Now Reading
Menabung Emas di Pegadaian, Ketahui 10 Hal Ini!

Menabung Emas di Pegadaian, Ketahui 10 Hal Ini!

Sedang mencari produk investasi yang mudah dicairkan dan relatif terjangkau? Menabung emas di Pegadaian bisa jadi pilihan. 

Sedang berpikir ingin mulai menabung emas di pegadaian? Ada baiknya Mommies mengetahui dulu plus minus menabung emas di pegadaian berikut ini. 

Tata cara pendaftaran menabung emas di pegadaian

Syarat menambung emas di Pegadaian terbilang cukup mudah, hanya memakan waktu saat proses antre-nya.

1. Siapkan syarat dan ketentuan yang diperlukan untuk membuka rekening Tabungan Emas di Kantor Cabang Pegadaian terdekat dari rumah. Biasanya hanya diperlukan KTP atau identitas diri lainnya.

2. Mengisi formulir pembukaan rekening serta membayar biaya administrasi sebesar Rp. 10.000,- dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp30.000.

3. Setelah mengisi formulir dan membayar administrasi, mommies akan menerima Buku Tabungan Emas dan dapat melakukan pembelian Tabungan Emas mulai dari 0.01 gram

4. Jika mommies memilih fisik emas batangan, Anda dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping (1gr, 2gr, 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih.

5. Transaksi pencetakan emas batangan, saat ini hanya dapat dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukkan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli

6. Mommies juga bisa mencicil emas batangan. Misalnya memilih yang 10gr. Di awal petugas akan memberitahu berapa uang muka yang harus mommies bayarkan. Dan selanjutnya mommies akan membayar angsurannya, minimal dalam jangka waktu 3 bulan atau sesuai pilihan.

Kelebihan menabung logam mulia di Pegadaian

7. Cocok untuk pemula! Dikutip dari  Plus Minus Investasi Emas , logam mulia sendiri  merupakan aset investasi yang sebaiknya dimiliki untuk pemula. Selain karena harganya stabil, sifatnya yang likuid atau mudah untuk dijual kembali, membuat investasi emas menjadi pilihan tepat untuk tujuan keuangan jangka pendek hingga menengah.

8. Terjangkau. Model investasi yang lebih terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Proses membuka tabungan hingga jual-beli emasnya pun terbilang mudah bisa melalui online. Menariknya lagi, nasabah tidak perlu dipusingkan soal fasilitas penyimpanan emasnya, sebab sudah dijamin oleh lembaga keuangan tempat Anda menabung emas, dalam hal ini di Pegadaian.

9. Mudah dicairkan. Ketika dalam keadaan butuh uang tunai, logam mulia di Pegadaian bisa sangat mudah digadaikan. Setelah itu jika Anda belum mempunyai dana 100% senilai LM yang digadai untuk menebusnya, Anda bisa memperpanjang tiap bulannya sesuai kemampuan ditambah biaya sewa simpan.

Kekurangan menabung logam mulia di Pegadaian

10. Kenaikan harga logam mulia hanya setara inflasi. Menurut Prita Hapsari Ghozie, Chief Financial Planner ZAP Finance, kenaikan harga emas atau logam mulia dalam 1 (satu) tahun terakhir (2018) adalah sebesar 11,6% (sumber: PT Aneka Tambang Tbk,).  Namun, total kenaikan harga emas selama 3 tahun terakhir adalah 13,43% atau rata-rata hanya 4,47% per tahunnya. Sehingga emas atau logam mulia kurang cocok untuk investasi apabila mengharapkan hasil yang melampaui tingkat inflasi.

Namun, apabila logam mulia ini disimpan selama sedikitnya 10 tahun, maka hasil imbal balik yang diterima bisa lebih dari 120%. Untuk mommies yang memiliki banyak tujuan investasi, maka sebaiknya melakukan diversifikasi atau berinvestasi di produk keuangan lainnya.

Singkatnya memang investasi logam mulai baru benar-benar terasa timbal baliknya di atas 5 tahun, moms.

Baca juga:

Belajar Kakeibo: Seni Kelola Uang Ala Ibu Rumah Tangga Jepang

5 Sumber Penghasilan Baru Setelah Kehilangan Gaji Tetap

Referensi artikel: 1 & 2 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top