Now Reading
Yang Wajib Diketahui Seputar Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur

Yang Wajib Diketahui Seputar Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur

annisast
jakarta

Presiden Joko Widodo resmi menetapkan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Apa saja fakta yang harus kita ketahui?

Sebetulnya wacana pemindahan ibu kota ini sudah lama sekali lho! Sejak zaman pemerintahan Soekarno, ibu kota sudah direncanakan akan pindah ke Kalimantan. Namun saat itu, Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang akan jadi calon ibu kota baru.

jakarta
(Azka Rayhansyah – Unsplash)

Kini presiden Joko Widodo memutuskan Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Passer Utara sebagai ibu kota baru. Apa saja fakta yang harus kita ketahui seputar pemerintahan itu?

Dinilai strategis

Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Passer Utara jika ditarik secara koordinat, lokasinya ada di tengah Indonesia. Infrastrukturnya juga sudah relatif lengkap dan memang ada lahan milik pemerintah seluas 180ribu hektar.

Hanya sebagai pusat pemerintahan

“Jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan dan terus dikembangkan jadi kota bisnis, kota keuangan, pusat perdagangan, dan pusat jasa,” ujar Jokowi saat konferensi pers di Istana Negara, Senin, 26 Agustus lalu.

Instansi yang akan ikut pindah adalah Istana dan kementerian, DPR, MPR, DPD serta kompleks perumahannya. Lalu MA, MK, dan KY, lembaga keamanan dan pertahanan seperti Mabes Polri dan Mabes TNI. Bank sentral dan perbankan utama, perwakilan negara atau kedutaan besar, infomation and communication technology, perguruan tinggi, dan lembaga penelitian.

Jumlah orang yang akan pindah

Sekitar 1,5juta penduduk akan pindah ke ibu kota baru. Banyak ya! Jumlah ini dihitung berdasar jumlah pegawai negara dan keluarganya. Diperkirakan 200ribu ASN (PNS), 25ribu TNI dan POLRI, serta 300ribu pelaku bisnis.

Risiko bencana minimal

Kalimantan adalah pulau yang paling aman dari gempa karena terletak jauh dengan batas lempeng. Selain gempa, Kalimantan Tengah, Timur, dan Barat juga terbebas dari tsunami. Tidak 100% aman tapi relatif lebih aman dibanding daerah lain di Indonesia.

Dana

Dana yang dibutuhkan untuk memindahkan ibu kota ini mencapai Rp 466 triliun dan hanya 19% nya yang berasal dari APBN. Sisanya berasal dari kerja sama pemerintah dengan badan usaha dan investasi dari BUMN dan swasta.

Akan dilakukan paling lambat di 2024

Saat ini, pemindahan ibu kota sedang dalam tahap persiapan. Tahun depan, pemerintah baru mulai mematangkan regulasi, masterplan, dan desain tata ruang dan langsung akan dibangun di akhir 2020. Rencananya, ibu kota akan siap pindah seluruhnya pada tahun 2024.

(Baca juga: 5 Hal yang Ingin Saya Ajarkan Tentang Politik pada Anak)

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top