banner-detik
SELF

4 Fakta Anal Swab, Metode Tes COVID-19 yang Lagi Hits di Cina

author

?author?11 Feb 2021

4 Fakta Anal Swab, Metode Tes COVID-19 yang Lagi Hits di Cina

Konon para dokter di Cina menyebut metode tes COVID-19 dengan anal swab lebih akurat daripada swab nasofaring atau hidung dan pangkal tenggorokan. Apa benar begitu?

Jenis-jenis tes COVID-19 yang kita tahu selama ini, berkisar di: Rapid Test Antibodi, Tes Serologi Antibodi atau Immunoassay, Rapid Test Antigen, Polymerase Chain Reaction (PCR), dan Tes Cepat Molekular (TCM).

Seiring perjalanan era pandemi, belum lama ini muncul metode baru test COVID-19 yang disebut anal swab, didasari oleh temuan bahwa virus Corona bertahan lebih lama di saluran pencernaan dibanding di saluran napas. Karenanya, kemungkinan false positive diyakini lebih kecil dengan metode baru ini.

Baca juga: Berbagai Macam Tes Covid-19, Mana yang Paling Akurat?

Apa itu anal swab COVID-19?

Merupakan metode untuk mendeteksi virus yang dilakukan dengan cara memasukkan alat swab sepanjangn3 sampai 5 sentimeter ke dalam rektum atau dubur. Li Tongzeng dari Rumah Sakit You'an mengatakan, metode tersebut bisa lebih akurat dalam mendeteksi virus dan menurunkan kemungkinan kesalahan diagnosis.  Sampel yang didapat lalu diperiksa dengan PCR (polymerase chain reaction).

Dikutip dari Globaltimes, para pakar menegaskan bahwa tes dilakukan untuk meningkatkan akurasi tes Corona. Namun karena harus diakui metode pengambilan sampelnya tidak nyaman, cara ini hanya dipakai pada kondisi tertentu.

Untuk mengenal lebih jauh seputar anal swab, berikut 3 fakta lainnya. SILAKAN BACA DI HALAMAN BERIKUTNYA, YA.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Untuk Tes COVID-19 di Jabodetabek 

Share Article

author

-

Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan