Now Reading
Manfaat Face Yoga yang Ternyata Bisa Bikin Kulit Wajah Kencang

Manfaat Face Yoga yang Ternyata Bisa Bikin Kulit Wajah Kencang

dewdew
face yoga

Ternyata face yoga yang  merupakan gabungan antara latihan otot wajah dan massage bisa bermanfaat untuk menjaga keremajaan kulit. Bonusnya kita jadi lebih rileks.

Gerakan-gerakan face yoga atau yoga wajah  seyogyanya menggabungkan antara latihan wajah dan massage. Gerakan ini menargetkan otot wajah, kulit, dan sistem drainase jaringan (limfatik). Perlu kita ketahui, di wajah dan leher kita itu, kan, banyak otot, ya. Yes, yes, otot-otot itu kita gunakan untuk menunjukkan ekspresi wajah. Buat yang sering mengerutkan dahi, terutama di hari-hari pandemi seperti ini, salah satu guna latihan ini adalah untuk merilekskan otot tersebut. 

Latihan face yoga dapat memperkuat otot-otot wajah tertentu. Garis rahang diperbaiki, bengkak pada wajah bisa berkurang, dan amazingly menjaga kekencangan kulit (elastisitas) secara keseluruhan.  Sementara gerakan massage-nya dapat meningkatkan aliran darah kulit. Sirkulasi darah yang lebih baik selain meningkatkan produksi kolagen, juga bisa memberi rasa rileks yang menenangkan, lho, mommies. Silakan dicoba 9 latihan face yoga berikut ini, yang bisa mommies lakukan sendiri di rumah. 

Gerakan face yoga The Thinker

Photo by: Matt Lincoln

    Gerakan ini ditujukan untuk mencegah dan mengurangi dagu berlipat. Otot wajah bagian bawah juga akan lebih kuat.

  1. Kepalkan tangan dan letakkan di bawah dagu, dorong sedikit ke atas.
  2. Buka dan tutup mulut sebanyak 30 kali. Terus dorong ke atas menggunakan, sedikit saja, ya. Usahakan dagu sejajar dengan lantai.
  3. Buka mulut dan katupkan sedikit bibir di sekitar gigi. Tahan selama 30 detik.

Gerakan Handy Face Lift

Photo by: Matt Lincoln

Gerakan ini berguna agar sirkulasi darah meningkat dan membantu kulit yang lelah mendapatkan staminanya kembali.

  1. Mulailah dengan menempelkan kedua tangan di leher selama 20 detik. Tangan yang hangat akan mengendurkan otot leher yang tegang. Bernapaslah dalam-dalam melalui hidung.
  2. Dengan menggunakan jari dan telapak tangan, mulailah mengelus pipi ke atas, namun hindari menarik kulit selama  20 detik. Kemudian lakukan hal yang sama dengan dahi, usap ke atas dengan tangan selama 20 detik.

Baca juga: Manfaat Watercoloring Terutama di Masa Pandemi

Gerakan Eye de Puffer

Photo by: Matt Lincoln

Gerakan face yoga yang satu ini menargetkan pada drainase limfatik di sekitar area mata, serta mengurangi bengkak dan retensi air. Kuncinya: Lakukan dengan sentuhan ringan dan tidak menarik kulit. 

  1. Letakkan jari telunjuk tepat di bawah tepi luar alis, lalu dengan lembut ratakan jari-jari di bawah mata, lalu berhentilah di sudut dalam selama sepuluh detik, tekan agak dalam titik akupresur ini.
  2. Lanjutkan gerakan dengan memutar membentuk lingkaran. Kemudian turun kembali di bawah mata, lalu kembali ke titik akupresur yang tadi. Ulangi lagi dengan berhenti selama sepuluh detik di sini. Lakukan massage selama satu menit.

Gerakan face yoga Tapping Over The Face

Photo by: Matt Lincoln

Gerakan ini akan meningkatkan aliran darah ke lapisan atas kulit, jadi wajah akan terlihat lebih cerah. Selain itu ketegangan yang menumpuk di otot-otot wajah jadi lebih rileks. 

