banner-detik
KIDS

10 Film Keluarga Untuk Ditonton di Hari Keluarga Internasional

author

Fannya Gita Alamanda15 May 2021

10 Film Keluarga Untuk Ditonton di Hari Keluarga Internasional

Di hari Keluarga Internasional ini, kami pilihkan 10 film keluarga untuk menjadi pilihan tontonan bersama keluarga. Mana favorit Mommies?

Hari kedua Lebaran sudah berlalu, tapi libur masih ada dong. Nah, mumpung masih weekend, makanan juga masih banyak ya? Tapi malas keluar-keluar, kenapa nggak ajak seluruh anggota keluarga untuk nobar film-film keluarga berikut ini!

Di hari Keluarga Internasional ini, kami sudah pilihkan 10 film keluarga. Sepuluh film ini nggak cuma menghibur tapi juga sarat pesan moral.

1. Zootopia

Berkisah tentang kelinci perempuan optimis dan bersahaja, Judy Hopps (Ginnifer Goodwin). Ia berambisi menjadi polisi sejak kecil. Ketika dewasa, Judy berhasil lulus akademi polisi dan meninggalkan kampung halamannya, untuk bertugas di kota besar, Zootopia. Zootopia adalah kota metropolitan yang dihuni berbagai binatang. Karena perempuan, fisiknya mungil, dan biasanya yang jadi polisi adalah para hewan predator, Judy diremehkan. Termasuk oleh atasannya, Kepala Polisi Bogo (Idris Elba). Suatu hari, ia diberi tugas yang cukup sulit dengan waktu sangat terbatas. Jika dalam 2 hari ia tidak bisa menyelesaikan, Judy harus mundur dari kepolisian. Bersama sahabatnya, Nick Wilde (Jason Bateman), Judy menerima tugas itu. Fisik boleh imut, tapi Judy bermental baja. Ia tak mau keraguan orang terhadap dirinya menghalangi ia menjadi polisi yang andal.

2. Pursuit of Happiness

Bagi Chris Gardner (Will Smith) hidup adalah perjuangan. Bangkrut, diusir dari apartemen, ditinggalkan istrinya, Chris menjalani hidup super keras bersama anaknya (Jaden Smith). Mereka sering kelaparan dan bahkan untuk mendapatkan tempat bermalam di penampungan tunawisma pun harus antre. Tapi Chris menolak menyerah, ia juga pantang menyalahkan orang lain untuk kondisinya. Pelan tapi pasti, ketekunan dan kerja keras akhirnya berbuah manis. Anak-anak bisa belajar bahwa di luar rumah mereka yang nyaman, ada keluarga-keluarga yang harus berjuang keras bahkan hanya untuk bisa makan hari ini.

3. Keluarga Cemara

Mengisahkan tentang perjalanan hidup keluarga Abah (Ringgo Agus Rahman) yang semula nyaman dan mapan kemudian bangkrut. Abah lalu mengajak anak-anak dan istrinya pindah ke rumah warisan yang jauh dari kota. Dengan segala keterbatasan, Abah berusaha menjadi kepala keluarga yang bertanggung jawab untuk anak-anaknya, Euis (Zara JKT48) dan Ara (Widuri Putri Sasono). Untunglah Abah memiliki istri seperti Emak (Nirina Zubir) yang tak lelah mendampingi Abah, setia dalam susah dan senang. Wanita kuat yang menjadi pilar penopang keutuhan keluarganya.

BACA JUGA: REKOMENDASI FILM DI NETFLIX, DISNEY HOTSTAR DAN BIOSKOP UNTUK DITONTON SAAT LIBUR LEBARAN

4. Dumbo

Pemilik sirkus yang sedang berjuang, Max Medici (Dannya DeVito) meminta mantan bintang sirkus Holt Farrier (Collin Farrell) dan kedua anaknya untuk merawat Dumbo, bayi gajah yang lahir dengan telinga sangat besar. Ketika keluarga itu tahu bahwa Dumbo bisa terbang menggunakan daun telinganya, Dumbo pun menjadi mesin uang bagi sirkus milik Max. Sayangnya, kemampuan Dumbo juga menarik perhatian V.A Vandevere (Michael Keaton), pemilik sirkus besar yang serakah dan rela melakukan apa pun demi uang. Dari film ini anak bisa belajar perlunya berempati terhadap makhluk hidup lain, bahwa habitat hewan bukanlah di sirkus, sekadar menjadi obyek pertunjukan memuaskan kesenangan manusia.

