banner-detik
LIFESTYLE

17 Tipe Pembantu Rumah Tangga: Ada yang Bikin Bahagia, Ada yang Menguji Kesabaran

author

dewdew01 Mar 2021

17 Tipe Pembantu Rumah Tangga: Ada yang Bikin Bahagia, Ada yang Menguji Kesabaran

Berikut ini 17 tipe pembantu rumah tangga dan baby sitter yang sering ditemui oleh para orang tua. Tipe 12 pernah saya alami dan menyebalkan rasanya!

Hubungan antara kita dan pembantu rumah tangga (PRT) dan baby sitter memang complicated, ya. Kadang kerjanya bagus tapi, kok, tiap malam pacaran. Ada yang nggak neko-neko, tapi entah kenapa kalau kerja selalu mislek. Ada yang kerjaannya pegang handphone melulu, tapi sayang banget sama anak kita. Aih, pusing. Harus dikekep selama-lamanya atau gimana? Love and hate relationship dengan ART ini memang penuh dinamika, ya, mommies.

Berikut ini 17 tipe pembantu rumah tangga dan baby sitter, mulai dari yang bikin bahagia, sampai yang bikin elus dada. 

Tipe Pembantu Rumah Tangga #1 Si Guru Les

Kalau dapat modelan yang kayak  begini tuh rasanya 1/4 beban kita menjadi ringan, karena si mbak ternyata hobi banget bantu-bantu si kecil mengerjakan tugas-tugas sekolah. Mulai dari mengajar baca, mewarnai, tanya jawab kalau si kecil mau ulangan, mencari bahan-bahan untuk mengerjakan tugas art sampai menemani bikin PR dan mengingatkan si kecil tentang tugas sekolahnya.

“Asisten saya saat ini paling saya cintai, karena sangat efektif bantuin anak bikin tugas art  dan nemenin bikin PR. Jagoan dia dari saya, hahaha…”

Felicia

#2 Si inisiatif tinggi

Nggak perlu disuruh atau nggak harus ada di dalam daftar pekerjaannya hari itu, tapi udah langsung inisiatif mengerjakan. Diminta beresin rumah, eh lihat halaman kotor juga disapu. Diminta masak lauk, tahu-tahu ada camilan gorengan di sore hari. Minta tolong cuci sepatu, ternyata sandal juga disikat sampai bersih.

“Paling senang punya mbak yang suka inisiatif beberes, padahal nggak disuruh. Sayang jodoh sama dia nggak lama. Hiks…”

Nadya P

#3 Si bentar-bentar pulang kampung

Belum juga 3 bulan, tahu-tahu minta izin pulang kampung seminggu. Baru juga lanjut 6 bulan, tahu-tahu izin lagi. Ada aja alasannya. Mulai dari saudara nikahan, orang tua sakit, harus panen padi, selametan tetangga lahiran, kenduri dan berbagai alasan ngadi-ngadi lainnya.

Tipe Pembantu Rumah Tangga #4 Si PHP

Kesal banget deh sama yang tipe begini. Iya janji kerjanya akan lama, tahu-tahu 2 minggu minta berhenti. Iya janji pulang kampugnya cuma sebentar, tahu-tahu dua kali Lebaran nggak pulang-pulang (Eh ini lebay ya :D).  Iya nggak bawa semua baju kok, tahu-tahu lemarinya kosong melompong. Berasa kayak tahu banget kita butuh, jadi suka seenak udel.

“Belum juga 6 bulan sudah maksa minta pulang kampung. Janji akan balik lagi, ternyata ditunggu-tunggu nggak muncul. PHP, kesel!”

Allefa

#5 Si super ngeyel

Dikasih tahu yang benar, ngeyel maunya cara dia. Dikasih tahu yang lebih mudah dilakukan, ngeyel, ngotot maunya kayak biasa dia lakukan di rumah yang sebelumnya. Dikasih tahu cara mengoperasikan mesin cuci, ngeyel, alhasil rusak. Bahkan sampai urusan kesehatan juga ngeyel. Hih, nyebelin. Kayak ngomong sama anak batita.

“Ngeyel untuk hal-hal kecil tapi esensial. Misalnya walau cuma ke warung depan komplek tetap kudu pakai masker, eh, dia ngeyel nggak mau pakai. Padahal masker disediakan di rumah. Hhhh…”

Dewi 

#6 Si pembohong

Duh, maaf nih kalau ketemu yang seperti ini, langsung nggak diperpanjang dan langsung dipulangkan saja ke yayasan atau kampung halaman. Hobi banget bohong, bahkan untuk urusan sepele. Sudah disapu? Sudah, bu. Tapi debu masih setumpuk. Sudah pengalaman kerja berapa tahun? 8 tahun bu. Tapi nggak tahu apa-apa sama sekali.

#7 Si pengutil

Alias pencuri barang majikan. Mulai dari ngambil makanan diam-diam, pakaian satu per satu hilang, sampai parahnya juga ngambil uang hingga perhiasan. Kalau ini sih kayaknya bukan tipe ya, tapi memang tabiat jahat aja. Dan nggak bisa disebut sebagai ART atau baby sitter. Cocoknya disebut pencuri atau penipu.

“Sudahlah suka ngeyel, suka mencuri pula. Sudah ada bukti, masih nggak mau ngaku. Auto pulangin!”

Cherie

#8 Si jago masak

Buat mommies yang nggak bisa masak, begitu dapat ART yang model begini, auto happy ya, ahahaha. Segala masakan bisa, bahkan sekali pun nggak menggunakan MSG. Bisa masak nggak hanya hidangan favorit  mommies dan suami, namun juga untuk si kecil.

Seperti apa tipe-tipe berikutnya? Langsung klik halaman BERIKUTNYA ya Moms. 

