7 Manfaat Baking Soda Untuk Tanaman

dewdew

Buat yang lagi senang berkebun selama pandemi, coba gunakan baking soda. Karena ternyata manfaat baking soda untuk tanaman ada banyak, lho!.

Soda kue, atau natrium bikarbonat, biasanya terletak di lemari dapur. Iya, soalnya fungsi utamanya tentu ada di seputaran masak memasak atau memanggang kue. Nyatanya, soda kue juga punya fungsi lain untuk tanaman, lho, mommies. Ini beberapa manfaat baking soda untuk tanaman.

Manfaat Baking Soda - Mommies Daily

Photo by Neslihan Gunaydin on Unsplash

Baca juga:

Tips Menyimpan Buah dan Sayuran Agar Tahan Lama

Manfaat baking soda sebagai fungisida

Dilansir dari situs Gardening Know How, baking soda memiliki fungsi sebagai fungisida yang efektif dan aman dalam mengatasi embun tepung (powdery mildew) dan beberapa penyakit jamur lain yang bisa kita temukan pada tanaman. Senyawa yang terdapat pada soda kue, tampaknya memang mencegah beberapa spora kambuh, namun sayangnya tidak membunuh spora.

Baking soda pada umumnya tidak membahayakan, tetapi juga bukan obat mujarab bagi beberapa jenis jamur. Sebagai fungisida, soda kue terlihat mengurangi efek penyakit jamur pada tanaman hias dan sayuran. Untuk itu organisasi ATTRA (National Sustainable Agriculture Information Service) di Amerika Serikat menyarankan untuk menggunakan sodiumnya pada solusi 1% saja sisanya adalah air yang dilarutkan dengan soda kue.

Perbandingannya adalah larutkan satu sendok teh baking soda dengan satu liter air. Lalu semprotkan larutan tersebut ke tanaman yang berjamur.

Manfaat baking soda sebagai herbisida dan insektisida

Paling sebal kalau sudah melihat tanaman gulma atau lumut yang tumbuh di sekitar tanaman hias kita, ya, mommies. Nah, soda kue ini sangat bisa membunuh gulma-gulma tersebut. Tinggal taburkan saja soda kue ini tanpa perlu dilarutkan dengan air, maka beberapa hari kemudian tanaman gulma atau lumut tersebut akan mati dengan sendirinya. Sementara buat yang sedang merawat tanaman sayuran seperti kale, brokoli, atau sawi, soda kue juga bisa berfungsi sebagai insektisida. Ulat yang menghabisi daun-daun sayuran mommies bisa mati dengan cara ditaburkan campuran tepung dan soda kue dengan perbandingan 1:1 .

Manfaat baking soda yang bisa mengurangi bau kompos

Buat mommies yang suka membuat kompos sendiri, pasti fasih kalau kompos berasal dari sampah daun yang membusuk dan baunya lumayan bikin kita ingin pakai masker terus-terusan, ya, kan? Nah, untuk mengurangi bau yang tidak sedap dari kompos, mommies bisa coba menyemprotkan larutan air dan baking soda ke dalam kompos yang dijadikan pupuk tanaman.

Manfaat baking untuk memperpanjang kesegaran bunga hias

Nah, ini tips buat mommies yang suka memetik bunga di taman dan menaruhnya di vas untuk hiasan di ruang tamu atau ruang keluarga. Supaya usia kesegaran bunga lebih panjang, tambahkan baking soda ke dalam air yang digunakan di dalam vas. Bunga-bunga mommies bisa berumur lebih panjang sebagai penghias ruangan.

Baca juga:

Hobi Baru Selama Pandemi: Berkebun!

Cara Membuang Sampah Elektrik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top