Now Reading
7 Cara Mendapatkan Bentuk Payudara Indah

7 Cara Mendapatkan Bentuk Payudara Indah

RachelKaloh

Karena bentuk payudara memegang peran penting terhadap rasa percaya diri wanita.

Kalau ditanya, “Kapan, sih, kamu merasa bentuk payudaramu lagi keren-kerennya?” Jawaban kita pasti berbeda-beda. Ada yang merasa bentuknya sempurna pas lagi hamil mulai trimester tiga, ada yang bentuknya lagi bagus-bagusnya selama masa menyusui, ada yang justru pas menyusui malah menyusut dibanding ketika hamil, dan ada yang begitu anak lahir, bentuknya udah nggak keruan. Setahun kemudian, sudahlah, jangan ditanya, nggak enak banget dipandang karena udah diobrak abrik sama si bos kecil. Begitu sukses menyapih, barulah kita bisa sedikit demi sedikit mengembalikan bentuknya.

Dari situs multivu.com, ditemukan bahwa meskipun menjadi ibu meningkatkan rasa percaya diri secara keseluruhan, 40% ibu merasa kurang senang dengan payudara mereka setelah memiliki anak, setengahnya merasa kehilangan bentuk “sempurna”-nya, dan 63% mengakui bahwa payudara mereka kendur setelah menjadi ibu.

Baca: 5 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Payudara Kendur

Shortcut-nya, sih, ya, operasi! Tapi kan, nggak ada yang menuntut penampilan kita harus selalu sempurna, bak artis ;D, Pak suami juga biasanya nrimo aja (ya, awas aja kalau enggak! Hahaha!) Nggak ada salahnya juga, kok, kembali memikirkan bentuk payudara dan berniat untuk melakukan perawatan. Nggak perlu besar juga, sih, yang penting bentuknya enak dilihat dan kita bisa menerimanya. Karena bentuk payudara kan tidak bisa disamaratakan untuk semua orang.

So, apa yang bisa kita lakukan untuk punya bentuk payudara indah?

Pilih bra yang sesuai ukuran

Seberapa dari kita yang merasa ukuran bra sudah pas dengan yang seharusnya? Menurut Suzanne McKenna, Global Head dari Triumph, salah satu brand bra, “Ukuran bra yang tidak tepat bisa merusak rasa percaya diri wanita, bahkan merusak harinya.” Itulah sebabnya, membeli bra baru itu selalu menjadi kebutuhan wanita, karena ukuran payudara seorang wanita bisa berubah dalam setahun. Ketika hamil, kita butuh penyesuaian, begitu anak lahir, kembali butuh ukuran dan jenis bra yang mendukung proses menyusui. Setelah anak disapih, jenis dan ukuran bra kembali perlu disesuaikan dengan kebutuhan kita. 

Manfaatkan “fitur” bra 

Jaman sekarang, pilihan bra sudah semakin banyak. Ada yang bentuk push up, biasanya dilengkapi busa lebih banyak di bagian bawah untuk menyangga payudara. Ada juga yang bentuknya hanya berupa penutup di bagian depan payudara, dilengkapi dengan tali yang dapat ditarik sehingga dada merapat dan membentuk belahan yang kita inginkan.

Baca juga: Menerima Perubahan pada Tubuh Pasca Melahirkan

Tidur menghadap ke atas

Saking teparnya, seringkali kita membiarkan tubuh kita tidur dengan tengkurap. Padahal, kebiasaan tersebut dapat mempercepat timbulnya kerutan di area payudara. Selain itu, mungkin selama kita tertidur, rasanya nyaman-nyaman saja, namun saat terbangun, kita akan lebih berisiko mengalami keluhan pada bagian tubuh lainnya, seperti leher dan punggung.

Pijat payudara secara rutin

Memijat payudara dapat meningkatkan kemungkinan payudara untuk kembali ke bentuk semula, sama seperti kulit. Ini salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat payudara kita. Lakukan setelah mandi. Ingat, sering-sering menyentuh area payudara akan membuat kita lebih aware ketika terjadi sesuatu. 

Baca juga: Yuk, Sayangi Payudara Mulai Sekarang

Pelembap dan masker payudara

Bukan hanya wajah yang perlu dipastikan senantiasa lembap, payudara juga! Gunakan pelembap khusus payudara dengan kandungan alami seperti centella asiatica yang dipercaya secara turun temurun dapat meningkatkan pergantian sel dan peredaran darah di kulit. Bila digunakan di area dada, kulit akan terasa lebih kencang dan kenyal. Atau, gunakan masker khusus payudara yang dapat menjaga kesehatan kulit serta membantu memberikan volume pada payudara. Gunakan produk-produk tersebut secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Olahraga dengan gerakan yang mendukung bentuk tubuh, khususnya dada

Gerakan-gerakan seperti push up menghadap dinding, mengangkat beban (dumbell) dengan posisi terlentang, memutar lengan ke arah depan, push up samping (mengangkat tangan ke arah kiri dan kanan), dan berbagai gerakan lain bisa Anda coba untuk dilakukan secara rutin demi mengubah payudara yang kian menurun. Jangan lupa, ya, wajib gunakan sport bra selama berolahraga!

Tidur dengan bra atau tanpa bra? Mana lebih baik?

Khusus poin ini, memang pro dan kontra. Buat busui, sih, sebaiknya tetap pakai bra, karena ASI bisa keluar anytime bahkan ketika bangun pagi. Buat yang sudah tidak lagi menyusui, menggunakan bra yang tepat selama tidur akan membantu menjaga payudara tetap pada tempatnya. Namun, pastikan Anda memilih bra yang tepat, hindari bra berkawat, push up dan bra yang memberikan efek merapatkan belahan dada karena biasanya akan mengganggu kenyamanan Anda selama tidur. Gunakan bra seperti pada lingerie, yang biasanya sudah menempel di baju dan tidak memiliki kawat maupun karet yang terlalu kuat.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top