Now Reading
Melissa Lionardi: Olahraga Membuat Saya Merasa Feel Good About Myself dan Berpikir Positif

Melissa Lionardi: Olahraga Membuat Saya Merasa Feel Good About Myself dan Berpikir Positif

RachelKaloh

“Olahraga, selain fisik pasti akan lebih kuat, secara psikis pun jadi lebih sehat dan minim pikiran negatif.” 

Buat Melissa Lionardi, me time-nya adalah berolahraga. Karena kebiasaan rutin berolahraga ini sudah terbentuk sejak lama, maka ketika pandemi menuntutnya untuk berdiam di rumah, ini bukan penghalang! Berikut cerita dan tips dari Melissa supaya tetap bisa konsisten bergerak setiap hari.

1. Apa yang membuat Melissa akhirnya menjadi orang yang rutin berolahraga?

Awalnya setelah punya anak, saya merasa me time saya itu saat olahraga. Jadi saya sempatkan satu kali dalam sehari untuk olahraga, biar bisa menikmati me time. Saya mulai dari yang ringan, yoga 20 menit per hari, setiap hari selama 90 hari. Setelah jadi kebiasaan harian, mulai naikin intensitas, jadi 45 menit. Coba memasukkan pound fit, TRX secara perlahan. Kemudian, mulai latihan functional training sama PT dan juga ikut group class di beberapa fitness studio.

2. Selain functional training, jenis olahraga apa lagi yang dipilih dan frekuensi olahraganya seperti apa?

Sekarang ini baru mulai belajar lari dan sepeda, karena bukan strength saya di sana, tapi saya penasaran untuk bisa latihan endurance. Oh, ya, saya ambil rest day satu kali seminggu, karena itu yang cukup buat saya. Tiap orang beda-beda, ya, fitness level nya, baiknya selalu konsultasikan dengan coach/PT.

3. Dengan rutin berolahraga, manfaat apa yang Melissa rasakan baik secara fisik maupun psikis?

Selain fisik pasti lebih kuat, secara psikis pun jadi lebih sehat dan minim pikiran negatif. Saya juga jarang sakit, walau tetap harus dengarkan badan ya, jangan sampai terlalu capek. Dan rutin olahraga membuat saya tidak moody. Karena mood ini penting banget buat saya. Olahraga membuat saya merasa feel good about myself dan jadinya positif aja bawaannya.

4. Alat bantu untuk olahraga yang favorit?

Untuk functional training, biasa pakai dumbbell/barbell. Ini agak love and hate. Karena kalau berat, rasanya berat banget..  tapi senang kalau bisa naik bebannya.

5. Aplikasi fitness atau yang berhubungan dengan olahraga yang digunakan?

Aplikasi Sweat: Easy to use dan banyak program yang bisa dipilih untuk semua fitness level, dan programnya sudah termasuk latihan setiap hari, menu makanan, rest day, step counter, dll.

Live workout: F45 Zoom Live

Belum bisa olahraga di studio karena PSBB, jadi aku ikut zoom workoutnya. Tetap seru latihannya!

6. Tempat olahraga favorit?

Sebelum PSBB : F45 Pondok Indah, sekarang ini, sih, di rumah sendiri.

7. Tips untuk working momagar mereka rutin berolahraga?

Konsisten dilakukan setiap hari. Walau low intensity seperti jalan kaki atau yoga dan dimulai hanya 20 menit per hari, sangat besar pengaruhnya. Bangun kebiasaan perlu 90 hari minimal, jadi usahakan kalau baru memulai, lakukan 90 hari tanpa bolong. Menurutku lebih berpengaruh kita lakukan olahraga ringan setiap hari, dibanding olahraga berat tapi satu kali seminggu.

8. Bagaimana cara menularkan gaya hidup cinta olahraga ini ke anak?

Dengan menjadi contoh setiap hari, karena mindset anak bisa terbentuk dari yang dia lihat. Kalau nggak olahraga, ya, nggak enak. 

Karena umur anak saya sudah 6 tahun, saya cukup encourage dia main di luar. Saya juga daftarkan kegiatan basket anak di Lil Hoopsters baik online maupun tidak. Dan sebagai aktivitas dan rekreasi, aku mulai mencoba untuk hiking/trekking bersama keluarga di Sentul. Jalan di hutan dengan berbagai medan. Perjalanan bisa 4-5 jam, cukup challenging dan seru.

9. Tantangan yang kerap bikin malas olahraga apa, dan bagaimana cara melawannya?

Kalau lagi PMS, wah males banget. Jadi biasanya ganti olahraganya jadi low intensity. Biasanya mood juga jadi lebih baik setelah dua hari, lalu langsung kembali latihan biasa.

10. Akun Instagram atau orang yang memotivasi kamu untuk terus aktif berolahraga?

@evolve.nation, @kayla_itsines, @alexia_clark, @melanieputria. Selain share workout programs, mereka sering kasih insightful workout tips seperti postur, unlocking new skills dan inspiring results dari programnya. Jadi lihatnya memotivasi banget.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top