14 Tipe Pertemanan di Mata Remaja

Ditulis oleh: Pilar Sidharta

Suka atau tidak suka, teman sekolah adalah ‘keluarga kedua’ buatku. Hasil pengamatan aku, ada 14 tipe pertemanan di kalangan remaja yang sekarang kerap aku temui. 

melissa-askew-tSlvoSZK77c-unsplashImage: by Melissa Askew on Unsplash

Usiaku 12 tahun dan sekarang aku duduk di bangku SMP. Sebagai remaja, teman adalah kebutuhan hidup. Meskipun, sebetulnya aku anak yang lebih nyaman sendirian. Aku agak sulit bergaul, terutama jika masuk ke lingkungan baru. Tetapi, karena aku bersekolah, dan waktu di sekolah jauh lebih lama daripada di rumah, maka waktuku lebih banyak bersama teman. Suka atau tidak suka, teman sekolah adalah ‘keluarga kedua’ buatku. Kadang, dalam memilih teman, pertimbanganku lebih karena menyesuaikan kebutuhan, kesamaan hobi, obrolan nyambung, atau, ya, karena memang lagi suka-suka aja. 

Nah, untuk memberi gambaran, ini dia tipe makhluk-makhluk bernama anak-anak yang sedang beranjak tumbuh menjadi dewasa, mereka berevolusi menjadi…

1. Tipe Toksik

Teman jenis ini sangat berbahaya! Mereka suka ngomong kasar. Dikit-dikit mengumpat. Saranku, sebaiknya teman jenis ini jangan didekati. Bisa-bisa kita gampang tercemar. Jadi, kalau pulang sekolah anak Anda berkata kasar, jorok, atau vulgar, bukan berarti anak Anda nakal. Ada kemungkinan karena mereka tercemar. Jika ingin tetap berteman dengan tipe ini, ya, coba saja, membuat mereka tidak toksik lagi, dengan memberi nasihat. Kemungkinan populasinya lebih dari 1 di kelas anak Anda.

2. Terlalu Pintar

Nilai-nilai pelajaran selalu tinggi. Mereka rajin belajar. Dekati, tapi jangan coba-coba ngeyel saat ngobrol dengan mereka. Mereka nggak bakal mau kalah! Minimal populasinya pasti ada satu orang yang seperti ini di kelas anak Anda. 

3. Tipe Alay

Dekati jika anak Anda suka main Tik Tok atau nge-vlog. Segala gerak-gerik mereka bisa jadi konten Tik-Tok. Sedikit toksik, sih, tapi mereka anak baik. Jumlah populasinya di kelas anak Anda kemungkinan sekitar 2-6 orang. 

4. Teman Mabar 

Jika anak Anda hobi nge-game, pasti punya teman mabar. Mereka paham banget game-game seru atau yang lagi ngetren sekarang. Punya karakteristik sedikit aneh, agak geek. Aku sendiri punya teman mabar, tidak hanya dari teman sekolah. Ada yang teman SD, bahkan teman dari luar benua, yang aku tidak pernah tahu wujudnya. Selama dia asyik diajak main, oke-oke aja. Kemungkinan jumlah populasi di kelas lebih dari 5 orang. 


5. Anak Ketinggalan Zaman

Anak jenis ini sepertinya masih stuck dengan kesenangan di masa SD-nya. Dia belum bisa menerima fakta bahwa tubuhnya sudah remaja, bukan anak-anak lagi. Kemungkinan di kelas anak Anda pasti ada 1-2 anak jenis ini. 

6. Weeaboo!

Pecinta anime Jepang! Terobsesi banget sama segala yang berbau Jepang. Jika anak Anda suka anime, mungkin dia akan cocok berteman sama anak tipe ini. Tetapi, kelompok Weeaboo sering diejek. Kemungkinan jumlah populasinya sekitar 0-2 orang di sekolah anak Anda. 

Baca juga: Apa yang Sebetulnya Remaja Butuhkan dari Orangtua?

7. Tipe Kutu Buku

Yep. Tipe anak satu ini suka sekali pergi ke perpustakaan sekolah (jika di sekolahnya ada). Ia sering menghabiskan waktu istirahatnya di sana, atau mungkin saja membawa buku sendiri dari rumah. Pokoknya selalu memegang buku. Sering dianggap nerd. Ia adalah salah satu jenis yang jarang dipedulikan, kecuali mungkin oleh guru. Hanya ada kemungkinan 0-1 orang di sekolah anak Anda. 

8. Memer (di baca Mi, Mer,  agar tidak kotor)

Makhluk agak gaib ini yang hobi berkeliaran di Youtube, Reddit, 4Chan, Tumblr, dan lain-lain. Mereka seru diajak ngobrol. Dan, ternyata tipe Memer ada macam-macam lagi. Ada yang suka dark humour, meme biasa, meme sindiran, meme politik, dan lain-lain. Mereka suka ngumpul lalu membahas video/foto/format meme tertentu, lantas ketawa bareng. Kosakata mereka terkadang ada kata-kata kasar seperti shit, fuck, ataupun kata-kata kasar lain yang biasa ada di meme. Mereka tidak menyukai tipe sejarawan, karena dalam obrolan yang membahas meme sejarah, jika terjadi debat pasti dimenangkan oleh sejarawan, karena mereka membaca buku, ha..ha…ha…Kemungkinan jumlah populasinya ada 3-8 orang di sekolah anak Anda. 

9. Tipe Pendiam (Ah… klasik!)

Yang satu ini, dari namanya saja sudah terdengar membosankan. Mereka memang membosankan, dan mereka jarang dipedulikan. Jadi, awas, bisa saja mereka maling tanpa ketahuan (hihihi….bercanda). Tapi kalau jadi teman dekat, mereka baik banget. Jumlahnya kemungkinan 1-2 orang di sekolah anak Anda. 

10. Here comes the music lover!

Ah, pecinta musik klasik, rock, jazz, pop, musik lama, 90’s, 80’s, punk, dan sebagainya. Mereka selalu bersenandung sepanjang hari. Entah di kelas, taman, kantin, lagi duduk sendirian, ya pokoknya di manapun ia berada. Mirip orgil, tapi bukan. Ada kemungkinan 3-10 orang di sekolah dan 2-5 orang di kelas.

11. K-POPer!

Pofile picture bintang Korea, suka sedikit-sedikit berbahasa Korea, bahkan status WA, baju, dan suka nulis-nulis tulisan Korea di papan tulis. Kalau sudah ngobrol dengan sesamanya, orang lain enggak bakal nyambung. Ugh, gimana ya! Jumlah populasinya bisa sampai 6 orang di kelas dan bisa lebih dari 11 orang di sekolah.

12. Tipe Pembully

Bullying is bad. That’s it. Tapi orang seperti ini pasti ada saja. Di manapun sekolahnya. Suka usil, ganggu, ngejek, umpetin barang, malak, kadang sampai fisik, dorong-dorong atau pukul. Selalu cari perhatian. Kalau aku sih, ngadepin orang jenis ini pasti aku lawan. Kalau udah keterlaluan, laporin ke guru. Bikin capek hati memang. Jumlahnya, minimal pasti ada 1 anak yang seperti ini di kelas anak Anda. 

13. Anak Aneh (yang aku enggak tahu harus tulis apa di sini)

Anak yang satu ini, aneh sekali. Kadang gila, kadang nakal banget, tapi lucu dan menggemaskan. Dekati atau tidak, itu keputusan anak Anda. Tapi, yang jelas, mereka tidak membawa masalah atau bencana, kok. Kemungkinan jumlahnya 0,5-1% di sekolah anak Anda. Jika ada, berarti sekolah anak Anda menarik!)

14. Tipe Sejarawan 

Makhluk-makhluk pembaca Wikipedia ini suka menggumpal (ngumpul). Mereka menganggap bahwa tipe mereka adalah tipe terjarang di muka bumi. Mereka suka cari teman ngobrol dan berdiskusi tentang, yah… sejarah! Ada yang suka topik perang, sastra, negara, dan lain-lain. Dan mereka pasti aktif dalam 1. Pelajaran 2. Cerdas Cermat dan 3. Quiz. Mereka termasuk orang-orang yang lumayan pintar, entah kenapa. Mereka kutu buku juga. Suka meme juga (terutama meme sejarah). Kemungkinan jumlah populasinya 0-4 orang di sekolah anak Anda. 

Baca juga: 9 Hal yang Saya Pahami Ketika Membesarkan Anak Remaja


Post Comment