Now Reading
Yang Punya Hobi Baru Berkebun Selama Pandemi, Yuk, Merapat!

Yang Punya Hobi Baru Berkebun Selama Pandemi, Yuk, Merapat!

dewdew

Kondisi di rumah saja selama pandemi membuat kita mulai mencari-cari aktivitas demi mengalahkan rasa bosan. Iya, nih, daripada tidak melakukan apa pun, kebanyakan dari kita lalu gatal mencoba hobi baru. Selain baking, gowes, menjahit, hingga melukis, berkebun jadi salah satu aktivitas yang digemari belakangan ini.

Berkebun selain merupakan aktivitas yang menyehatkan karena bisa membakar kalori (sumpah, deh, gembrobyos banget kalau lagi gardening) ternyata juga membuat mental tetap waras, lho. Kegiatan ini, kan, secara nggak langsung menghubungkan kita dengan alam.

tanaman untuk pemula

Nah, ketika kita bersentuhan dengan tanah, menanam tanaman, serta sabar menunggu hasilnya, membuat banyak orang yang suka berkebun tumbuh jadi manusia yang sabar, penuh kasih, serta mampu merawat diri dan lingkungannya dengan baik. Ya, walaupun nggak semuanya juga, sih. At least jadi lebih sabar, demikian penelitian menyebutkan.

Tips berkebun untuk pemula

Yang saat ini lagi ingin berkebun tapi nggak tahu bagaimana harus memulainya, coba simak tips di bawah ini dari Agronet, ya.

Pilih menanam biji, benih atau bibit?

Sebelum memulai, pahami dulu apa itu biji, benih, dan bibit. Ketiganya seringkali disamakan padahal memiliki arti berbeda. Biji merupakan satu bagian tanaman yang berfungsi sebagai unit penyebaran perbanyakan tanaman secara alamiah.

Sementara benih sendiri merupakan biji tanaman yang telah diproses khusus sehingga bisa jadi sarana memperbanyak tanaman. Untuk bibit, ia merupakan benih yang telah berkecambah, umumnya telah berbentuk tanaman muda, terdiri dari akar, batang, hingga daun walau bentuknya masih mini. Buat mommies yang super sabar, bisa mulai dari benih, Kalau saya, sih, tipe kurang sabar. Biar cepat terlihat prosesnya, pilih bibit saja.

Lokasi menentukan prestasi

Yang pasti tumbuhan memerlukan sinar matahari yang cukup untuk bisa tumbuh. Nah, matahari pagi dan siang itu berbeda, jadi pastikan tata letak tanaman yang mau ditanam sudah mommies ketahui kebutuhannya akan sinar matahari, ya. Ada beberapa tanaman yang tidak kuat kena sinar matahari lama-lama, tapi ada juga yang tahan banting, kena sinar matahari siang pun tetap tumbuh dengan perkasa.

Pilih pupuk yang tepat

Belum ahli membuat kompos sendiri? Ya, sudah, beli saja. Banyak, kok, sekarang pupuk kompos yang sudah siap pakai.

Sesuaikan media tanam

Mommies bisa memerhatikan media tanam, tempat nanti tanaman akan ditanam. Beri jarak antara satu bibit dengan bibit lain agar nanti saat tumbuh dan berkembang nggak saling tumpang tindih. Kalau mommies memilih pot, perkirakan besar tanaman, untuk menyesuaikan ukuran pot.

Kenali jenis tanaman

Saat ini mendapatkan info tentang tanaman mudah, kok. Tinggal browsing, mommies bisa mengenali jenis-jenis tanaman. Proses ini diperlukan termasuk dalam menentukan jenis tanaman berdasarkan waktu tanam, hingga iklim/cuaca. Beberapa jenis tanaman perlu lingkungan tertentu untuk tumbuh, sementara jenis lainnya butuh waktu beberapa bulan. Pastikan sebelum menanam, supaya tak kecewa di kemudian hari. Sudah susah-susah menanam, malah enggan berbunga.

Jenis tanaman yang lagi hits namun mudah dipelihara

Di tahun 2020 ini, berikut adalah jenis tanaman hias yang lagi populer. Jangan heran, ada yang harganya sampai Rp 80 juta, lho.

Calathea Black Lipstick

Jenis Calathea satu ini cukup unik, daunnya berwarna hijau gelap keunguan, cenderung ke hitam namun memiliki garis warna merah muda yang serupa dengan lipstik.

Janda Bolong Monster Variegate

Monstera memang sudah beberapa tahun ini naik daun. Nah, yang sekarang makin terkenal adalah Janda Bolong Monstera Variegate. Keunikannya adalah warnanya belang. Ada yang hijau tua, tapi juga ada yang warna putih mengilat. Cocok buat interior yang minimalis

Karet Kebo

Sering juga disebut Karet Merah, tanaman yang mudah perawatannya ini semakin banyak peminatnya. Yang penting ditempatkan saja di area yang memiliki sirkulasi udara cukup agar kuat bertahan hidup.

Aglonema

Memiliki nama khas lokal yaitu Sri Rejeki, tanaman yang memiliki semburat merah muda pada sisi daun ini cocok untuk para pemula. Perawatannya tidak sulit bahkan tahan berada di ruangan AC.

Chinese Money

Tanaman yang memiliki daun bulat seperti uang ini memiliki nama botani Pilea Peperomioides. Cukup mudah menanamnya karena tidak terlalu suka air yang berlebih, jadi pas untuk dijadikan tanaman indoor. Tempatkan di dekat jendela yang banyak terpapar matahari agar tumbuh subur.

Baca:
Pilihan Tanaman yang Cocok Untuk Setiap Ruang di Rumah Kita
Mau Mulai Berkebun? Beli Tanaman di Toko Online Saja, Praktis!
Pelihara 5 Tanaman Ini, Supaya Udara di Rumah Mommies Sejuk!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top