Now Reading
17 Tipe Pembantu Rumah Tangga: Ada yang Bikin Bahagia, Ada yang Menguji Kesabaran

17 Tipe Pembantu Rumah Tangga: Ada yang Bikin Bahagia, Ada yang Menguji Kesabaran

dewdew

Berikut ini 17 tipe pembantu rumah tangga dan baby sitter yang sering ditemui oleh para orang tua. Tipe 12 pernah saya alami dan menyebalkan rasanya!

Hubungan antara kita dan pembantu rumah tangga (PRT) dan baby sitter memang complicated, ya. Kadang kerjanya bagus tapi, kok, tiap malam pacaran. Ada yang nggak neko-neko, tapi entah kenapa kalau kerja selalu mislek. Ada yang kerjaannya pegang handphone melulu, tapi sayang banget sama anak kita. Aih, pusing. Harus dikekep selama-lamanya atau gimana? Love and hate relationship dengan ART ini memang penuh dinamika, ya, mommies.

Berikut ini 17 tipe pembantu rumah tangga dan baby sitter, mulai dari yang bikin bahagia, sampai yang bikin elus dada. 

Tipe Pembantu Rumah Tangga #1 Si Guru Les

Kalau dapat modelan yang kayak  begini tuh rasanya 1/4 beban kita menjadi ringan, karena si mbak ternyata hobi banget bantu-bantu si kecil mengerjakan tugas-tugas sekolah. Mulai dari mengajar baca, mewarnai, tanya jawab kalau si kecil mau ulangan, mencari bahan-bahan untuk mengerjakan tugas art sampai menemani bikin PR dan mengingatkan si kecil tentang tugas sekolahnya.

“Asisten saya saat ini paling saya cintai, karena sangat efektif bantuin anak bikin tugas art  dan nemenin bikin PR. Jagoan dia dari saya, hahaha…”
Felicia

#2 Si inisiatif tinggi

Nggak perlu disuruh atau nggak harus ada di dalam daftar pekerjaannya hari itu, tapi udah langsung inisiatif mengerjakan. Diminta beresin rumah, eh lihat halaman kotor juga disapu. Diminta masak lauk, tahu-tahu ada camilan gorengan di sore hari. Minta tolong cuci sepatu, ternyata sandal juga disikat sampai bersih.

“Paling senang punya mbak yang suka inisiatif beberes, padahal nggak disuruh. Sayang jodoh sama dia nggak lama. Hiks…”
Nadya P

#3 Si bentar-bentar pulang kampung

Belum juga 3 bulan, tahu-tahu minta izin pulang kampung seminggu. Baru juga lanjut 6 bulan, tahu-tahu izin lagi. Ada aja alasannya. Mulai dari saudara nikahan, orang tua sakit, harus panen padi, selametan tetangga lahiran, kenduri dan berbagai alasan ngadi-ngadi lainnya.

Tipe Pembantu Rumah Tangga #4 Si PHP

Kesal banget deh sama yang tipe begini. Iya janji kerjanya akan lama, tahu-tahu 2 minggu minta berhenti. Iya janji pulang kampugnya cuma sebentar, tahu-tahu dua kali Lebaran nggak pulang-pulang (Eh ini lebay ya :D).  Iya nggak bawa semua baju kok, tahu-tahu lemarinya kosong melompong. Berasa kayak tahu banget kita butuh, jadi suka seenak udel.

“Belum juga 6 bulan sudah maksa minta pulang kampung. Janji akan balik lagi, ternyata ditunggu-tunggu nggak muncul. PHP, kesel!”
Allefa

#5 Si super ngeyel

Dikasih tahu yang benar, ngeyel maunya cara dia. Dikasih tahu yang lebih mudah dilakukan, ngeyel, ngotot maunya kayak biasa dia lakukan di rumah yang sebelumnya. Dikasih tahu cara mengoperasikan mesin cuci, ngeyel, alhasil rusak. Bahkan sampai urusan kesehatan juga ngeyel. Hih, nyebelin. Kayak ngomong sama anak batita.

“Ngeyel untuk hal-hal kecil tapi esensial. Misalnya walau cuma ke warung depan komplek tetap kudu pakai masker, eh, dia ngeyel nggak mau pakai. Padahal masker disediakan di rumah. Hhhh…”
Dewi 

#6 Si pembohong

Duh, maaf nih kalau ketemu yang seperti ini, langsung nggak diperpanjang dan langsung dipulangkan saja ke yayasan atau kampung halaman. Hobi banget bohong, bahkan untuk urusan sepele. Sudah disapu? Sudah, bu. Tapi debu masih setumpuk. Sudah pengalaman kerja berapa tahun? 8 tahun bu. Tapi nggak tahu apa-apa sama sekali.

#7 Si pengutil

Alias pencuri barang majikan. Mulai dari ngambil makanan diam-diam, pakaian satu per satu hilang, sampai parahnya juga ngambil uang hingga perhiasan. Kalau ini sih kayaknya bukan tipe ya, tapi memang tabiat jahat aja. Dan nggak bisa disebut sebagai ART atau baby sitter. Cocoknya disebut pencuri atau penipu.

“Sudahlah suka ngeyel, suka mencuri pula. Sudah ada bukti, masih nggak mau ngaku. Auto pulangin!”
Cherie

#8 Si jago masak

Buat mommies yang nggak bisa masak, begitu dapat ART yang model begini, auto happy ya, ahahaha. Segala masakan bisa, bahkan sekali pun nggak menggunakan MSG. Bisa masak nggak hanya hidangan favorit  mommies dan suami, namun juga untuk si kecil.

Seperti apa tipe-tipe berikutnya? Langsung klik halaman BERIKUTNYA ya Moms. 

Pages: 1 2
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top