Now Reading
Manfaat Watercoloring Terutama di Kala Pandemi

Manfaat Watercoloring Terutama di Kala Pandemi

dewdew
manfaat watercoloring

Melukis atau mewarnai dengan cat air ternyata lebih dari sekadar melihat hasil dan membingkainya. Ini dia manfaat watercoloring yang bisa kita dapatkan.

Selama pandemi berlangsung, sudah unlock berapa skill baru mommies? Saya yang tadinya nggak pernah-pernahnya bikin roti, sudah bisa bikin Hokkaido Bun, dan pizza. Setelah euforia bikin roti berakhir, saya pun mikir, apa lagi, nih, skill lain yang bisa diasah. Dan saat ini saya lagi getol-getolnya setiap weekend ikut kelas online watercoloring. Awalnya iseng saja, kebetulan memang dari dulu suka melukis ala-ala, dan rasanya sudah berpuluh-puluh tahun ditinggalkan (iya, saya tua). Dan ketika akhirnya mulai lagi, saya merasakan beberapa manfaat lebih dari sekadar membingkai hasil lukisan di ruang tamu dan dapur. Seperti yang juga disampaikan Susan Chiang, seorang arsitek dan pelukis asal California, Amerika Serikat, manfaat watercoloring, tuh, ternyata di luar dugaan.

Mengajak kita untuk slow down

Selama pandemi energi kita sudah terlalu banyak dikerahkan, kan, ya? Segala kecemasan, kerja keras, nggak berhenti begitu saja, walau kita stay at home. Rasanya semua tetap berpacu. Dengan watercoloring atau melukis menggunakan cat air, membantu kita buat slow down dari segala kerungsingan sekeliling. Melukis dengan cat air membutuhkan pemikiran, penerapan yang cermat, dan konsentrasi, jadi bantu kita untuk slow down sebentar memikirkan hal lain.

Manfaat watercoloring adalah menemukan kreativitas di dalam diri

Potensi kreativitas kita sebagai orang dewasa seringkali terkubur di balik segala kesibukan, atau rutinitas kehidupan setiap hari. Dengan melakukan watercoloring, kita jadi bisa memicu kreativitas yang terlupakan itu dan menghubungkan kembali antara diri kita dengan jiwa artis kita. Nggak perlu khawatir kalau nggak bisa gambar, kreativitas itu nggak ada batasnya, kok. Kenapa harus takut?

Baca juga: Tips Menstimulasi 6 Kompetensi yang Wajib Dimiliki Anak Selama Pandemi

Teurapetik tapi fokus

Melukis atau mewarnai dengan cat air bisa bantu memberikan kita efek terapeutik. Jadinya kita juga bisa lebih rileks. Namun begitu, proses watercoloring membantu kita juga untuk tetap fokus karena memungkinkan pikiran untuk fokus pada gambar yang sedang berada di depan kita dan tidak pada yang lain.

Merangsang sikap optimis

Buat sebagian besar orang, menggambar, mewarnai, atau melukis terutama dengan cat air itu nggak mudah. Jadi ketika kita sudah berhasil membuat sebuah karya dari cat air, dan terlihat bagus (bukan buat orang lain, tapi buat kita sendiri) pasti bikin kita merrasa bangga dan bahagia. Yang kayak gini bisa bantu seseorang  untuk meningkatkan harga diri. Terlebih kalau setelah itu di-upload di social media. Bukan, bukan untuk pamer, tapi sebuah karya yang bagus bisa menginspirasi orang untuk mencapai tingkat keterampilan baru *winkwinkPercaya nggak percaya, beberapa teman menanyakan dan ikutan gabung di kelas online tempat saya biasa bergabung setelah melihat hasil lukisan yang saya ‘pamerkan’ di sosial media. Padahal nggak bagus-bagus amat juga hasilnya ;)

Membangun kesehatan mental yang kuat

Melukis atau mewarnai dengan cat air bisa bantu kita membangun kesehatan mental yang kuat, lho. Ini berlaku di setiap usia dan beneran, deh, nggak ada kata terlambat untuk memulai hobi baru. Nggak bisa gambar? Semua orang pasti bisa mewarnai, kan? Mulai dari mewarnai dengan cat air saja dulu. Watercoloring dapat membantu membangkitkan suasana hati yang bahagia, bukan hanya pada pelakunya saja, tetapi juga pada orang-orang di sekitarnya. Ini beneran kejadian, lho. Setiap kali melihat saya mengikuti kelas online cat air, ibu saya selalu tersenyum melihat proses dan hasilnya. Ia pun sering tak sabar untuk menunggu hasil jadi dan membingkainya. Padahal, ya, nggak digantung juga. Hahaha…

Mengasah daya ingat

Mengasah daya ingat atau boosting memory, tuh, ternyata nggak melulu berhubungan dengan anak di masa golden age. Ternyata, ya, tetap harus dilakukan sampai kita dewasa, supaya di masa senja nanti mengurangi risiko pikun. Nah, sebenarnya melukis apa pun (dalam hal ini kita lagi ngomongin soal melukis atau mewarnai dengan cat air) bisa mempertajam pikiran melalui visualisasi dan implementasi konseptual, hasilnya keterampilan memori meningkat. Menurut penelitian, mereka yang sering menggunakan saluran kreatif seperti menulis, melukis, mewarnai, dan menggambar memiliki lebih sedikit kesempatan untuk mengembangkan penyakit alzheimer ketika mereka bertambah tua.

Jadi tunggu apa lagi, mommies? Masih punya banyak waktu senggang selama pandemi, dan lagi ingin unlock skill baru? Coba watercoloring, yuk, banyak sekali kelas online dengan harga terjangkau dan rasakan manfaat watercoloring. Cus!

Baca juga: Cara Meningkatkan IQ Anak Selama di Rumah Saja

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top