banner-detik
KIDS

20 Permainan Seru Untuk Keluarga Saat di Rumah

author

Fannya Gita Alamanda21 May 2021

20 Permainan Seru Untuk Keluarga Saat di Rumah

Permainan seru untuk keluarga yang membuat momen di rumah saja tidak membosankan. Favorit para orang tua, nomor 1,2,5,12,13 dan 14.

Sampai hari ini, semua kegiatan dan aktivitas warga dunia masih tetap dibatasi demi menekan penyebaran virus corona. Dilanda bosan? Sudah pasti. Tapi Anda bisa ajak pasangan, anak dan anggota keluarga yang lain mencoba 20 permainan seru untuk keluarga berikut ini.

1. Monopoli

Mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, Monopoli kini bisa dimainkan secara online. Tapi  ‘versi jadul’ yang menggunakan papan tetap lebih seru. Pemain harus menggulirkan dadu untuk memindahkan pointer. Setiap pemain akan mendapatkan uang untuk melakukan investasi rumah dan sebagainya. Ada juga kartu yang memberikan kesempatan atau jebakan untuk para pemain.

2. Ular Tangga

Saat bermain, anak-anak belajar mengenal angka, bilangan, dan matematika sederhana. Mereka dilatih untuk menghitung titik-titik pada dadu dan kotak-kotak yang dilalui oleh pion. Selain itu, anak juga akan dilatih kemampuan sosial dan emosinya. Selama bermain mereka harus belajar sabar menunggu giliran dan belajar lapang hati menerima kekalahan atau tidak pongah ketika menang.

3. UNO

Pemain harus mengeluarkan kartu dengan angka yang sama atau warna yang sama. Selain seru karena bisa melibatkan banyak orang, pemain juga bisa memberikan jebakan kartu kepada pemain lainnya.

4. Scrabble

Senang-senang sekalian belajar. Scrabble adalah permainan menyusun kata di atas papan. Para pemain mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan. Para pemain harus mengambil tujuh buah keping huruf dari kantong dan berusaha menyusun kata secara mendatar atau menurun seperti teka-teki silang.

BACA JUGA: TEMPAT WISATA OUTDOOR HITZ DI JABODETABEK

5. Ludo

Aturan main Ludo sangat sederhana yaitu kotak besar adalah rumah bagi pion untuk keluar dan kembali. Pemain yang pionnya berhasil kembali ke rumahnya lebih dulu adalah pemenangnya.

.

6. Draw Something

Draw Something mengharuskan setiap anggota bergiliran menggambar dan ada pihak lawan yang menebak gambar. Setiap gambar yang berhasil ditebak maka akan mendapatkan poin. Melalui penghitungan poin para pemain bisa tahu siapa pemenangnya. Game ini tersedia untuk perangkat Android dan dapat diunduh  gratis.

7. Quiz Up

Quiz Up didesain untuk menjadi game trivia yang sangat menghibur dan memungkinkan para pemain untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang mencakup berbagai topik yang luas. Semakin menghibur karena banyak animasi, gambar, deskripsi dan musik tema.

8. Botticelli

Ini games yang saya suka karena kok pas tokoh-tokoh favorit saya adalah sosok yang jarang dipikirkan oleh orang lain. Setiap pemain memikirkan satu tokoh terkenal dan menyebutkan inisial orang tersebut sebagai petunjuk. Pemain yang lain mencoba menerka siapa orang itu dengan mengajukan beberapa pertanyaan spesifik yang bisa dijawab “ya” atau “tidak”.

9. Permainan Geografi

Satu pemain menyebutkan satu nama tempat (bisa kota atau negara) dan tugas pemain lawan adalah mencari nama tempat yang memiliki huruf pertama sama dengan huruf terakhir tempat yang disebutkan tadi. Misal, jika Anda menyebutkan kata “Mesir”, maka lawan harus menyebutkan nama kota atau negara yang berawalan huruf R seperti “Rumania atau “Rusia.”

10. Tepuk Kategori

Salah satu pemain akan menyebutkan kategori yang ingin mainkan, misalnya nama negara, binatang, atau bunga. Kemudian sambil bertepuk tangan setiap pemain harus menyebutkan nama-nama yang masuk dalam kategori tersebut. Semakin cepat tepukan, pemain harus berpikir dan menjawab makin cepat.

