Now Reading
Serba-Serbi Wajan Cast Iron

Serba-Serbi Wajan Cast Iron

dewdew

Mulai dari jenis masakan yang cocok untuk dimasak menggunakan wajan cast iron, cara merawatnya yang nggak mudah-mudah amat hingga beberapa brand pilihan favorit para ibu-ibu.

Saat ini wajan berbahan dasar cast iron sedang populer digunakan untuk memasak. Ramai mommies yang tertarik dan membeli wajan ini walau harganya tak murah. Sebelum memutuskan untuk ikut menggunakan wajan cast iron, yuk, coba cari tahu kenapa, sih, dinamakan cast iron? Mudahkah perawatannya?

Apa itu cast iron?

Cast iron merupakan bahan metal yang terbuat dari perpaduan beberapa logam seperti besi kemudian dipanaskan hingga meleleh, dan dicetak dalam berbagai bentuk, salah satunya dibentuk menjadi wajan. Yang membedakan materi cast iron dengan logam lain adalah kemampuannya mengalir pada cetakan saat masih berupa lelehan. Cast iron dikenal tahan terhadap deformasi dan keausan, serta kandungan karbonnya membuat material ini bisa dilas. Itulah mengapa cast iron bisa juga ditempa sebagai wajan.

Cast iron bisa digunakan untuk semua masakan?

Sebenarnya sah-sah saja untuk digunakan mengolah berbagai bahan makanan, selama Anda nggak keberatan sedikit merasakan rasa logam di masakan, terutama saat memasak bahan makanan yang bersifat asam seperti saus tomat. Risiko kesehatannya rendah, sih, hanya akan sedikit merasakan rasa logam di saus bolognese, misalnya. Hal ini disebabkan karena zat asam bisa bereaksi jika bertemu logam, akibatnya partikel logam sangat mungkin meresap ke dalam makanan.

Sebelum mulai mengolah makanan menggunakan wajan atau pan cast iron, pastikan sebelumnya mengoleskan oil atau seasoning secara merata, ya. Nah, masakan yang paling pas menggunakan wajan cast iron adalah steak. Hasilnya bisa optimal banget kalau mengolah steak di atas wajan logam ini. Usahakan untuk menggunakan peanut oil, canola oil, grapeseed oil, atau avocado oil untuk mematangkan steak karena oil tersebut memiliki titik asap yang tinggi. Sate atau bahan makanan yang di-grill juga cocok diolah pada wajan ini.

Serba Serbi Wajan Cast Iron - Mommies Daily

Cara merawat wajan cast iron

Berikut ini cara memperlakukan cookware berbahan cast iron agar awet dan tetap mulus:

Setelah baru dibeli, cuci dengan air panas dan sabun cuci piring. Keringkan di atas api kecil supaya cepat kering. Tuang sedikit minyak dan usap seluruh permukaannya dengan tisu dapur. Kemudian panaskan di atas kompor atau oven selama 30 menit. Segera simpan cookware cast iron di tempat kering dan bebas air agar tidak berkarat. Proses di atas akan membentuk lapisan anti lengket pada wajan cast iron.

Pastikan langsung membersihkan wajan setelah selesai memasak, ya. Agar sisa makanan seperti telur atau saus jadi mengeras dan lengket.

Hindari mencuci cookware cast iron dengan digosok sabun dan air saja. Mommies cukup mengelapnya saja dengan tisu dapur bila tak terlalu kotor, atau mencuci dengan air panas dan sabun, hingga menggosok dengan garam dan dilap dengan lap bersih.

Tips lain dalam membersihkan cookware cast iron adalah dengan menuangkan segelas air panas saat masih di atas kompor, lalu setelah bisa dipegang, segera cuci.

Hindari meninggalkan cookware cast iron di dalam bak cuci piring dan terendam air dingin, karena dapat menyebabkan permukaannya retak.

Dan, berikut, beberapa merk alat masak berbahan dasar cast iron yang banyak diminati ibu-ibu:

Bima Chinese Wok
Lodge Deep Skillet
Modena Grilled Plate
Lodge Cast Iron Grilled Pan
Le Creuset Dutch Oven

Secara harga, Le Creuset Dutch Oven yang paling mahal karena panci ini berada di kisaran harga 13 juta, hahahaha. Berikutnya baru Lodge.

Siap dengan harga dan keribetannya?

Baca juga:

Review Tableware Lokal yang Cakep Banget dan Instagramable

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top