banner-detik
LIFESTYLE

Tips Praktis Masak Rendang Empuk Hanya 20 Menit

author

fiaindriokusumo11 May 2021

Tips Praktis Masak Rendang Empuk Hanya 20 Menit

Rendang salah satu hidangan wajib di hari Lebaran. Jika Mommies ingin memasaknya sendiri, coba deh tips praktis masak rendang empuk berikut ini. Cukup 20 menit lho.

Rendang menjadi salah satu santapan istimewa yang hampir dipastikan ada saat Lebaran. Apa Mommies termasuk salah satu keluarga yang selalu menghadirkan sajian rendang saat Hari Raya? Jika iya, mungkin sering merasa kalau masak rendang membutuhkan waktu lama hingga lebih dari dua jam. Ini demi membuat daging tetap empuk dan bumbu menyerap sempurna.

Sebenarnya, ada lho teknik yang bisa Mommies gunakan untuk memasak rendang agar tidak keras. Beberapa orang menggunakan teknik merebus daging 5-30-7, yakni rebus 5 menit, diamkan 30 menit, dan rebus kembali 7 menit, baru angkat.

William Gozali atau biasa disapa chef Willgoz memberikan sedikit tips memasak rendang empuk agar bisa lebih praktis. Selain itu, chef Rudy Choirudin, melalui akun YouTube Galeri Rasa Channel, memberikan resep masak rendang yang empuk pakai teknik 20 menit.

Yuk simak cara masak rendang yang empuk hanya dalam 20 menit. Kuncinya ada di baking soda!

Baca juga: 20 Ide Hidangan Lebaran dan Kue Kering Anti Mainstream

Tips Memasak Rendang Empuk 1: Rendam Daging Dalam Air Baking Soda

Apa kegunaan baking soda? Mungkin cara ini tak terpikirkan oleh kita sebelum masak rendang buat Lebaran. Gunakan baking soda untuk merendam daging supaya lebih empuk. Willgoz mengatakan bahwa baking soda bisa membuat daging rendang mudah empuk. Ambil satu sendok makan baking soda dan tuangkan ke dalam air putih. Kemudian rendam semua daging rendang ke dalamnya. Gunakan wadah tertutup lalu masukkan ke dalam kulkas. Diamkan selama minimal 3 jam, mungkin semalaman akan lebih baik, Mommies.

“Baking soda kita gunakan untuk menghancurkan semua serat-serat si sapi. Ini menggunakan daging sapi top side atau biasa digunakan untuk bikin rendang, biasanya bakal alot banget dan membutuhkan waktu lama untuk masak hingga enak.,” papar Willgoz, lewat akun YouTube resminya, Willgoz Kitchen.

Untuk tips memasak rendang empuk, bisa lanjut BACA DI HALAMAN BERIKUTNYA ya mommies. Mulai dari cara mengiris daging hingga pemakaian metode yang tepat.

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan