Now Reading
Agar PJJ Lebih Nyaman, Ini Tips Membangun Ruang Belajar dan Bermain Anak

Agar PJJ Lebih Nyaman, Ini Tips Membangun Ruang Belajar dan Bermain Anak

annisast
ruang anak

Pembelajaran jarak jauh atau PJJ membuat urgensi anak punya ruang belajar sendiri jadi lebih tinggi. Apa saja yang harus disiapkan?

Sudah hampir setahun sejak anak harus sekolah di rumah. Bagi mommies dengan anak lebih dari satu atau ada banyak anggota keluarga di rumah, ruang belajar yang nyaman jadi krusial agar anak bisa belajar dengan lebih fokus.

Selain itu, pandemi yang entah kapan akan berakhir juga jadi urgensi tersendiri karena belajar di rumah bukan lagi solusi sementara. Bisa jadi 2 tahun ke depan anak masih perlu belajar di rumah sehingga kenyamanan ruangan harus diperhatikan.

Dan jangan lupakan tugas utama anak yaitu bermain! Bermain adalah hak anak nomor satu dalam Konvensi Hak-Hak Anak PBB. Bermain punya banyak manfaat dari mengembangkan motorik kasar dan halus, mengembangkan kemampuan berpikir, dan meningkatkan kecerdasan emosional dan sosial. Sehingga punya tempat berrmain khusus tentu akan menyenangkan bagi anak.

Apa saja yang harus diperhatikan saat ingin membangun ruang belajar dan bermain untuk anak?

Pilih furniture yang aman dan sesuai ukuran anak

Kursi dan meja belajar yang sesuai dengan ukuran anak sangat penting untuk kesehatan postur tubuh dan tingkat konsentrasi. Untuk anak yang lebih kecil, pastikan pula keamanannya. Kursi beroda bisa jadi berbahaya bagi anak yang senang memanjat dan sulit duduk diam.

Sesuaikan budget dengan value parenting yang dipegang

Misal ingin anak bisa lebih mudah membaca buku, mommies bisa memilih rak yang terbuka dengan cover buku terlihat, buku ditumpuk ke samping. Juga dengan rak mainan, pastikan anak bisa jelas melihat mainan apa saja yang dimilikinya sehingga ia bisa memilih mainannya sendiri. Menempatkan buku dan mainan terlalu tertutup membuat eksplorasi anak jadi terhambat dan seringkali ia melupakan mainannya karena tidak terlihat. Namun tetap sesuaikan budget ya, jangan sampai membengkak dan menganggu cash flow bulanan.

Libatkan anak dalam pemilihan segala sesuatunya

Kamar, ruang bermain, atau ruang belajar anak seharusnya jadi tanggung jawab anak. Ia yang akan menghabiskan banyak waktu di sana jadi libatkan anak sehingga ia punya rasa memiliki pada ruangannya. Biarkan ia memilih warna cat, furniture, dan hargai pendapatnya.

Pastikan ventilasi cukup.

Ini seringkali terlupakan padahal ventilasi cukup dengan cahaya matahari bisa membuat ruangan lebih sehat. Buku dan mainan pun akan lebih awet karena ruangan tidak lembap.

Pilih cat dinding yang aman.

Cat dinding bisa saja mengandung zat berbahaya dan mengganggu sistem pernafasan si kecil. Serta faktanya, tembok rumah bisa menjadi media penularan virus lho! Jadi pastikan pilih cat dinding yang mampu menangkal virus serta aman bagi kesehatan keluarga terutama anak.

Seperti Nippon VirusGuard yang mengandung Silver-Ion antimikroba dari Nippon Paint yang sudah diuji di tahun 2020 oleh laboratorium independen berstandar global nalytical Lab Group (ALG) terhadap Human Coronavirus ATCC VR-740, strain 229E.

Hasilnya terlihat efektivitas 99.9% membasmi virus dalam 24 jam setelah kontak dengan lapisan cat yang mengandung teknologi Silver-Ion dari Nippon Paint. Anti virus dan anti bakteri Silver-Ion dalam produk Nippon VirusGuard ini bekerja aktif selama lapisan cat menempel di dinding dengan kondisi tidak rusak atau terkikis.

Nippon VirusGuard juga tidak berbau, rendah VOC, dan punya banyak pilihan warna jadi cocok digunakan baik untuk di rumah, kantor, maupun rumah sakit, sekolah, hotel, tempat ibadah sampai pusat perbelanjaan.

Informasi lengkap bisa klik di sini ya, moms: Website & Customer Care

Baca juga:
PJJ Bukan Memindahkan Tugas Guru ke Orang tua
Anak Cuti Sekolah Selama PJJ, Ini Alasan Saya

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top