banner-detik
LIFESTYLE

Ingin Hemat Listrik Selama Pandemi, Coba 6 Cara Ini

author

annisast28 Jan 2021

Ingin Hemat Listrik Selama Pandemi, Coba 6 Cara Ini

Selama pandemi dan kita jadi lebih banyak diam di rumah, tagihan listrik juga naik lumayan ya! Bagaimana agar listrik bisa lebih hemat?

Ada beberapa cara tentunya dan dibutuhkan kedisiplinan serta niat untuk memulai sesuatu yang baru. Kalau sudah terbiasa, tidak akan terasa berat lagi, kok!

Begini beberapa cara menghemat listrik di rumah:

Pakai listrik prabayar dan tentukan daya listrik rumah sesuai kemampuan

Listrik prabayar memungkinkan kita untuk mengatur pemakaian sesuai token yang kita isi. Di luar itu, daya listrik juga berpengaruh lho! Misal rumah kita berdaya 2200 VA, dengan demikian kita akan otomatis tidak akan menyalakan banyak peralatan elektronik sekaligus karena listriknya tidak akan kuat. Jika memang belum mampu, jangan ditambah!

Jika menambah ke 3500 VA, kita jadi akan merasa listriknya masih cukup sehingga menyalakan berbagai peralatan elektronik sekaligus dan berakhir tagihan listrik kita membengkak.

Ganti lampu hemat listrik

Pemakaian lampu meski terasa kecil namun jika titiknya banyak dan tidak menggunakan lampu hemat listrik seperti LED akan terasa juga pada pemakaian. Jangan lupa matikan lampu saat sedang tidak digunakan atau gunakan sensor lampu yang memungkinkan lampu mati sendiri jika pintu ruangan ditutup.

Perhatikan penggunaan AC

AC di rumah hampir 24 jam menyala saat pandemi ini! Selain bisa lebih cepat merusak AC, kulit juga jadi lebih kering dan pertukaran udara jadi kurang baik karena kita menutup pintu dan ventilasi saat AC menyala. Solusinya, di pagi hari matikan AC dan buka ventilasi. Baru nyalakan kalau cuaca sedang benar-benar panas.

Cabut steker saat tidak dipakai

Steker yang masih terpasang juga menyedot listrik lho! Pastikan cabut berbagai peralatan yang tidak dipakai seperti charger HP misalnya.

Perhatikan watt alat elektronik

Peralatan elektronik yang memancarkan panas biasanya butuh listrik lebih banyak sementara selama pandemi ini kita bereksplorasi banyak sekali ya? Siapa yang jadi beli air fryer atau oven? Ahahaha.

Memperhatikan maksimal watt yang terpakai dalam sebuah alat elektronik bisa membantu kita mengirit listrik. Contoh air fryer, wattnya beragam sekali. Bisa dicek watt yang sesuai dengan kemampuan ya. Lalu jika masih bisa menggunakan jenis energi lain, alihkan saja. Contoh, memanggang steak. Air fryer menggunakan listrik tapi kompor menggunakan gas yang tentu bisa lebih irit.

Perbanyak tanaman di dalam rumah dan perhatikan ventilasi udara

Ventilasi udara dan menyimpan tanaman di dalam rumah membuat rumah menjadi sejuk. Rumah pun lebih sehat dan tidak pengap karena udara berputar. Untuk ruangan tertentu, mommies bisa pertimbangkan untuk menggunakan exhaust fan dibanding AC karena lebih hemat listrik namun tetap bisa memutar udara.

Baca juga:

5 Rekomendasi Oven Untuk Teman Memasak di Rumah

7 Alat Masak Favorit Untuk Meningkatkan Kemampuan di Dapur Selama Karantina

Follow us on Instagram!

Share Article

author

annisast

Ibu satu anak, Xylo (6 tahun) yang hobi menulis sejak SD. Working full time to keep her sanity.


COMMENTS