Now Reading
Mengintip Value Parenting dari Julia Roberts

Mengintip Value Parenting dari Julia Roberts

siscachristina
Value Parenting Julia Roberts

Value parenting dari seorang Julia Roberts sederhana: menjadi orang tua biasa seperti di kehidupan nyata, bukan orang tua selebriti bagi anak-anaknya.

Fakta lucu tentang Julia Roberts dan anak-anaknya: bertahun-tahun lamanya, anak-anaknya nggak menyadari bahwa ibu mereka seterkenal itu. Yang mereka tahu, status seorang Julia Roberts adalah ibu mereka, bukan sang aktris yang dikenal sejagat raya. Itu salah satu keberhasilan Roberts dalam pola asuh yang diterapkannya: yaitu bebas dari bayang-bayang kepopuleran dirinya sebagai selebriti. Itu mampu menciptakan lingkungan dan hubungan yang sehat bagi dirinya dan anak-anaknya. Yes, Julia Roberts berhasil membesarkan anak-anak jauh dari spotlight, sampai akhirnya mereka mengetahuinya juga ketika sudah remaja.

Waktu bagi anak-anak itu maha penting

Value parenting yang pertama bagi Julia Roberts itu soal waktu. Buat dirinya yang super sibuk, memberi waktu bagi anak-anak adalah hal yang paling penting. Beruntung, sebagai aktris besar, sejak anak-anaknya masih kecil, ia punya privilege untuk bisa menyocokkan jadwal syuting dengan jadwal anak-anaknya. Kalaupun tidak, ia akan mencari cara agar anak-anaknya bisa ikut bekerja dengannya. Sebisa mungkin ia menyediakan waktu sebanyak-banyaknya untuk bisa bersama anak-anaknya.

Menjauhkan anak dari spotlight

Ketika baginya kebersamaan bersama anak-anak itu penting, maka ia juga akan menjaga kualitas kebersamaan itu, salah satunya dengan nggak posting apapun tentang anak-anaknya di media sosial. Justru itu memudahkannya untuk pergi berlibur bersama keluarga tanpa dikuntit media. Sedikit-dikit show off tentang apa yang dilakukannya bersama anak-anak, sama sekali bukan gayanya. Yang ia butuhkan justru keleluasaan bergerak di ruang publik dengan nyaman. “Saya sudah terlalu tua untuk direpotin dengan budaya aneh selebriti di era serba online ini,” kata Roberts.

Menyayangi tapi nggak memanjakan

Kalau dipikir-pikir apa sih sulitnya Roberts untuk memanjakan anak dengan segala yang ia miliki? Tapi, bukan itu yang ia pilih. Menurutnya, seorang ibu harus mencurahkan kasih sayang kepada anak-anaknya, dan itu nggak bisa ditawar. Namun, cara Roberts mewujudkan kasih sayangnya kepada anak-anak justru dengan tetap menegur dan mendisiplinkan anak saat mereka melakukan kesalahan, tanpa mengurangi rasa cintanya kepada mereka. “Saya mencintai anak-anak tanpa syarat. Tapi, ketika mereka berbuat salah, saya akan berkata: cinta saya buatmu nggak berkurang, tapi biar bagaimanapun, kamu tetap wajib mengerjakan PR,” Roberts memberi contoh. Dengan kata lain, tegas tapi lembut, dan itu justru akan membuat mereka merasa aman.

Menjadi orang tua yang nggak menghakimi

Ini salah satu value parenting dari seorang Julia Roberts yang berulang-ulang ia tekankan. Roberts membuka peluang bagi anak-anaknya untuk bebas bercerita tentang apa saja kepadanya. Dia akan dengan senang hati menjadi pendengar setia. Naluri itu muncul seiring dengan perasaannya sendiri yang rindu sekali untuk lebih banyak bercerita kepada ibunya saat masih remaja. Namun, kadang itu sulit dilakukan karena sang ibu harus bekerja dan juga repot mengurus rumah dan dirinya serta saudara-saudaranya. Itu yang kemudian membuatnya membuka telinga lebar-lebar untuk mendengarkan anak-anaknya bercerita, tentunya tanpa menghakimi. “Anak-anak hanya ingin bicara dan didengar, jadi, mereka harus tahu bahwa mereka bisa bicara apa saja kepada kita tanpa takut dihakimi,” jelas Roberts.

Untuk mewujudkan hal ini, Roberts nggak akan sungkan untuk bepergian dengan keluarganya, menjauh dari ruang publik, demi menciptakan suasana yang aman dan nyaman, serta waktu yang bagi anak-anaknya untuk bercerita. Baginya, ketika anak-anak bisa bercerita tentang hal apapun kepadanya, itu juga memberinya rasa aman. Sejalan dengan itu, ia juga berusaha menjadi orang tua yang nggak gampang mengkritik. “Menurut saya, kita harus stop mengkritik anak. Bisa, kok, kita ngomong jujur kepada anak dengan cara yang baik dan manis. Kita harus berlatih untuk ini.” tutup Roberts.

Itulah value parenting dari Julia Roberts. Memang ya, aktris satu ini, nggak sebagai selebriti, nggak sebagai ibu, dia berhasil jadi everybody’s sweetheart.

Baca juga: 

5 Tips Parenting dari Dwayne Johnson

6 Pelajaran tentang Jadi Orangtua dari Reggy Lawalata

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top