Now Reading
7 Makanan Untuk Mencerahkan Warna Ikan Cupang

7 Makanan Untuk Mencerahkan Warna Ikan Cupang

Kalau Mommies atau si kecil sedang memelihara ikan cupang, ini dia daftar makanan untuk mencerahkan warna tubuh cupang kesayangan.

Satu bulan lalu, kedua anak saya minta dibelikan ikan cupang. Si kakak awalnya memang untuk tugas sekolah (mengukur pertumbuhan ikan cupang – jangan tanya saya bagaimana cara mengukurnya, ahahaha), nah si adik ikutan kakaknya dong, masa kakak dibelikan, adek nggak, begitu katanya. Ya sudah, jadilah saya hunting ikan cupang di sepanjang jalan raya Bintaro.

Rada kaget juga awal-awal dengar ada harga ikan cupang ratusan ribu, duh nggak rela mama-nya, hehehe. Soalnya mau tahu dulu dong, apakah mereka cukup telaten dan bertanggung jawab. Kalau terbukti iya, baru deh besok-besok (mungkin) mama mau keluar uang ratusan ribu. Akhirnya kami membeli yang harga per ekornya di kisaran 100 sampai 150 ribu.

Baca juga: 8 Pilihan Hobi Untuk di Rumah Selain Berkebun dan Memasak

Warna yang dipilih ada biru, kuning, putih dan putih semburat oranye. Cantik sih kalau dilihat-lihat. Dan ternyata, baru tahu juga kalau untuk menjaga serta mencerahkan warna kulit dan sirip si cupang, ada makanan-makanan tertentu. Apa saja? Berikut pilihan makanan untuk mencerahkan warna ikan cupang, baik untuk tubuh maupun sirip.

1. Spirulina

Spirulina adalah sejenis tanaman ganggang atau mikroalga yang berpigmen hijau kebiruan. Spirulina dapat meningkatkan kesehatan dan warna pada ikan cupang. Namun karena cupang adalah karnivora, mereka tidak akan memakan pakan ini begitu saja. Beberapa produk yang dijual di pasaran menggunakan spirulina untuk kandungan tambahan sebagai aditif pada pakan beku maupun pelet (fish flakes).

2. Udang air asin

Memberi makan ikan cupang dengan udang air asin atau brine shrimp dapat meningkatkan warna pada ikan cupang. Udang-udangan (krustasea) biasanya kaya akan pigmen karotenoid yang dapat mempertegas corak warna merah dan kuning pada ikan. Selain itu, udang air asin mudah tumbuh dan kuat terhadap penyakit, seperti dikutip Pets The Nest.

3. Ikan salmon dan haring

Makanan alami ikan cupang sebagian besar adalah serangga tetapi Anda juga bisa menambahkan makanan yang mengandung ikan salmon dan ikan haring. Seperti krustasea, makanan ini mengandung banyak karotenoid. Pakan ikan cupang dari bahan ikan salmon dan ikan haring bisa Anda jumpai di toko hewan peliharaan.

Nah, makanan selanjutnya adalah makanan yang pertama kali saya beli untuk ikan cupang peliharaan anak-anak. Untuk daftar makanan selengkapnya dan tips memberi makan ikan cupang, bisa dibaca DI HALAMAN SELANJUTNYA, YA!

Photo by Tim Mossholder on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top