5. Toy Story 4

Woody (Tom Hanks), Buzz Lightyear (Tim Allen), dan anggota geng lain memulai petualangan seru bersama pemilik baru mereka yaitu Bonnie (Madeliene McGraw) dan mainan baru bernama Forky. Petualangan mereka berubah menjadi reuni tak terduga ketika Woody bertemu temannya yang telah lama hilang, Bo Peep. Selama perjalanan, Woody dan Bo Peep menyadari mereka sangat berbeda soal keinginan. Woody dan kawan-kawan juga mengalami kesulitan meyakinkan Forky, bahwa ia bukanlah sampah tak berguna seperti yang selalu ia pikirkan, melainkan mainan kesayangan Bonnie. Seperti itu bukan, teman yang baik?

Masih ada lima film keluarga lainnya yang bisa Mommies tonton bersama anak-anak. Salah satunya adalah film yang berhasil meraih penghargaan film pemeran pendukung terbaik, lho!

6. The Incredibles 2

Lanjutan kisah keluarga Bob Parr yang berusaha mempertahankan kehidupan normal mereka. Bob ingin hidup normal tapi Helen, istrinya masih ingin menjadi pemberantas kejahatan. Beragam konflik muncul. Bob sungsang sumbel menjaga anak-anak di rumah, sementara Helen pontang-panting melawan para penjahat. Masalah yang lebih besar pun muncul ketika seorang penjahat baru, Screensaver, muncul. Pada akhirnya, seluruh anggota keluarga “The Incredibles” harus turun tangan, kembali bersatu. Bukan cuma untuk mengusir Screensaver tapi juga menyelesaikan permasalahan keluarga mereka.

7. Kulari ke Pantai

Kisah tentang dua anak perempuan yang kepribadiannya sangat bertolak belakang bernama Sam (Maisha Kanna) yang anak alam dan Happy (Lil’li Latisha), si anak mol. Suatu hari, Sam yang akan melakukan perjalanan bersama ibunya Uci (Marsha Timothy), dititipi si sepupu yaitu Happy. Sepanjang awal perjalanan darat dari Jakarta menuju Banyuwangi, Sam dan Happy kerap bertengkar. Tapi ungkapan tak kenal maka tak sayang cocok untuk menggambarkan relasi keduanya. Celotehan-celotehan konyol, berbagai peristiwa, dan interaksi dengan orang-orang beragam kepribadian yang mereka jumpai membuat Sam dan Happy jadi menemukan sisi-sisi menyenangkan satu sama lain. Pemandangan alam yang sangat indah yang mereka lewati mungkin bisa menjadi inspirasi Mommies jika nanti pandemi sudah berakhir.

8. Smallfoot

Migo adalah Yeti yang ramah, yang dunianya jungkir balik ketika ia menemukan fakta tentang keberadaan sejenis makhluk yang selama ini dia tidak tahu ada….yaitu manusia! Waktu Migo cerita kepada penduduk desanya, mereka malah mengusir Migo karena menganggap dia halu. Humm.. seperti ini jugakah yang terjadi ketika manusia pertama yang melihat bigfoot cerita-cerita ke tetangganya? Untuk membuktikan dirinya tidak ngarang cerita, Migo pun melakukan perjalanan untuk menemukan makhluk yang pernah ia lihat di dekat reruntuhan pesawat terbang, yang mereka namai Smallfoot alias kita, manusia.

9. Koki-koki Cilik 2

Para alumni cooking camp, Bima, Melly, Kevin, Alfa, Niki dan Key kumpul lagi. Mereka berencana menemui Chef Grant (Ringgo Agus Rahman) untuk mendapatkan pengalaman baru. Sayang, harapan mereka bak dihempas saat melihat kondisi cooking camp yang tak lagi sama. Tak terurus, kumuh, dan nggak keren. Chef Grand juga seperti kehilangan semangat hidup. Dari sini, misi penyelamatan cooking camp dimulai dengan memanfaatkan kemampuan memasak alumninya. Tapi rencana tak berjalan mulus karena kehadiran Chef Evan (Christian Sugiono) yang berupaya menggagalkan tujuan para koki cilik. Usut-punya usut ternyata di masa lalu, terjadi peristiwa tak mengenakkan di antara keduanya yang terbawa hingga mereka dewasa.

10. Minari

Film pemenang penghargaan Aktris Pendukung Terbaik ini adalah film yang bercerita tentang keluarga imigran Korea Selatan, yang berjuang hidup di Amerika Serikat. Berlatar tahun 1980-an, film ini berkisah tentang jatuh bangun satu keluarga yaitu Jacob (Steven Yuen), Monnica (Han Ye-Ri) dan kedua anak mereka. Setelah gagal mencoba peruntungan di California, mereka pindah ke Arkansas. Kehidupan keluarga ini berubah total ketika sang Nenek (Yoon Yeo-Jeong), yang berwatak kasar tapi sesungguhnya penyayang hadir di tengah-tengah mereka. Sejumlah ulasan menggambarkan “Minari” sebagai film yang menunjukkan seperti apa rumah dan keluarga yang penuh cinta.

Selamat menonton ya...

Sumber: berbagai sumber

Photo by Alexander Dummer on Unsplash

PAGES:

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan