banner-detik
PARENTING & KIDS

10 Dokter Selebriti di Dunia Maya yang Wajib Mommies Follow

author

Sisca Christina23 Apr 2021

10 Dokter Selebriti di Dunia Maya yang Wajib Mommies Follow

Sekarang, semakin banyak dokter selebriti di dunia maya yang memberikan edukasi kesehatan, demi masyarakat nggak kemakan info hoax.

Enaknya di zaman serba digital ini, mendapat informasi kesehatan kini sudah jauh lebih mudah. Nggak harus menunggu ketemu dokter di rumah sakit. Bahkan, kalau lagi mengalami keluhan kesehatan ringan, sudah banyak tips atau edukasi yang bisa dijalankan tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Itu semua berkat media sosial yang memudahkan para dokter untuk mengedukasi masyarakat dengan informasi kesehatan yang akurat. Tapi, sudah beginipun, masih aja banyak masyarakat yang kemakan hoax, percaya dengan “katanya”, yang kemudian bikin galau.

Supaya nggak sesat, pastikan mommies mencari informasi kesehatan dari dokter-dokter terpercaya. Follow akun dokter yang punya latar belakang pendidikan medis yang jelas, kontennya banyak berisi edukasi, menyertakan sumber yang valid misalnya berdasarkan jurnal atau publikasi kesehatan terbaru, dan seterusnya, seperti para dokter selebriti di dunia maya berikut ini.

Rekomenasi Dokter Selebriti di Dunia Maya yang Bisa Difollow

dr. Meta Hanindita Sp.A

Mommies pasti sudah hafal dengan dokter yang satu ini. Dokter lulusan Universitas Airlangga yang juga konselor laktasi ini sering dijadikan kiblat bagi para ibu yang lagi galau seputar tumbuh kembang anak. Mulai dari laktasi, MPASI, imunisasi, nggak jarang orang menyarankan untuk “cek Instagram Story Dokter Meta aja.” Sharing edukasi dari dokter Meta sudah banyak meluruskan informasi miring yang beredar selama ini tentang kesehatan anak. Beliau juga sering mengundang para ibu untuk bertanya, lalu dia akan menjawab. Buat mommies yang belum tahu dokter Meta, follow akunnya berikut ini.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Meta Hanindita (@metahanindita)

dr. Citra, SpA, IBCLC, MKes

Masih dari dokter spesialis anak, dokter Citra juga menjadikan Instagramnya sebagai sarana edukasi masyarakat soal tumbuh kembang anak. Ini juga akun yang wajib mommies follow biar nggak mumet lagi dengan mitos-mitos masa lalu yang masih menghantui.

dr. Miza Afrizal Sp.A

Dokter yang satu ini sering mengedukasi masyarakat tentang vaksin pada anak. Tahu sendiri kan, biar zaman sudah secanggih ini, masih ada aja orang tua yang anti vaksin. supaya nggak keblinger, coba deh cek highlight Instagram Story dokter Mirza.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Miza Afrizal (@mizaafrizal)

Baca juga: Dokter Anak Favorit para Ibu di Jakarta dan Sekitarnya

dr. Nisa Fathoni, SpOG, IBCLC

Dikenal pro normal bahkan pro VBAC, dokter Nisa sering membagikan edukasi seputar kehamilan di YouTube channelnya Nisapedia dan Instagram. Buat mommies yang ingin tahu lebih banyak, silakan difollow.

dr. Firman Santoso, SpOG

Dokter obgin lulusan Jerman yang dikenal ramah ini bisa dibilang salah satu dokter langganan selebriti. Beliau adalah dokter obgin dengan subspesialis Gynecology Oncology dan Minimal Invasive Surgery. Maka, nggak heran kalau di Instagramnya, sang dokter sering berbagi video tindakan operasi pengangkatan kista atau miom dengan metode laparoskopi. Buat mommies yang nggak tahan lihat videonya, silakan diskip ya. Tapi kalau saya sendiri, jadi menambah pengetahuan.

dr. Ferry Darmawan, SpOG, MIGS

Di akunnya, dokter Ferry sering berbagi seputar kesuburan dan berbagai masalah reproduksi yang menjadi salah satu penyebab seorang ibu belum juga hamil. Kalau sedang menjalani program kehamilan, boleh juga mommies intip Instagram dokter Ferry.

Baca juga: Dokter Kandungan Favorit Para Ibu

dr. Jiemi Ardian, Sp.KJ

Psikiater yang satu ini juga favorit para ibu, lantaran ia sering mengedukasi dan kerap menjadi pembicara dalam sharing session yang berkaitan dengan kesehatan mental. Mommies pasti setuju, merawat keluarga dan merawat diri sendiri itu sama-sama nggak mudah. Terkadang kita terlalu sibuk mengurus keluarga tapi lupa mengurus diri sendiri (dalam hal mental). Merasa butuh cerita tapi nggak tahu sama siapa (lah kok curhat? Hahahahaha). Nah inilah yang membuat sesi-sesi dokter Jiemi selalu laris dipantengin para ibu. Silakan follow akun beliau untuk tahu lebih banyak tentang kesehatan mental.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh dr. Jiemi Ardian (@jiemiardian)

dr. Dian Pratiwi, SpKK, FINSDV, FAADV

Sebab mommies juga perlu pencerahan dalam hal kesehatan kulit, setuju?! Sekarang banyak banget beredar tips perawatan kulit dari sana sini, termasuk salah satunya dari para individu yang kadang nggak dibekali dengan pengetahuan yang cukup atau referensi yang akurat. Nah, akun dokter Dian bisa  dijadikan acuan dalam hal edukasi kesehatan kulit.

dr. Sylvia Irawati, M.Gizi

Beliau adalah seorang dokter gizi medik yang bersertifikasi dalam Plant Based Nutrition. Ia adalah seorang vegan, dan kerap memberikan tips seputar makan pada anak. Coba deh cek Instagramnya, menurut saya edukasi yang diberikan bagus-bagus. Saya sendiri pernah ikut kuliah whatsapp-nya. Dari dia, saya jadi tahu bahwa memberi makan anak dengan menu nasi, sayur bayam dan tempe tahu sudah terbilang padat gizi. Dari dia juga saya jadi lebih tahu beberapa makanan yang tinggi kalori namun miskin nutrisi, dimana para ortu sering terjebak memberikannya pada anak demi menaikkan berat badan semata.

dr. RA Adaninggar, Sp.PD

Akrab disapa dokter Ning, dokter muda ini mulai aktif memberikan edukasi seputar Covid-19 sejak dunia disapa pandemi. Awalnya ia termotivasi untuk mengklarifikasi dan meng-counter hoaks yang beredar di masyarakat. Kemudian ia melanjutkan edukasi untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang upaya pencegahan Covid-19, penanganan hingga edukasi tentang vaksin Covid-19.

Mommies sudah follow akun mereka semua? Atau ada akun lain yang mommies mau tambah? Share, yuk!

Baca juga: Rekomendasi Dokter THT Untuk Anak di Jabodetabek

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan