banner-detik
SELF

10 Kalimat Penguat Bahwa Self-Care Itu Penting!

author

RachelKaloh22 Feb 2020

10 Kalimat Penguat Bahwa Self-Care Itu Penting!

We deserve self-care, cause we gotta help ourselves first before we help others!

Sudah hafal, dong, sama prosedur keselamatan di pesawat bila terjadi perubahan pada tekanan udara? Ya, saat masker otomatis keluar dari atap kabin, kita harus langsung mengenakannya, bahkan sebelum kita membantu memasangkannya pada orang lain, termasuk pada anak.

Express Yourself

Apakah dengan berlaku demikian, kita egois? Tentu tidak, karena bagaimana kita mau menyelamatkan orang lain, kalau keselamatan kita sendiri terancam?

Meski bukan merupakan prosedur keselamatan yang tercantum resmi, seperti yang ada di kursi pesawat, bahkan diumumkan setiap kali penerbangan berlangsung, pada dasarnya self-care adalah salah satu prosedur keselamatan utama seorang ibu sehari-hari.

Sayangnya, prosedur yang satu ini sangat jarang dihimbau oleh lingkungan kita. Padahal, kalau kita sendiri gagal menerapkan yang namanya self-care, keselamatan kita bisa terancam. Wait, bukan hanya diri kita sendiri, tapi keselamatan keluarga kita.

Bukan maksudnya jadi membebankan tanggung jawab keluarga pada peran ibu. Tapi, buat saya sendiri, self care is the least I can do to safe myself from being stressful. Sebelum menjadi ibu, gak pernah ada tuh anggapan bahwa menjaga penampilan dan menghibur diri dari kepenatan itu egois.

Ikutan yoga, kelas dance, zumba, jajan boba, diet, makan cemilan ber-MSG, makan salad sehat, nonton film di bioskop, nyalon, karaoke-an, shopping, pijat refleksi, ladies night bareng sohib, jalan-jalan, main ke toko buku, you name it, apakah hal-hal tersebut terkesan mementingkan diri sendiri? Nope, justru itu adalah bentuk #selflove, memberikan kesempatan untuk nyenengin diri sendiri. Kenapa lalu saat menjadi ibu, hal ini, kok, terkesan egois?

Padahal, sehari-hari, tubuh dan pikiran kita rasanya selalu selangkah lebih maju dari yang lain. Kita tertuntut untuk memastikan semua hal berjalan sesuai rencana yang sudah tersusun sedemikian sempurna, tapi lalu lupa, diri sendiri malah seringkali nggak ada di dalamnya, alias nggak dipikirin.

Yuk, baca kalimat-kalimat positif di bawah ini. Resapilah karena banyak pesan dan makna di dalamnya, yang perlu kita mengerti.

“Be kind. Be patient. Be generous. Be accepting. Be all of these things to yourself. That is where it begins.”

“Surround yourself with those who reflect your own beauty and brilliance back into your heart.”

“Find time to nourish yourself with the pieces of the world that feed your soul.”

“Turn off the world and go within. Rejuvenate & refresh. Open your eyes and begin again.”

“If you are to be a light for those you love, you must find ways to nourish yourself, to feed your fire & keep it burning.”

“Self-care is not a luxury. Indeed not. It allows us to show up in this tumultuous world as the best versions of ourselves.”

“This is your life and you are the curator. Be intentional. Be selective with what you let in.”

“Breathe deeply and allow yourself to let go. If you were able to let it into your world, you are able to let it go.”

“In moments of stress, a cup of tea & a deep breath go a long way.”

“A walk. A deep breath. A stretch. A moment of silence. A smile. You deserve all of these.”

Sumber: seedandsong.com

Baca juga:

Saat Mulai Penat, Katakan Ini pada Diri Sendiri!

Nggak Nyuci, Nggak Masak, Nggak Mompa, Itu Nggak Dosa!

Share Article

author

RachelKaloh

Ibu 2 anak yang hari-harinya disibukkan dengan menulis artikel dan content di media digital dan selalu rindu menjalani hobinya, menjahit.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan