktif di Instagram dan juga sharing dari para ibu yang di WhatsApp Group komunitas Mommies Daily:

ART tinggal di rumah. Gaji 2 juta per bulan bersih (kadang dikasih uang jajan tapi nggak tentu). Untuk sabun, pembalut, dan lain-lain ditanggung majikan. Lokasi di Pondok Labu, Jakarta Selatan (rumah nggak gede).”

“ART pulang pergi. Bekerja di rumah sekitar 4 jam. Gaji 900 ribu. Domisili saya di Ciputat, Pondok Cabe.”

“Lewat jam kerja standar 5 jam ada extra sih. Gaji standar 1,5 juta. Biasanya ku minta pulang jam 8 malam karena kalau aku kerja naik KRL pulang ke rumah sampainya jam segituan, pengasuh mintanya 1,7-1,8 juga. Kerja pengasuhnya nemenin anak main, mandiin, suapin makan, daily routine aja sih bukan yang gimana banget soalnya bukan nanny, hanya orang biasa dari kampung sebelah.”

Aku 1,4 juta mom. ART pulang pergi tapi suka main juga sama anak kalo mamaku lagi sholat atau makan. Masuk jam 8 sampe jam 5 sore. Domisili Bekasi.”

“ART pulang pergi, beberes aja, kerja 2-3 jam, Senin – Sabtu. Gaji 1 juta, domisili Bekasi.”

“Waduh, kemarin aku diminta beberes pulang tengah hari 1,2 juta masa mom. Lokasi di Cijantung, Jakarta Timur.”

“Ada yang minta 1,4 juta juga padahal nggak masak dan nggak asuh anak.”

“Aku di Bandung. ART harian PP 50 ribu per hari, kerja jam 7-15.

“Kalau aku ART nginep, gaji 1.8 juta. Ngasuh anak (tapi masih aku bantu pegang, nggak full dia). Kerja beberes rumah, nyuci, nyetrika.”

ART PP. Gaji 2,5 juta. Jam kerja Senin – Jumat jam 07.00 – 17.30. Jobdesc asuh 2 anak usia 1 tahun dan 3 tahun (masak makanan anak, mandiin, ngasih susu, gantiin popok, ngajak main, dll). Pas anak tidur beres-beres rumah, cuci baju paki mesin cuci, baju anak cuci pakai tangan, cuci piring, setrika, nyapu dan pel. Masak juga kalau pas kami WFH. Domisili Tebet, Jaksel.”

Gaji 1,2 juta. Kami sediakan multivitamin, hand sanitizer, dll utk prokes. Pengasuh untuk anak laki-laki usia 2,5 tahun, jam kerja Senin – Jumat pukul 07.00 – 17.30. Domisili Duren Sawit, Jaktim. Oh iya, kalau dibutuhkan untuk datang hari Sabtu/Minggu, aku suka kasih tambahan sekitar 100-150 ribu.”

“Gaji ART dan pengasuh 2,7 juta untuk anak usia 2 tahun 4 bulan, tinggal di rumah. Tanjung Barat, Jaksel.”

Pengasuh anak 1 tahun, menginap di rumah, gaji 2,5 juta. Domisili Tebet, Jaksel. Jobdesc selayaknya pengasuh biasa nggak ada yang berubah selama corona.”

“Di tempat saya average ART 1,5-1,7 juta exclude uang grooming (perlengkapan mandi) dan kondisional untuk uang jajan tambahan. Domisili Bekasi.”

“Gaji ART 300 ribu per minggu plus bonus 50 ribu per bulan. Domisili Karanganyar. ART tidak tinggal di rumah.”

“Ada sedikit perubahan gaji sebagai kompensasi nggak pulkam dan uang transport pulkam tetap dikasih per bulan, kita upayain vaksin juga dan vitamin. Gaji ART 2,5-3 juta, tapi megang anak juga yang usia 3 tahun. Domisili di Bekasi.”

Tugas utama pengasuh anak karena baby sitter, tapi bantu sedikit-sedikit (minor). Bonus di akhir kalau baby sitternya kooperartif. Gaji 3,7 juta di Jakarta Selatan.

Terakhir aku pakai ART+Pengasuh di Maret 1,1 juta. Kerjanya setrika, sapu, pel pagi sore, masak, ajak main anak +suapin anak. FYI anak ku 1,5 tahun saat itu, tapi memang aku terbiasa ngerjain sendiri jadi rumah suka sudah rapi pas doi datang. Masak juga tetap aku bantuin. Yang ganti pampers pup anak tetap aku. Aku wfh ya.”

Gaji ART 1.2 juta PP. Pengasuh anak 2 juta, menginap di rumah. Domisili Tangerang Selatan.”

“Si bibi cuci baju pakai mesin, setrika, nyapu, ngepel. Tetanggaan cuma jarak 200 meter lah rumahnya. Pulang pergi, datang jam 8 pulang jam 4 dan hari Minggu libur. Gajinya sekarang 1,7 juta. Domisili kita di Cirendeu, Tangsel.”

Ngasuh anak 2 tahun + nyuci (pakai mesin) dll, kecuali masak. Tapi tetap prioritas anak. Harian, 86 ribu/hari. Sebulan antara 1,3-2 juta, Senin-Jumat. Sabtu masuk kalau dia bisa, tapi jarang. Domisili Jakarta Pusat.”

Gaji 2 juta, tahun lalu nggak naik gaji, kerja di aku udah lama sekitar 8 tahun. Sekarang kerjaannya rapi-rapi rumah, cuci pakaian, gosok, masak. Domisili Blok M. Ada tambahan kerjaan bersih-bersih property lain. Ku kasih bonus 3 bulanan 1 juta. THR full.

1,5-1,7 juta untuk ART. 1,7jt–2 juta untuk ART + mengasuh anak. Gaji diluar keperluan harian/bulanan (ditanggung pemberi kerja). Domisili Semarang.”

“Ku siapkan spare dana buat jaga-jaga untuk swab ART dan obat-obatan, sama tambahin budget buat beliin madu dan vitamin. PP, hanya 3-5 jam di rumah untuk bersih-bersih. Gaji range 1,1-1,5 juga di Jakarta.”

“Tadinya ART + momong anak 5 tahun pulang pergi. Kerja jam 07.00-17.00, Senin-Sabtu, tapi sekarang saya minta nginep. Jadi gaji awal 2,8 juta, sekarang 3,2 juta. Jaksel.”

Dan di masa pandemi yang darurat saat ini, aturan kesehatan untuk menerima ART atau pun pengasuh tentunya harus lebih diperketat dari sebelumnya.

Berikut aturan untuk ART dan pengasuh baru, dan untuk yang pulang pergi:

  • Wajib datang dengan menggunakan double mask (masker medis di bagian dalam ditambah masker kain di bagian luar).
  • Sampai di rumah majikan diharuskan untuk mandi, keramas, dan mengganti baju.
  • Majikan menyediakan vitamin untuk dikonsumsi ART atau pengasuh setiap hari untuk jaga-jaga agar daya tahan tubuh mereka pun kuat dan sehat.
  • Tetap menggunakan masker selama bekerja atau menjaga anak di dalam rumah.
  • Majikan menyediakan uang jaga-jaga untuk tes swab jika diperlukan.

Semoga bisa segera menemukan ART atau pengasuh yang tepat untuk keluarga dan tepat juga di kantorng ya, Mommies!

Baca juga:

Gaji ART dan Pengasuh di Masa Pandemi Tahun 2020

Photo by Filip Mroz on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top