Info Gaji ART dan Baby Sitter 2021 & Tips di Masa Pandemi

dewdew
gaji art

Walaupun di masa pandemi ini kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja, bukan berarti kita nggak butuh Asisten Rumah Tangga atau baby sitter, kan, ya? Berapa gajinya di tahun 2021 ini?

Nggak cuma working mom, tapi buat stay-at-home-mom, jualan mom, stay-at-home-but-working-mom, ART dan pengasuh bayi jelas membantu mengurangi stres dan menjaga tingkat kewarasan semua mommies.

Buat yang baru mau mencari asisten atau mungkin ada rencana ganti setelah ditinggal pulang kampung dan tak kembali, berikut ini info gaji ART dan baby sitter di tahun 2021 area Jabodetabek, Bandung, hingga Semarang. Bonus tips mempekerjakan ART atau baby sitter baru di tengah pandemi.

ART datang pagi pulang siang

Untuk gaji ART kategori ini di area Jabodetabek ini berkisar antara 1 juta hingga 1,5 juta rupiah. Di area Bogor bahkan ada yang ditambah ongkos transportasi sekitar 240.000 rupiah per bulan. Jadi totalnya bisa hampir 2 juta rupiah. Tentunya ini tergantung kesepakatan juga, ya. Ada yang mengerjakan seluruh pekerjaan rumah, dari mulai bersih-bersih, cuci seterika, hingga menjaga anak sampai waktunya ia pulang. Silakan disepakati bersama, ya, mommies.

Baca juga: 18 Pertanyaan yang Perlu Diajukan Untuk Calon Asisten Rumah Tangga

ART menginap

Kalau asisten yang nggak pulang pergi, alias tinggal satu atap dengan kita, angka gaji berkisar di Rp 1,2 juta hingga Rp 2 jutaan. Seorang teman yang working mom menggaji ARTnya sebesar Rp 1,7 juta tanpa cuci setrika tapi full pegang kebutuhan 2 anak yang lagi ‘lucu-lucu’nya. Ya, sepadanlah, ya :)

Babysitter menginap

Ya, kalau babysitter, sih, sudah pasti stay di rumah kita juga, ya. Biasanya kalau babysitter banyak yang ambil dari yayasan. Untuk take home pay pertama plus menebus si babysitter di area Jakarta, mommies bisa membayar hingga Rp 3 jutaan. Untuk yang belum berpengalaman gajinya ada di seputar Rp 1,5 juta rupiah. Sementara yang sudah berpengalaman gajinya berkisar di Rp 1,8 hingga Rp 2 juta. Di area Semarang dan Bandung berkisar di angka Rp 1,5 hingga Rp 2 juta rupiah. Sepertinya sekarang sudah rata, ya, gaji para ART dan baby sitter di kota-kota besar. 

Sebelum ART atau babysitter yang menginap datang

Yang pasti sediakan dana lebih paling tidak untuk meminta ART atau babysitter yang baru datang untuk tes swab, minimal swab antigen. Lalu mommies juga harus meminta mereka isolasi mandiri di kamar khusus, kalau bisa yang terpisah jauh dari keluarga, selama 14 hari setelah tes dilakukan. Kalau tidak bersedia, urungkan saja niat untuk mempekerjakan mereka.

Buat kesepakatan bahwa mereka harus bekerja paling tidak 3-6 bulan sebelum mereka meminta pulang kampung. Hal ini untuk mencegah mereka bolak-balik pulang, meningkatkan risiko tertular dan swab test terus-terusan. Yang ada uang kita cuma habis bayarin dia tes Covid.

Aturan untuk ART pulang pergi

Minta asisten untuk selalu menggunakan masker medis yang mommies sediakan di depan pintu masuk, sebelum ia masuk ke rumah. Setelah menggunakan masker, begitu masuk harus langsung mandi plus keramas. Mommies bisa sediakan sabun dan shampo antiseptik. Pastikan asisten rumah tangga menggunakan masker medis selama bekerja di rumah tanpa dilepas, terutama ketika berada di dekat anak-anak atau lansia. Boleh juga mommies sediakan dana lebih untuk meminta asisten swab antigen secara berkala. 

Dealing dengan para asisten rumah tangga dan baby sitter memang susah-susah gampang. Rezeki banget kalau sampai bisa menggaji asisten yang manut dan nggak banyak ulah. Yang paling stres kalau gajinya sudah besar, tapi diminta pakai masker saat keluar rumah untuk belanja, susahnya setengah mati.

Happy hunting, mommies. Semoga dapat rezeki ART atau babysitter yang mudah diajak kerjasama serta gajinya sesuai, ya! Good luck!

Follow us on Instagram!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top