Come Rain Come Shine - Mommies Daily

Review Film Korea: Come Rain Come Shine, Ketika Hyun Bin Jadi Suami Tersakiti

Penggemar film Korea Crash Landing On You, juga wajib nonton film Come Rain Come Shine. Soalnya ada Hyun Bin! 

 Come Rain Come Shine - Mommies Daily

Siapa yang belum bisa move on dari Captain Ri di Crash Landing On You? Kalau begitu Anda harus nonton Come Rain Come Shine, ketika Hyun Bin jadi suami teraniaya. Selain aktingnya yang cukup baik, tatapan melakonlisnya di film ini sungguh tergemash dan saya jamin dalam hati Anda berkata, “Yaudah kalau istrinya nggak mau, buat saya aja sini.” Hahaha….

Ekspresi suami teraniaya

Baru juga mulai film, kita sudah disuguhkan oleh adegan pengakuan perselingkuhan Young Shin (Lim Soo-Jung) kepada suaminya Hwang Ji-Seok (Hyun Bin) saat mereka dalam perjalanan ke airport, karena Young Shin ada tugas dinas ke luar kota. Alih-alih marah Ji Seok menanggapi pengakuan tersebut dengan datar, tanpa ekspresi, malah meminta istrinya untuk tidak usah saja memberitahunya siapa pria idaman lain tersebut. Ia hanya mengiyakan ketika Young Shin memastikan bahwa nanti sepulangnya dari dinas kantor, ia akan segera meninggalkan rumah. Sungguh sebuah percakapan layaknya percakapan datar sama teman. 

Contoh percakapan dengan teman:

A: “Udah makan belum?” 

B: “Belum.”
A: “Kenapa?”

B: “Males.”

A: “Oh, yaudah.”

Nah ini percakapan mereka, tapi baca dengan gaya yang tadi ya. 

Young Shin: “Aku mau pindah.” 

Ji Seok: “Kenapa? Ada cowok lain ya?” 

Young Shin: “He-eh.”

Ji Seok: “Oooh..” 

Ya Allah, kalau saya yang digituin, udah saya dorong, tuh, pasangan saya keluar mobil, terus tebalikin, deh, mobil-mobil yang ada di jalanan. Gedeg.

Tak lama setting pun berpindah ke rumah mereka berdua. Young Shin sudah pulang dan sibuk beberes barang-barang yang akan dibawanya pindah. Ji Seok pun ikut membantu, masih tetap tanpa amarah, manis namun datar, bahkan sempat membuatkan kopi dari cangkir kesayangan mereka berdua. Sweet but mysterious, bukan cuma istrinya, kita pun yang nonton juga gemas, kenapa, sih, nggak marah mas? Udah jelas diselingkuhin, mau ditinggal, malah bantu-bantu. Kan, kesal! Seganteng, sekeren, dan semapan itu, kok, ya diselingkuhin sih? Memang nggak semua perempuan itu pintar! Silakan misuh-misuh, hahahahaha….

Romansa datar yang bermakna dalam

Come Rain Come Shine - Mommies Daily

Film ini menggambarkan kejadian satu hari, hanya mereka berdua, dalam cuaca hujan lebat, sesekali reda diganti matahari, lalu hujan lagi, banjir di mana-mana, membuat mereka terkurung di rumah, tak bisa ke mana-mana. Di sinilah kemudian kita diajak menyusun puzzle, demi memahami cerita ini. Tak hanya melalui dialog antara Ji Seok dan Young Shin tapi juga melalui simbol-simbol pernikahan yang sudah berjalan selama 5 tahun. Penulis dan sutradara tak perlu secara eksplisit menceritakan mengenai mimpi-mimpi mereka, perasaan putus asa, hingga kegamangan pasangan ini. Semua sudah diwakili mulai dari buku masak, cangkir kopi kesayangan yang mereka beli namun jarang digunakan, hingga pintu teras yang susah ditutup. Sungguhlah simbol-simbol yang sering kita temukan dalam hari-hari pasangan yang sudah menikah. 

Film ini bisa sangat terasa membosankan, apalagi alurnya lambat. Tapi menurut saya setiap scene punya makna dalam. Pelan tapi pasti film ini ingin berbicara mengenai betapa pasangan ini sebenarnya hanya kurang komunikatif saja dalam menyampaikan perasaan dan apa-apa yang terasa kurang berkenan di dalam hati. Justru datarnya alur menurut saya merupakan penggambaran sempurna dari sebuah hubungan yang kian tahun kian basi. Sebuah penggambaran mengenai pasangan yang sebenarnya masih saling mencintai, hanya saja percik-percik asmaranya sudah menguap entah ke mana. Sounds so familiar nggak? 

Ujian setiap suami istri

Sepertinya ketika kita terisolasi seperti sekarang ini gara-gara wabah Covid, dipaksa diam di rumah dengan pasangan (with or without kids), apa lagi ketika hubungan kita sedang datar-datarnya, bisa jadi sebuah kesempatan saling introspeksi diri. Kembali menelaah apa yang sudah pernah kita impikan ketika dulu memulai bahtera rumah tangga. Seperti Ji Seok dan Young Shin, selama mereka di rumah saja, mereka jadi mengingat lagi apa yang pernah mereka cita-citakan bersama. Mereka jadi mulai bertanya-tanya apakah situasi ini yang mereka inginkan. Yang paling terombang-ambing tentu Young Shin, sudahlah suaminya nggak marah, masih bersikap manis, terlihat tegar pula. Young Shin sepertinya juga kesal, karena suaminya nggak marah. Apa mungkin ini bentuk dia caper? Penonton jadi nebak-nebak, nih, dia jadi pergi nggak ya?

Come Rain, Come Shine merupakan film lawas Hyun Bin tahun 2011. Saya kurang paham kenapa judulnya diterjemahkan demikian, padahal jika diartikan secara harafiah dari bahasa hangeul 사랑한다, 사랑하지 않는다 artinya seharusnya Love you, Love you not. Menggambarkan perasaan Young Shin, sebenarnya masih cinta nggak, sih, sama suaminya? Pun Ji-Seok, haruskah dia memperjuangkan istrinya atau ya sudah lepas aja, saking datarnya, tuh, hubungan? Ya kalau mau tahu, nonton aja sendiri, ya. Apa lagi kalau Anda bucinnya Hyun Bin. 

 


Post Comment