Selanjutnya, kalau Anda ingin mengenalkan permainan masa kecil Anda ke si kecil, bisa langsung siapkan permainan nomor 13,14 dan 15. Ada di halaman selanjutnya.

11. Tebak Gaya

Siapkan pensil atau botol plastik dan kertas besar. Lalu minta semua anggota keluarga untuk duduk mengelilingi pensil atau botol plastik dan kertas besar tersebut. Putar pensil atau botol plastik, hingga berhenti dan ujung pensil menunjuk salah satu pemain. Orang yang ditunjuk bermain harus memperagakan sebuah gaya dan pemain yang lain harus menebak gaya apakah itu.

12. Menahan ketawa

Super fun. Seluruh anggota keluarga bergantian menghias wajah dan mengenakan kostum selucu mungkin, dan pemain lainnya sama sekali nggak boleh senyum, tampak giginya apalagi ketawa. Orang yang bertahan tidak tertawa sampai di akhir, dialah pemenangnya.

13. Balap Karung

Para pemain harus melompat ke garis finis ketika mereka berada di dalam karung. Pemenangnya adalah siapa pun yang melewati garis finis terlebih dahulu. Yang bikin games ini seru karena ini nggak segampang kelihatannya.

14. Petak umpet

Petak umpet adalah salah satu permainan jadul dan sederhana tapi seru. Makin seru jika pesertanya makin banyak. Salah satu yang bikin deg-degan adalah gimana caranya bisa nemuin tempat ngumpet yang paling aman.

15. Engklek

Sebelum permainan dimulai, Anda perlu menggambar petak-petak untuk tempat para pemain melompat. Petak-petak dibuat dalam bentuk persegi yang dibagi menjadi beberapa bagian. Ada bagian di mana pemain hanya boleh melompat dengan satu kaki dan ada bagian di mana para pemain boleh berdiri dengan dua kaki.

16. Berburu harta karun

Harta karun yang disembunyikan harus menarik supaya anak semangat menemukannya. Harta karunnya bisa berupa camilan favorit atau supaya keliatan agak real, Anda tahu kan permen cokelat berbentuk kepingan uang logam yang dibungkus kertas warna emas? Nah, anak-anak pasti bakal girang setiap kali menemukan koin cokelat itu. Tempat menyembunyikannya jangan terlalu mudah dan jangan terlalu sulit ya, supaya mereka nggak keburu patah semangat.

17. Doodle with Noodle

Anda butuh mi atau pasta spageti. Pertama, ambil sedikit mi atau pasta spageti di atas piring. Lalu, pemain harus membuat angka atau huruf dengan mi di piring. Tantangannya adalah mereka hanya boleh menggunakan bibir dan lidah, nggak boleh pakai jari. Untuk bikin permainan ini lebih menarik, beri batas waktu.

18. Jenga

Ini permainan yang seru sekaligus menegangkan. Menyusun balok-balok kayu persegi panjang mungkin keliatannya gampang, tapi waktu para pemain harus mengambil balok-balok kayu yang sudah disusun tadi, satu persatu, untuk disusun kembali di bagian atasnya, nah ini dia yang bikin deg-degan .

19. Soulmate games

Permainan ini semakin banyak pemain, makin asyik. Bagi menjadi 3 atau 4 tim, 1 tim terdiri dari 2 orang. Masing-masing pasangan harus menjawab 5  pertanyaan dan harus dijawab berbarengan. Misal: hotel atau kemping, gunung atau pantai, ganteng/cantik atau pintar, stroberi atau cokelat, biru atau hijau, mol atau museum? Nah pasangan yang menjawab sama untuk semua pertanyaan berarti bisa dianggap sejiwa. Tapi kalau jawabannya nggak ada yang sama, ya gapapa juga, ini cuma permainan jangan baper yaa.

20. Bouncing Balloons

Siapkan beberapa balon karena permainannya adalah memantulkan balon. Yang menantang dari permainan ini adalah bahwa para pemain hanya boleh menggunakan dahi mereka untuk menjaga balon jangan sampai jatuh ke lantai. Pemain yang memantulkan balon paling lama adalah pemenangnya.

Nah, mumpung besok weekend, langsung aja eksekusi beberapa ide permainan ini bersama keluarga :).

BACA JUGA: 27 KEGIATAN UNTUK AJARKAN ANAK MENCINTAI BUMI

Photo by La-Rel Easter on Unsplash

PAGES:

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan