Now Reading
Inspirasi Kegiatan Seru untuk Para Ibu Hamil di Tengah Pandemi

Inspirasi Kegiatan Seru untuk Para Ibu Hamil di Tengah Pandemi

RachelKaloh

Nggak bisa rutin cek kandungan, nggak bisa babymoon, tapi banyak yang tetap bisa dilakukan #dirumahaja selama hamil.

Buat Mommies yang sedang hamil di masa-masa sekarang ini, paham banget kalau rasa cemasnya jadi bertambah. Selain keterbatasan melakukan cek up rutin di RS, karena menurut saran dari banyak dokter kandungan, kalau memang tidak ada keluhan selama hamil, cek up bisa ditunda.

hamil

Belum lagi, ritual lain yang mau nggak mau sepertinya mesti dihapus dari list, seperti: baby shower, upacara nujuhbulan, babymoon, dan belanja kebutuhan bayi di mall. Kalau kata Tanya Larasati yang sedang hamil anak ketiga, “This is not easy, but it’s going to be worthy!

Supaya tetap happy and less worry, beberapa hal seru ini bisa dicoba.

Maternity Virtual Photoshoot

Buat mommies yang usia kandungannya lagi cantik-cantiknya, alias lagi memasuki masa-masa glowing, rambut enak diatur, kulit mulus, ukuran perut sudah kelihatan besar, tapi belum bikin ngos-ngosan, nah, pas banget buat jadwalin maternity virtual photoshoot, seperti yang dilakukan Andien, Vinna Gracia dan Mesty Ariotedjo.

maternity

Meski di tengah pandemi, nggak sedikit fotografer yang tetap menjual jasa mereka dengan melakukan virtual photoshoot. Kalau kebetulan punya teman yang bisa melakukannya, go ask them, no one could ever say no to preggos.

Virtual Baby Shower

Sudah tiga bulan #dirumahaja, pasti seenggaknya salah satu anggota keluarga sudah ada yang mengadakan pesta ultah virtual, dong? Artinya, baby shower juga bisa dilakukan secara virtual, pakai zoom maupun aplikasi video conference lain.

Jadi host sendiri juga nggak masalah, tentukan dresscode dan tema yang seru buat semua tamu yang diundang. Yang paling penting dari acara baby shower adalah, semua yang hadir wajib memberikan doa atau pesan spesial buat calon orangtua. Ide lengkap mengenai apa saja yang mesti disiapkan, intip di sini.

Online Class: Pregnancy Workout

Untuk kesehatan diri sendiri dan janin, yang nggak kalah perlu dilakukan adalah olahraga. Tenang, sekarang ini juga banyaaak banget online class workout yang bisa kita ikuti, tidak terkecuali olahraga khusus bumil, seperti yoga, pilates, bahkan breathing workout (cek Instagram @nujuhbulanstudio, @birth.imwithu, @sanakithnkin).

Ikutan kelas online yang isinya sesama ibu hamil bakalan membantu kita untuk tetap positif, karena kita tahu di masa sulit seperti ini, masih ada harapan akan kehidupan. Ingat juga kalau kita tetap perlu membuat si kecil di dalam perut merasa bahagia dan sadar kalau ia sangatlah dinantikan.

Fokus dengan checklist yang penting

Masa-masa berdiam di rumah saja, tuh, semacam membuat kita jadi lebih banyak berkomunikasi sama diri sendiri. Termasuk menyadari bahwa sebetulnya, nggak babymoon itu nggak masalah, malah budgetnya bisa dipakai buat beli kebutuhan bayi (atau ibunya).

Kalau lagi nggak pandemi, nih, kita bisa, tuh, ke mall hampir setiap weekend, tapi ujung-ujungnya, begitu sudah makin dekat sama waktu lahir, baru sadar kalau dari sekian banyak list yang kita susun, masih ada saja yang belum sempat kita siapkan. Selagi kita di rumah saja, yuk, lebih fokus siapkan yang memang perlu disiapkan.

Bikin Pregnancy Journal/Memory Book

Source: blossomandpear.com
Source: blossomandpear.com

Saking leluasanya beraktivitas di luar rumah ketika kita masih di masa “normal yang dulu”, kita seringkali cenderung mengandalkan yang serba mudah dan instan. Salah satunya, ngandelin aplikasi kehamilan buat memantau perkembangan janin.

Padahal, nih, kalau memang niatnya ada dan didukung dengan banyaknya waktu di rumah, kita bisa lho bikin jurnal kehamilan sendiri. Isi dengan foto USG yang kita dapat setiap bulan, BB janin, lengkap dengan laporan yang disampaikan oleh dokter saat sesi konsultasi. Sekalian masukkan checklist kebutuhan bayi. Yang penting, rajinlah mengisi jurnal ini, bahkan sampai si kecil lahir. Suatu saat kita akan sangat tersentuh ketika membaca lagi buku ini saat anak sudah besar.

Semangat, Mommies!

Baca:
Aturan Melahirkan di Saat Pandemi
Daftar Hal Menyebalkan yang Tak Sadar Saya Lakukan Setelah Melahirkan
Menurut Riset, Ayah yang Ikut Cuti Melahirkan Ingin Anak Lebih Sedikit

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top