Now Reading
Tips Atasi Kutu Rambut Pada Anak dan Produk Rekomendasinya  

Tips Atasi Kutu Rambut Pada Anak dan Produk Rekomendasinya  

siscachristina

Hari gini masih ada anak yang kutuan? Masih! Ini tips atasi kutu rambut pada anak lengkap dengan produk rekomendasi untuk membasmi si kutu. 

Jangan gusar dulu, sebab kutuan bukan pertanda jorok. Walau biasanya respon pertama kita dalam hati saat mendapati kutu di rambut anak: “hiyyy, kok bisa kutuan, sih, Nak?”, alias jijik. Apalagi merasa sudah rajin keramas dan menjaga kebersihan diri anak, dan rasanya di rumah nggak ada yang kutuan! Lalu bagaimana kutu rambut bisa hinggap di kepala anak?

Cara Penularan Kutu Rambut

Serangga kecil berkaki enam ini menempel di kulit kepala dan leher serta memakan darah manusia. Kutu berukuran sebesar biji wijen, sementara telur kutu lebih kecil lagi, dan melekat pada rambut di dekat kulit kepala. Penderita kutu akan merasa gatal di kulit kepala, dan bisa sampai ke leher dan telinga.

Kutu menyebar melalui kontak langsung dengan penderita, dari kepala ke kepala. Tapi, kutu nggak bisa lompat atau terbang, melainkan merayap dengan cepat. Inilah cara kutu hinggap di kepala orang. Paling sering, kutu menulari anak usia prasekolah hingga SD di tempat-tempat seperti penitipan anak, sekolah, arena olahraga atau bermain. Umumnya mereka bermain dengan jarak dekat dan banyak melakukan kontak rambut-ke-rambut, atau berbagi benda yang biasa digunakan di kepala seperti sisir, topi, jepit rambut, dan sejenisnya.

Tips Atasi Kutu Rambut Anak

Ada beberapa solusi untuk mengatasi kutu rambut pada anak, di antaranya:

  • Gunting rambut anak, ini cara awal paling efektif untuk membasmi kutu. Kutu perlu menghisap darah setiap 12-24 jam. Kutu tidak bisa hidup lebih lama tanpa inangnya.
  • Gunakan serit untuk merontokkan kutu dari rambut. Berhubung serit ini bisa menyebabkan kusut, sisir dulu rambut dengan sisir biasa. Gunakan serit setelah keramas saat rambut masih basah.
  • Bersihkan seluruh area rumah terutama yang paling banyak bersentuhan dengan kepala seperti sprei, sofa, topi dan sebagainya.
  • Cuci barang-barang yang digunakan penderita seperti pakaian, aksesoris rambut, sisir, dan sebagainya dengan air panas.
  • Sebagai pencegahan penularan, minimalkan penderita untuk kontak dengan orang lain.
  • Gunakan sampo anti kutu atau obat kutu untuk membasmi kutu secara menyeluruh.

Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Rambut

Berikut ini beberapa produk yang bisa mommies coba untuk mengatasi kutu rambut pada anak:

Anti Lice Freshy Shampoo

Praktis digunakan karena berbentuk sampo. Tidak mengandung zat lindane, sehingga aman bagi anak-anak. Sampo anti kutu ini dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp50.000.

Lice Not Nice Family Care Shampoo

Juga berbentuk sampo, produk ini ampuh membasmi kutu rambut pada anak. Tanpa kimia berbahaya, sampo ini nggak hanya bagus untuk membasmi kutu, tapi juga dapat menyubukan rambut anak. Kandungan minyak zaitunnya bisa melembutkan rambut. Oleskan 2-3 kali seminggu ke kulit kepala anak yang sudah dibasahi, pijat merata, kemudian bilas. Harga: Rp40.000.

Shirami Shampoo

Berbahan alami zat aktif ekstrak Citrus Lemonium dan Allium Cepa, Shiramo Samphoo membantu mengatasi kutu dan rasa gatal, serta memberi rasa segar di kulit kepala. Diperkaya dengan ekstrak kemiri dan minyak zaitun untuk melembutkan rambut. Gunakan dengan cara keramas seperti biasa dan pijat kepala anak untuk membasmi kutu secara tuntas. Harganya serkitar Rp149.000.

G-Walet Shampoo

Sampo berbahan herbal ini mampu membasmi kutu dan telur pada rambut, sekaligus dapat menyuburkan rambut anak. Tidak mengandung pestisida dan tidak membuat kulit kepala terasa panas. Gunakan setiap kali anak keramas selama kutuan. Harga produk ini di pasaran sekitar Rp20.000.

Tumbonan

Berbentuk spray, Tumbonan adalah obat kutu herbal yang terbuat dari daun dan kulit batang tanaman pipturus incanus yang dipercaya sejak dulu mampu membunuh kutu rambut pada anak. Semprotkan pada rambut anak secara merata, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Dengan harga Rp20.000-Rp30.000, Tumbonan juga efektif membasmi ketombe, dan aman digunakan oleh anak-anak.

Tumoklin, pembasmi kutu dari bahan herbal

Ini juga terbuat dari bahan herbal, jadi aman di kulit kepala anak. Cara penggunaannya mudah, mommies hanya perlu semprotkan pada rambut si kecil secara merata untuk membunuh kutu dan telurnya. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas rambut si kecil hingga bersih. Harga: Rp20.000

Peditox

Peditox sudah dikenal sejak lama keampuhannya untuk hilangkan kutu di rambut anak. Harganya terjangkau, sekitar Rp10.000-Rp20.000. Oleskan Peditox pada rambut si kecil, tunggu beberapa saat sebelum dibilas. Namun hati-hati, peditox bisa menimbulkan rasa panas di kulit kepala. Jangan sampai terkena mata, ya.

Semoga mommies nggak jijik lagi berhadapan dengan kutu di rambut anak, ya!

Baca juga:

8 Rekomendasi Sampo untuk Rambut Rontok

Apa Benar Rambut Bayi Harus Dicukur?

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top