Now Reading
7 Destinasi Hiking dan Trekking yang Dekat Dari Jakarta

7 Destinasi Hiking dan Trekking yang Dekat Dari Jakarta

dewdew
Travel photo created by pressfoto - www.freepik.com

Sejak pandemi, kategori olahraga favorit jadi bertambah. Setelah sebelumnya sepeda, sekarang hiking dan trekking jadi kesukaan baru. Di mana hiking yang dekat dari Jakarta?

Iya, soalnya olahraga yang satu ini bisa dilakukan bareng-bareng sekeluarga, plus bonus liburan sejenak dari engapnya aktivitas di rumah saja akibat pandemi. Buat mommies yang lagi suka trekking atau hiking, menyusuri kebun teh, atau mencari curug, berikut ini 7 destinasi hiking dan trekking yang dekat dari Jakarta. Jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan, ya, karena pandemi Covid-19 sesungguhnya belumlah berakhir.

Ini beberapa destinasi hiking dan trekking yang dekat dari Jakarta:

Curug Cibereum Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

            Image: www.wisatacibodas.com

Trekking atau hiking menuju air terjun Cibereum ini jalurnya cukup bersahabat untuk anak-anak. Bersama mereka biasanya menghabiskan waktu sekitar 4 jam menuju curug ini. Tapi kalau misalnya hanya berdua, dan rombongan dewasa, bisa mencapai air terjun tersebut selama 2 jam saja. Curug Cibereum berada di kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Sebenarnya di lokasi ini ada 3 air terjun. 2 curug yang lebih kecil dari curug Cibereum adalah curug Cidendeng dan Cikundul. Siapkan uang sekitar Rp 16.000-18.000 per orang untuk masuk ke area ini. 

Hutan Pinus di Gunung Pancar Sentul

Image: www.gunungpancar.com

Ada dua hal yang jadi aktivitas terkenal di gunung Pancar, yaitu pemandian air panas dan trekking di hutan Pinus. Di hutan pinus ini, udaranya segar dengan aroma khas pohon pinus. Katanya, sih, menyehatkan karena mampu menyerap racun-racun di udara. Hutan ini berada pada ketinggian 800 mdpl. Saat ini Gunung Pancar memang lagi jadi primadona masyarakat ibukota, soalnya nggak usah jauh-jauh keluar Jakarta. Jika naik kendaraan pribadi, dari tol Jagorawi, mommies bisa keluar di Sentul KM 37, blok kiri dan ikuti saja jalan utama ke arah Jungle Land. Sebelumnya belok kanan melewati jalanan perkampungan. Tips buat mommies, mengingat gunung ini juga merupakan tempat ziarah, perhatikan busana yang digunakan, ya. Pakailah pakaian yang layak dan sopan, supaya ‘nggak ada apa-apa’ :)

Gunung Bunder Bogor

Image: www.wisatabagus.com

Kawasan wisata ini memang masih kalah pamor dengan Puncak Bogor. Eits, tapi sejak pandemi, gunung Bunder mulai dilirik. Terletak di Taman Nasional Halimun Salak, kabupaten Bogor, Gunung Bunder memiliki pepohonan rindang dan jalur trekking yang cukup bersahabat. Dari Jakarta sampai ke sini kurang lebih hanya satu setengah jam. Dekat, kan? Selain jalur trekking yang menyenangkan, terdapat beberapa Curug yang kalau mommies dan keluarga datang di saat sepi-sepinya, seperti curug milik sendiri. Ada beberapa curug seperti curug Pangeran, curug Ngumpet, dan curug Cigamea. 

Hiking di Gunung Munara Bogor

Image: www.travel.detik.com

Buat yang hobi naik gunung atau trekkingnya muncul akibat pandemi, alias pemula banget, gunung Munara di Bogor bisa jadi tujuan yang tepat. Lebih sering disebut bukit daripada gunung, area ini punya trekking yang lumayan. Lebih banyak yang naik, lalu nggak lama turun. Tapi buat mommies yang ingin mencoba camping di sini, banyak spot yang bagus. Lokasinya juga nggak terlalu jauh. Terletak tak terlalu jauh dari pasar Parung, di daerah bernama Rumpin. Biaya masuknya juga cukup murah. Untuk mobil Rp 10.000 per kendaraan dan Rp 10.000 per orang. 

Gunung Batu Jonggol

Image: www.travel.detik.com

Buat mommies yang pengalaman trekkingnya sudah lumayan, gunung Batu di Jonggol ini bisa dilirik. Gunung ini tidak bisa dijadikan tempat wisata bareng keluarga, terutama untuk anak-anak, ya. Soalnya jalur trekkingnya nggak ramah buat mereka, cenderung curam, dan sempit. Walau begitu untuk sampai ke puncak hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Walau dengan jalur yang lumayan menantang. Berani coba?

Bukit Alesano

Image: www.wisatainfo.com

Bukit ini berlokasi di desa Cipelang, kecamatan Cijeruk, kabupaten Bogor. Nggak terlalu jauh, kok, dari pusat kota Bogor. Paling-paling hanya sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor lama yang dibutuhkan untuk sampai ke sini. Bukit ini memang lagi hits, terutama suasana malam harinya. Lebih baik memang camping di sini seusai hiking supaya maksimal menikmati pemandangan malamnya. Untuk bisa masuk ke sini akan ada biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 rupiah. Kalau mommies dan keluarga memutuskan camping di sini, akan dikenakan biaya Rp 15.000 per orang. 

Curug Cibadak Loji Bogor

Image: www.cimanggubogor.com

Jangan sampai salah, curug ini adalah curug Cibadak di Bogor, bukan Garut, ya. Letaknya sendiri ada di kaki gunung Salak. Trekking dari titik awal ke curug ini diperlukan waktu 45 menit jalan normal. Kalau mau lebih santai, ya, kira-kira 1 jam lah, ya. Apa lagi kalau bawa anak-anak. Berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, curug Cibadak memiliki air yang dingin dan jernih. Paslah kalau mau mandi-mandi di sini. Jalur trekking juga aman karena sudah dibeton. Pas kan buat melepas penat? Bawalah bekal yang cukup, karena jarang ada warung di area perjalanan.

Demikian beberapa rekomendasi tempat hiking dan trekking yang dekat dari ibukota. Mau mencoba?

Baca juga:
Biaya Liburan di Nihi Sumba, Resor Mewah di Timur Indonesia
Mulai dari Camping hingga Hiking di Tanakita

Follow us on Instagram!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top