banner-detik
SELF

TB Usus Penyebab Meninggalnya Uztaz Maaher, Kenali Ciri dan Cara Penularannya!

author

fiaindriokusumo09 Feb 2021

TB Usus Penyebab Meninggalnya Uztaz Maaher, Kenali Ciri dan Cara Penularannya!

Ustaz Maaher At-Thuwailibi meninggal dunia pada senin pukul 19.45 WIB. Menurut keterangan, almarhum sempat mengalami infeksi TB usus.  Apa ciri dan cara penularan TB Usus ini?

TB atau tuberkulosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Umumnya, bakteri ini menyerang sistem pernapasan, khususnya paru-paru. Mengutip dari Detik Health, menurut dokter spesialis penyakit dalam dari RSCM, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, penyakit TB juga bisa menginfeksi organ lain atau kerap disebut sebagai TB ekstra paru (extra pulmonary TB).

"TB ekstra paru itu istilahnya bisa terjadi dari ujung rambut sampai ujung kaki kejadiannya. Bisa ke otak dan dikenal dengan sebutan meningitis TB, mata  maka menjadi TB mata, kulit  menjadi TB kulit," kata Prof Ari. "Kemudian di kelenjar getah bening juga bisa, kemudian bisa di liver, bisa di ginjal, dan bisa mengenai usus," lanjutnya.

Baca juga: TB Tulang Membuat Duniaku Sebatas Kamar Tidur

Bagaimana ciri-ciri?

Ada beberapa tanda umum jika terkena TB, misalnya, mengalami demam sekitar 37,5 derajat celcius, meriang dan berkeringat di malam hari, dan berat badan menurun.  Kalau dia TB usus, dia diare, mencret. Diarenya kronik lebih dari dua minggu. Diarenya biisa darah lendir. Mencretnya sedikit-sedikit, tapi ada darah lendir," ungkapnya.

Kenapa TB bisa menyerang usus?

Pada dasarnya TB akan menginfeksi paru-paru, namun bakterinya juga bisa menginfeksi organ lain melalui darah dan kelenjar getah bening. Bisa saja beberapa pasien mungkin di parunya tidak ditemukan penyakit, jadi hanya  numpang lewat saja dan ternyata peyakitnya menetap di organ lain," jelasnya. Tetap prosesnya dia masuk lewat paru, tapi dia tidak menunjukkan gejala di paru, tapi langsung menyebar ke seluruh tubuh," tuturnya.

Bagaimana cara penularan TB Usus? BACA DI HALAMAN SELANJUTNYA ya Moms.

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan