Now Reading
8 Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Ruang Terbuka

8 Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Ruang Terbuka

siscachristina

Semua pasti tahu, outdoor play adalah salah satu aktivitas paling penting buat anak-anak. Apalagi selama pandemi, berkegiatan di luar ruang berkurang drastis. Ini rekomendasi tempat bermain anak di ruang terbuka.

Mumpung liburan, saatnya ajak anak-anak main di luar lagi. Selain ngusir jenuh, permainan aktif dan tidak terstruktur di luar ruangan memberi anak waktu untuk berinovasi, berpikir dan berefleksi, sambil gerak tentunya. Anak-anak bakal dapetin yang namanya mens sana in corpore sano. Beberapa rekomendasi tempat bermain anak di ruang terbuka berikut bisa jadi pilihan buat mengisi liburan anak.

Scientia Square Park

Ini arena bermain anak wajib kunjung. Saya sendiri suka banget tempat ini. Anak-anak selalu betah berlama-lama main di sini. Semuanya serba terbuka, hijau, dan modern. Berlokasi di Tangerang, taman rekreasi keluarga seluas 7.500 m2 ini menyajikan berbagai arena permainan seru yang melibatkan motorik hingga sensori, serta kegiatan edukatif buat anak-anak.

Oya, selama holiday season, dari 19 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021, Scientia Square Park menyulap areanya jadi bernuansa Woodland Christmas. Ada beragam aktivitas seru yang bisa dinikmati bersama keluarga seperti Christimas bazaar, Christmas snow, puppet show dan Christmativity yaitu serangkaian aktivitas seru buat anak-anak seperti tie dye, mindfulness coloring, kite decoration, alpaca mask, pot painting, paper reindeer dan sebagainya. Kayaknya menarik banget ya? Untuk lengkapnya mommies bisa kunjungi websitenya langsung.

Branchsto Equestrian Park BSD City

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BRANCHSTO BSD (@branchsto)

Nggak jauh dari Scientia Square Park, ada Branchsto Equestrian Park di BSD City. Di tempat wisata yang memadukan peternakan kuda dan kuliner ini, anak-anak bisa menunggang kuda poni kecil atau besar, mengendarai ATV atau gokart, naik kereta mini, naik andong, belajar kuda pacu, memberi makan kuda hingga memanah. Seru banget pasti! Buka setiap Selasa sampai Minggu (pk. 09.00-17.30), Branchsto nggak ngenain tiket masuk buat pengunjungnya. Cukup membayar wahana yang ingin dinaiki anak-anak, mulai dari Rp25.000 hingga Rp400.000 per wahana.

Wisata Trekking Sentul

Belakangan, wisata trekking di area Sentul, Bogor lagi hype. Nggak jauh dari pusat ibukota, ajak anak-anak lebih dekat dengan alam dengan menelusuri jalan di sekitar Gunung Pancar, menikmati pemandangan hutan dan sawah, menghirup tenangnya hutan pinus, dan bermuara di air terjun. Ada beberapa air terjun yang bisa dikunjungi di sekitar lokasi ini, seperti Curug Bidadari, Curug Hordeng, Curug Barong, dan Curug Leuwi Hejo. Aman buat anak-anak nggak?

Dari beberapa review teman, family trip ini sudah bisa diikuti oleh anak berusia mulai 4 tahun. Mommies bisa kontak beberapa penyedia jasa tur Sentul seperti Pesona Trekking Sentul, Jakarta Trekking Sentul, atau cek hashtag #trekkingsentul di Instagram buat cari review yang paling pas buat keluarga.

Kuntum Farm Field

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Agrowisata Bogor (@kuntumfarmfield)

Masih di sekitar Bogor, Kuntum Farmfield adalah kawasan agrowisata yang beralamat di Jalan Raya Tajur No. 291 Bogor – Jawa Barat, nggak jauh dari pusat Kota Bogor, dekat Tol Jagorawi. Kegiatan yang bisa dilakukan di sini yaitu games tangkap ikan, melihat kerbau albino yang langka, panen sayur organik, berinteraksi dengan hewan ternak, melukis caping dan bakul hingga berkuda. Untuk info jam buka dan HTM bisa dicek di sini.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari punya beberapa ketentuan berkunjung di era new normal, yaitu: setiap Senin dan Selasa tutup untuk maintenance, Rabu-Jumat hanya melayani wisata tur kebun buah secara drive thru (reservasi dulu), Sabtu, Minggu dan hari libur melayani kunjungan wisata on the spot tanpa harus reservasi. Kalau mau ajak main anak, sih, pastinya lebih asik datang langsung ya, biar puas. Berniat menginap? Ada beberapa akomodasi tersedia seperti Rumah Pohon, D’cabin dan Family Camp.

Kampung Main Cipulir

Siapa sangka di area selatan Jakarta ada wahana outbond anak? Di Kampung Main Cipulir, anak-anak bisa ber-outbound ria, naik flying fox, naik perahu, bermain lumpur, trampoline, paint ball, sdan berbagai fun games lainnya. Biayanya juga ramah banget di kantong, mulai dari Rp5.000 hingga Rp25.000 (semoga belum naik, ya) per wahana.

Capek, lapar? Nggak usah khawatir, ada gubug-gubug lesehan tempat istirahat, jalan setapak (reflexology path) buat mommies yang ingin merasakan pijatan dari batu-batu alami setelah lelah jagain si kecil bermain, juga resto. Saran saya sih, lebih baik bawa bekal dan alat makan sendiri berhubung masih pandemi begini, plus lebih terasa sensasi pikniknya. Tapi cek dulu ya, bisa bawa makanan dari luar atau nggak.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman budaya yang luas banget ini biasanya nggak kelar dijelajah dalam sekali kunjung. Jadi kalau mommies udah pernah ke TMII, nggak ada salahnya ajak anak-anak lagi dan mengunjungi wahana-wahana yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Buat saya pribadi, tempat bermain anak ini belum ada matinya. Untuk harga tiket masuk dan wahana selengkapnya bisa dicek di sini. Oya, sesuai dengan instruksi Gubernur DKI Jakarta, di tanggal 25 dan 31 Desember 2020, dan 1 Januari 2021, TMII tutup sementara, ya. Sebelum datang, cari info dulu via Whatsapp ke 081310003740.

Taman Mangrove Jakarta

Rindu wisata air tapi masih khawatir berenang? Coba ke Tamang Mangrove Jakarta. Mommies sekeluarga bisa berwisata air naik perahu kano, sepeda air kodok, perahu dayung atau bahkan naik speed boat sambil menyusuri satu-satunya hutan di Jakarta ini. Berwisata ke sini juga sekaligus mengajarkan si kecil pentingnya hutan mangrove sebagai “obat polusi” kota Jakarta.

Kira-kira, minat ajak anak main ke mana, mommies? Semoga rekomendasi tempat bermain anak di ruang terbuka ini bermanfaat. Ingat, kemanapun perginya, tetap terapkan protokol kesehatan, ya! Selamat berlibur.

Baca juga:
Biaya Masuk SD Jakarta Barat dan Jakarta Utara Tahun 2021
Dokter Anak Favorit para Ibu di Jakarta dan Sekitarnya

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top