Now Reading
7 Manfaat Sentuhan pada Bayi yang Wajib Mommies Tahu

7 Manfaat Sentuhan pada Bayi yang Wajib Mommies Tahu

Manfaat sentuhan pada bayi ternyata ada banyak, dan mengingat ini mudah dilakukan, boleh banget lho semakin sering menyentuh si kecil.

Di tengah kesibukan sebagai orangtua baru, sebenarnya ada kegiatan yang ‘mudah’ sekali untuk dilakukan ibu untuk bayinya, yaitu menyentuh. Sentuhan fisik dari ibu pada bayi menjadi elemen yang fundamental untuk sistem kekebalan serta perkembangan otak bayi.

Baca juga: Tanda-tanda Bayi Stress

Manfaat lainnya seperti:

  • Mempengaruhi perkembangan fisik.
  • Mempengaruhi kemampuan berbahasa dan kognitif lainnya.
  • Meningkatkan emosi positif.
  • Mempengaruhi kompetensi sosial.
  • Menghasilkan pertumbuhan atau tumbuh kembang yang optimal.
  • Mempengaruhi sistem genetis pada otak bayi, sehingga bayi dapat lebih mengendalikan stress.
  • Memberikan rasa tenang bagi orang tua.

Berdasarkan hasil temuan tentang efek sentuhan pada bayi, Professor Francis McGlone, seorang pakar Neuroscience terkemuka yang merupakan Head of the Somatosensory & Affective Neuroscience Group, dan juga President of the International Association for the Study of Affective Touch, serta Professor of Neuroscience, Liverpool JM University, UK, memaparkan, “Sentuhan yang lembut tidak hanya dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi, tetapi juga membantu mendukung sistem kekebalan, mempengaruhi suasana hati, tingkat stress dan banyak manfaat yang lain.”

Baca juga: 12 Penyakit Kulit pada Bayi dan Anak

Dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, seorang dokter pediatri atau spesialis anak, di acara peluncuruan Cussons Baby Powder, juga berpendapat yang sama dengan pemaparan Professor Francis McGlone, bahwa pijatan lembut pada bayi akan meningkatkan rasa keamanan, kenyamanan, serta bonding orangtua dan anak. Apalagi jika ditambah dengan penggunaan produk yang terbukti aman dan nyaman.

Ketika memberikan sentuhan fisik kepada bayi, ibu juga bisa menggunakan aroma wewangian agar menimbulkan perasaan bahagia pada bayi, serta membantu bayi mengenali hubungan positif antara sentuhan dan aroma yang menyenangkan.

Baca juga: Kisah Jung In, Bayi 16 Bulan yang Meninggal di Tangan Orangtu Angkatnya

Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Turunkan Suplai ASI

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top