  1. Menggunakan semua ujung jari, lakukan ketukan perlahan di area dahi selama 20 detik.
  2. Lalu, tepuk lembut pipi, mulut, dan area rahang selama 20 detik.
  3. Terakhir, tepuk seluruh leher selama 20 detik.

Gerakan Palm Stroke

Photo by: Matt Lincoln

Lepaskan ketegangan di otot frontalis dahi dengan gerakan ini. Kalau otot ini rileks, garis horizontal pada area tersebut bisa dihindari.

  1. Sebelum memulai, pastikan dahi benar-benar rileks dan mommies tidak mengangkat alis, ya. Tempatkan telapak tangan di tengah dahi dan usapkan ke arah berlawanan. Kemudian angkat dan gunakan telapak tangan yang lain, lalu geser tangan juga ke arah berlawanan.
  2. Lakukan ini selama satu menit, bergantian tangan untuk setiap usapan.

Gerakan Eyebrow Lift

Photo by: Matt Lincoln

Efektif meredakan mata bengkak dan mata panda akibat kebanyakan begadang, dan (mungkin) menangis).

  1. Letakkan kedua jari telunjuk secara horizontal di bawah alis. Secara sangat perlahan tutup mata dan tahan selama sepuluh detik. Ulangi sebanyak dua kali. Rasakan getaran di bagian atas kelopak mata Anda.
  2. Angkat tangan dari alis dan letakkan semua ujung jari di tengah dahi. Dengan sangat lembut ratakan jari-jari satu sama lain ke arah pelipis dan kemudian angkat. Jaga agar mata tetap lebar dan jangan menaikkan alis. Ulangi selama 30 detik.

Gerakan Cheekbone Hook

Photo by: Matt Lincoln

Berguna untuk mengurangi ketegangan pada otot di area wajah terutama pipi.

  1. Bentuk kedua jari telunjuk seperti kait. Lalu, tempatkan buku-buku jari di bawah tulang pipi di samping hidung. Tekan lembut ke arah dalam dan di bawah tulang pipi Anda. Usap perlahan buku-buku jari ke arah atas dan ke arah luar mengikuti garis tulang pipi.
  2. Ketika buku-buku jari mencapai ujung setiap tulang pipi, ulangi lagi. Lakukan hanya dengan gerakan ke atas. Lanjutkan selama satu menit.

Gerakan Puffer Fish

Photo by: Matt Lincoln

Gerakan ini mampu meningkatkan sirkulasi darah dan mengencangkan otot serta kulit di area pipi.

  1. Kembungkan pipi dengan membuat gelembung udara di dalam mulut. Gunakan jari di satu tangan untuk memastikan kulit di sekitar area bibir tetap kencang. Sebaiknya, mommies gunakan cermin untuk memastikan area mulut tidak berkerut. 
  2. Sentuh gelembung udara secara merata di kedua pipi dan gunakan tangan yang lain untuk menepuk satu pipi selama 30 detik dan kemudian (tarik napas lagi di antaranya jika perlu) ketuk pipi yang lain selama 30 detik.

Gerakan Turkey Neck Toner

Photo by: Matt Lincoln

Gerakan ini mencegah kerutan pada leher dan mengencangkan ototnya. Jadi kulit di area leher tidak bergelambir.

  1. Bawa kepala ke arah belakang sejauh mungkin, namun tetap nyaman. Tutup bibir Anda dengan lembut.
  2. Secara berulang, bawa ujung lidah Anda ke langit-langit mulut dan kemudian kembali ke bawah. Lakukan ini 60 kali selama satu menit.

Mommies masih bingung mengenai beberapa gerakan face yoga di atas? Don’t worry, kalau masih ada yang kurang jelas, bisa cek beberapa video face yoga dari Danielle Collins, sang face yoga expert, di sini, ya. 

Main Photo by Patrick Malleret on Unsplash

Baca juga: 7 Manfaat Yoga Pada Anak

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top