banner-detik
LIFESTYLE

Wajib Tahu! 5 Fakta Tentang Media Sosial Baru Clubhouse

author

raissasabrina17 Feb 2021

Wajib Tahu! 5 Fakta Tentang Media Sosial Baru Clubhouse

Media sosial baru lagi... harus ngikutin atau nggak? Khusus untuk Clubhouse rasanya mommies perlu kulik deh karena manfaatnya segudang! Yuk simak 5 fakta tentang si exclusive social media platform ini! 

Coba mommies pikirkan satu hal yang nggak bisa dilakukan oleh anak muda di kala pandemi ini?

Keluar rumah? Masih bisa!

Nongkrong di mall? Bisa!

Belajar di sekolah atau kampus? Yaaaa kalau ada keperluan super penting masih bisa kok.

Jawabannya adalah main ke klub! Padahal, sejak the great lockdown, banyak lho extroverts yang butuh mendapatkan energi dengan cara berbicara atau bertemu dengan orang baru sehingga muncul sebuah platform media sosial baru: CLUBHOUSE.

Apa sih Clubhouse itu?

Platform media sosial berbasis audio yang eksklusif di mana penggunanya terpilih dan hanya bisa mengundang dua teman terpilih. Saat ini baru tersedia di iOS, jadi mommies yang sudah mendapat undangan tetapi menggunakan Android harus bersabar ya! Penggunanya saat ini masih berisi artis-artis global dan influencers di mana mommies bisa ikut mendengarkan dan berpartisipasi dalam berbagai pembicaraan--terdapat banyak sekali topik yan bisa mommies ikuti mulai dari parenting, kesehatan, kecantikan, politik, hobi, dan lain-lain.

Jika bisa saya persingkat, Clubhouse adalah live podcast di mana user bisa ikut berpendapat dan bertanya langsung. Bersifat live, sehingga tidak ada rekamannya jadi tetapi jika mommies ingin mengikuti sebuah topik--you can simply put it to your google calendar or apple calendar to remind you!

Setelah saya mencoba mengikuti kelas Sandwich Generation-nya Kak Icha dan Kak Rahne hari Minggu kemarin, saya berpendapat bahwa Clubhouse merupakan media sosial potensial untuk belajar dikarenakan penggunaan internet yang efisien, tidak menyedot baterai berlebih, dan sangat cocok digunakan untuk panel discussions. Nah,  saya ingin memberitahu mommies 5 faktanya!

  • Naik daun sejak Elon Musk bercuit di twitter
  • Iya, bos The Boring Company & Tesla ini sempat bercuit di Twitter mengajak Presiden Rusia, Vladimir Putin, untuk berdiskusi melalui Clubhouse pada hari Minggu 14 Februari 2021 kemarin. Sontak, semua orang langsung penasaran dan langsung trending di mana-mana! Saham Clubhouse juga langsung naik. Cuan banget nih yang iseng beli sahamnya!

    2. Marketing eksklusif mirip Path

    Masih ingatkah mommies dengan platform Path? Di awal perkembangan, platform media sosial yang sudah musnah ini diawali dengan hanya bisa mengundang 50 orang--begitu juga dengan Clubhouse yang hanya mempersilakan user merasakan full experience setelah menerima undangan--atau disetujui oleh pengguna lainnya di Clubhouse ini. Terasa sekali sih eksklusifnya dari Clubhouse ini, apalagi jika mendengar topik-topik yang dibahas juga cukup berbobot dan punya manfaat bukan cuma ngebahas shallow stuff.

    Baca juga: Tipe-tipe Teman yang Harus Dimiliki Oleh Semua Ibu

    3. Tidak bisa direkam dan tidak ada siaran ulang

    Inilah yang membuat para musisi, terutama musisi di US menyukai Clubhouse. Jika mommies ingin mendengarkan secara full ya harus ikut dari awal dan tidak ada perekaman. Banyak lho, musisi dan artis yang membuat surprise concert di Clubhouse bahkan gak jarang menyapa fans-nya. Jadi merasa dekat ya!

    4. Salah satu metode belajar bahasa asing

    Dikarenakan platform ini bersifat global, masih banyak sekali topik menggunakan bahasa asing seperti Bahasa Inggris. Buat mommies yang ingin belajar Bahasa Inggris terutama meningkatkan nilai listening, boleh deh coba dengar conversation di Clubhouse karena lama-lama jadi terbiasa! Sayangnya, di-banned di Tiongkok sehingga mommies yang ingin belajar Bahasa Mandarin harus mengurungkan niatnya belajar di aplikasi ini.

    5. Sudah berstatus Unicorn!

    Meskipun baru dibuat tahun 2020, Clubhouse yang berasal dari Silicon Valley ini sudah mendapatkan pendanaan lebih dari $100 Million yang artinya Clubhouse sudah masuk ke jajaran Unicorn lho. Hal ini juga menjadi momen bangkitnya jejaring sosial berbasis audio setelah sebelumnya hanya berfokus pada verbal (blog) dan visual (Instagram & YouTube).

    Itu dia mom 5 fakta mengenai Clubhouse. Jadi, pingin coba kulik media sosial yang satu ini gak mom? Seandainya Mommies Daily bikin mini webinar di Clubhouse--mommies ingin membahas apa sih dan dengan siapa? Komen di bawah ya moms!

    Share Article

    author

    raissasabrina

    -


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan