Now Reading
Tingkatkan IQ Si Kecil dengan 5 Aktivitas Ini yang Bisa Dilakukan di Rumah Saja

Tingkatkan IQ Si Kecil dengan 5 Aktivitas Ini yang Bisa Dilakukan di Rumah Saja

dewdew
Photo by Gabby K from Pexels

Ternyata 5 aktivitas yang bisa dilakukan di rumah ini bisa meningkatkan IQ si kecil lho Moms. 

Sepanjang pandemi, sebagian besar kita yang di rumah saja mulai mencari-cari aktivitas biar nggak gila saking bosannya. Tahu nggak mommies, ternyata ada, lho, aktivitas yang meningkatkan IQ si kecil. Ini dia 5 di antaranya. No worries, bisa dilakukan di rumah saja, kok. Bahkan seluruh keluarga bisa melakukannya. Mulai dari orangtua hingga anak-anak.

Belajar main alat musik

Tutorial main gitar buat pemula banyak banget bertebaran di youtube. Menurut Victor M. Fornari, M.D., M.S., seorang psikiater anak dan remaja di Rumah Sakit Zucker Hillside dan Pusat Medis Anak Cohen di Queens, New York, memainkan alat musik baru akan membantu gray matter di dalam otak untuk memproses dan melepaskan informasi baru, sekaligus membantu mengontrol gerakan, memori dan emosi seseorang. “Penelitian menunjukkan bahwa pelatihan musik dapat meningkatkan memori verbal, penalaran spasial, dan keterampilan membaca,” tambah Dr. Fornari. Memainkan perkusi dengan bantuan galon kosong dan stik buatan sendiri juga seru, lho.

IQ si kecil bisa meningkat karena aktivitas merajut

Tim Nam Do San yang suka merajut acungkan jari! Aktivitas merajut dapat memelihara kemampuan kognitif dan daya pikir seseorang, lho. Nggak heranlah, ya, kalau Nam Do San jenius banget. Lha, wong, sehari-harinya saja aktivitasnya adalah merajut. Selama kita merajut, otak kita terus bekerja.  Sebuah studi di The Journal of Neuropsychiatry and Clinical Neurosciences menemukan adanya hubungan antara matematika dan memori saat merajut. Aktivitas ini menurunkan kemungkinan gangguan kognitif ringan hingga 50 persen dari waktu ke waktu.

Baca juga: Pahami Kebutuhan Nutrisi Anak yang Harus Dipenuhi Saat Pandemi

Melakukan olahraga yang disukai

Mau olahraga apapun, penelitian menunjukkan bahwa olahraga meningkatkan aliran darah ke otak. Hal inilah yang membuat tubuh kita membangun lebih banyak koneksi antar saraf di dalam otak. Sebagai hasilnya daya ingat meningkat, kreativitas terstimulasi, dan otak pun mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dengan lebih baik. Jangan malas bergerak mommies, sehari 30 menit LIIT (Low Intensity Interval Training) juga sudah cukup, lho. Ajak anak-anak bergerak aktif dengan iringan lagu Kpop kesukaan mereka!

Membaca buku

Bukan baca gosip atau ghibahan akun gosip di Instagram, lho, ya. Bukan juga baca-baca artikel dari sumber atau website apalah yang tidak terpercaya. Aktivitas membaca yang meningkatkan IQ adalah membaca buku, terutama buku literatur. Sebuah penelitian yang menggunakan media pemindai MRI, mengonfirmasi bahwa dengan membaca buku, jaringan sirkuit dan sinyal yang kompleks di otak terstimulasi. Selama periode membaca dan beberapa hari setelahnya konektivitas otak meningkat terutama somatosensory cortex, yaitu bagian otak yang merespon sensasi fisik seperti gerakan, dan rasa nyeri. Yuk, bacalah buku-buku yang ada di rak itu. Jangan biarkan ia berdebu. 

Main catur meningkatkan IQ si kecil

Banyak riset membuktikan bahwa permainan strategi seperti catur ini merangsang banyak bagian otak. Selain meningkatkan IQ, permainan catur juga mencegah alzheimer dan bentuk demensia lainnya. Please jangan terpaku pada pandangan bahwa catur hanya dimainkan oleh para pria atau orang yang sudah tua saja. Yang habis nonton The Queen’s Gambit lalu ngajak suami tarung catur mana suaranya? Walau nggak bakal jadi juara dunia kayak Beth Harmon, tapi kita bisa jadi juara di rumah ;) Tutorial main catur banyak di youtube, bund!

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top