#9 Si Betah di rumah

Nggak suka keluyuran ke tetangga, nggak suka izin pergi di malam minggu, nggak ngambek kalau memang lagi nggak bisa diajak ke mall. Senangnya di rumah, istirahat, baca-baca buku, atau nonton gossip di saluran tv lokal.

“ART saya walaupun lumayan banyak tingkah, tapi masakannya enak. Betah pula di rumah. Ya, sudah, telan saja. Hahahaha…”

Anggi Ummi

#10 Si Berpengalaman

Masa kerjanya sudah di atas 7 tahun dan canggih banget memang. Masak bisa. Beresin rumah sigap. Urus anak gesit. Setrika baju rapih jali.

“Paling enak memang dapat asisten rumah tangga yang sudah berpengalaman. Nggak kebanyakan kasih instruksi sudah ngerti sendiri.”

Santi

#11 Si Sok tahu

Paham kan tipe ART atau baby sitter yang sok tahu ceunah. Berasa pintar dan udah pengalaman, jadi nggak bisa dibilangin. Padahal ujung-ujungnya apa yang dia lakukan ya salah kaprah.

“Suka banget sama ART yang sekarang. Sering inisiatif melakukan pekerjaan, tapi nggak sotoy alias sok tahu. Jadi yang dia inisiatif lakukan, tuh, benar.”

Asti P

Baca juga: Info Gaji ART dan Baby Sitter Tahun 2021

#12 Si tukang bandingin sama majikan sebelumnya

"Dulu rumah majikan saya tuh kamarnya 8,"

"Dulu kalau di majikan sebelumnya saya ada yang bantuin 3 orang,"

"Dulu majikan saya selalu ngasih saya uang jajan sekian,"

Dst, dst, dst-nya. Kayak ingin menjawab balik "Ya kalau begitu kenapa resign dari majikan yang sebelumnya?"

#13 Si Ceroboh

Nggak ada niat sebenarnya untuk bikin kita kesal, tapi setiap kali dimintain tolong adaaaaa aja salahnya. Nanti kalau ditegur, palingan senyum sambil bilang, maaf bu. Biasanya ini karena kurang konsentrasi jadi sering lupa sama apa yang kita informasikan.

“Setiap kali disuruh adaaaaa aja salahnya. Nggak fatal dan nggak esensial, sih. Tapi gemes aja, padahal step by stepnya udah detil.”

Aisha Manaf

#14 Si Ganjen

Hadeuuuh kesal banget kalau dapat yang begini. Sama satpam komplek tukeran nomor telepon, nanti sama tukang antar gas suka flirting-flirting nggak jelas, ngobrol sama supir pakai suara manja nggak kepuguhan. Paling seram kalau ganjennya udah di level super hot, karena jadinya sibuk pacaran sana-sini (iyaaa pacarnya banyak) dan tahu-tahu masukin pacarnya ke rumah kita. Apes, kan!

“Baik, sayang sama anak, kerjaan di rumah beres, urusan anak-anak juga saya merem, sering inisiatif, tapi belakangan suka masukkin cowok ke kamarnya tanpa sepengetahuan saya. Gimana kalau saya pas nggak di rumah? Yang kayak gini harus diapain?”

Amanda

“Pas saya dan suami ngantor, dia bawa anak saya jalan-jalan ke mall sama pacarnya. Ketahuan karena kelihatan sama tetangga. Auto pecat!”

Riesta

#15 Si Multitasking

Urusan rumah bisa. Urusan belajar anak bisa. Urusan Masak bisa. Urusan binatang peliharaan bisa. Urusan pijat memijat juga bisa. Duh auto jatuh cinta.

“Keunggulan mbak yang satu ini, pintar memijat, dan masakannya enak. Nggak banyak cingcong dan kerjaannya lumayan. Nggak selalu perfect, tapi cukup buat saya. Selalu deg-degan tiap kali dia menghampiri saya dan bilang, “Bu, saya mau ngomong.” Padahal cuma minta izin mau ke mini market. Ah, si mbak bikin jantung turun ke kaki.”

Deswita

#16 Si Tukang gossip

Durasi belanja di warung langganan jadi lebih lama karena sibuk gosip sama tetangga kanan-kiri.

Hobi banget nemenin anak keliling komplek karena sekalian kumpul sama sesama ART atau baby sitter di komplek buat gossip.

Abis itu, suka menyampaikan lagi deh ke kita gossip apa saja yang dia dengar. Nggak masalah sebenarnya, tapi jadinya bikin kita curiga nggak sih, jangan-jangan kita juga dijadikan bahan gossip nih di luar sana, ahahaha.

“Sebenarnya suka males, sih, sama mulutnya. Banyakan mulutnya yang kerja, daripada tangannya. Alias suka ngegosip. Tapi butuh gimana, dong?”

Alia H

#17 Si Double agent

Biasanya tipe ini adalah ART yang PP, jadi kerja di dua atau tiga rumah di ingkungan yang sama. Nah, capeknya itu kalau drama di rumah tangga A diobral ke majikan B kemudian dibumbui di rumah bos yang C. Kebayang kan kalau jadi pengguna jasanya? Harus hati-hati banget supaya drama rumah tangga nggak nyebar ke seantero jagad raya :D.

“ART terakhir yang kerja sama saya suka jadi double agent. Karena serumah sama mertua saya dia suka lapor yang aneh-aneh ke saya tentang mertua, begitu pun sebaliknya. Untung saya orangnya nggak gampang kemakan dan selalu kroscek. Hadeuh, bikin elus-elus dada.” Tasya

Jadi, mana yang saat ini ada di rumah Mommies?

Follow us on Instagram

PAGES:

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan