Now Reading
5 Rekomendasi Masker yang Aman Digunakan

5 Rekomendasi Masker yang Aman Digunakan

Di tengah gempuran Covid-19, pemakaian masker pun menjadi hal yang wajib. Agar tidak salah, ini rekomendasi masker yang aman untuk dikenakan.

Kasus Covid-19 bisa dikatakan belum juga berakhir, di Indonesia sendiri jumlah penderita masih terus bertambah menuju angka fantastis. Pada hari jumat lalu, total penambahan kasus sehari mencapai 13.632 kasus dengan total kasus di Indonesia menjadi 965.283. Maka, meski vaksin sudah hadir, gaya hidup sehat di era pandemi masih tetap diwajibkan, salah satunya pemakaian masker.

Semakin ke sini, masker pun menjadi bagian dari gaya hidup, hadir dengan berbagai bahan dan model, yaaaang sayangnya belum tentu aman untuk digunakan. Ditambah, makin ke sini, orang semakin abai terhadap protokol kesehatan yang satu ini. Umpama mmemakainya pun, tak jarang dikenakan dengan asal-asalan. Semogaaaa, kita bukan termasuk di dalam golongan ini ya 😊.

Maka, berikut rekomendasi masker yang aman untuk digunakan agar kita dan orang-orang tersayang terlindungi.

Baca juga: Berbagai Macam Tes Covid-19, Mana yang Paling Akurat?

Masker Duckbill

Memiliki bentuk yang lebih unik dibanding masker pada umumnya. Bagian depannya tampak lebih mancung. Masker ini hadir dengan 3 lapisan di dalamnya sehingga mampu memberikan perlindungan lebih maksimal mencapai 95%. Di antaranya dari debu, bakteri, virus, dan partikel udara lainnya. Lapisannya juga diklaim mampu memberikan perlindungan dari kelembapan. Bahannya juga lembut sehingga mengurangi kemungkinan mengalami iritasi kulit! Untuk harga, satu dus masker duckbill bisa didapatkan dengan harga kurang dari Rp 50 ribu. Masker duckbill hanya bisa digunakan sekali pakai, ya! Sedikit catatan, ukurannya yang bisa dibilang cukup kecil, akan kurang cocok bagi pemilik wajah berukuran besar.

Masker Sensi Surgical Face Mask

Masker satu ini juga dijual dengan harga yang murah dan juga dilengkapi 3 lapisan pelindung, baik itu melindungi virus, bakteri, serta partikel udara lainnya, dan mampu menjaga masker tidak mudah lembap. Penggunaannya pun hanya satu kali pakai. Ukurannya terbilang cukup besar dan mampu menutupi area wajah dengan lebih maksimal. Tersedia berbagai varian warna yang bisa dipilih. Masker ini juga tersedia untuk ukuran anak-anak dengan motif menggemaskan.

Masker N95

Diklaim mampu memberikan perlindungan ekstra hingga lebih dari 90%, kemampuannya yang baik tersebut ditunjang dari adanya tiga lapisan filter yang dimiliki. Lapisan terluarnya mampu menyaring partikel debu yang berukuran besar, sedangkan lapisan terdalam dan lapisan tengah dilengkapi filter elektrostatik. Filter elektrostatik ini mampu menyaring debu, virus, dan partikel udara lainnya dengan maksimal. Masker ini dilengkapi dengan headloop berbentuk karet sehingga penggunaannya akan nyaman bagi pengguna hijab. Masker N95 memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan Masker Duckbill Sensi dan masker Sensi Surgical Face Mask.

Masker Anti Polusi 3M 9001V

Mampu menyaring udara yang berasal dari polusi sehingga sangat dianjurkan untuk mereka yang sering berhadapan dengan polusi udara. Penggunaannya efektif dalam menyaring partikel kecil seperti virus, partikel udara bebas minyak, asap, debu halus, partikel padat lainnya. Hal ini dikarenakan lapisan yang dimiliki begitu tebal. Tidak tanggung-tanggung, masker 3M 9001V ini dilengkapi dengan filter 4 lapisan di dalamnya yang terdiri dari resistensi pernafasan dan filtrasi. Namun, masker ini hanya bisa digunakan sekali pakai. Penggunaan masker ini juga terbilang sangat nyaman. Tidak membuat pengguna merasa sesak. Namun harganya terbilang cukup mahal.

Masker Pitta Mask

Pitta Mask seringkali disebut dengan masker K-Pop mengingat banyak idol Korea Selatan sering menggunakan masker jenis ini. Masker Pitta Mask terbuat dari material nano fiber elastis yang sangat nyaman. Meski hanya dilengkapi dengan satu lapisan, Pitta Mask tetap mampu memberikan perlindungan optimal perihal menyaring debu dan serbuk sari. Berbeda dengan masker-masker yang sudah disebutkan di atas, Pitta Mask bisa digunakan secara berulang. Hanya perlu mencucinya setiap kali selesai digunakan. Namun ingat, pastikan masker sudah kering maksimal sebelum kembali digunakan. Jika masker sudah rusak atau terdapat noda yang sulit hilang, segera ganti masker. Karena masker yang rusak tidak akan mampu memberikan perlindungan yang maksimal seperti saat dalam kondisi baru. Umumnya, masker ini bisa digunakan sebanyak 3 hingga 5 kali.

Itu tadi rekomendasi masker terbaik untuk digunakan setiap hari. Setiap merek dan jenis masker memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sesuaikan dengan kebutuhan serta tingkat kenyamanan ya. Jangan lupa barengi dengan kebiasaan selalu mencuci tangan.

Jadi, mana masker yang menjadi favorit Mommies selama ini?

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top