4 Hal Penting Tentang Ruang Menyusui di Mall

Mall dengan ruang menyusui nyaman, bagi saya adalah nilai plus. Apa yang penting dan harus ada di ruang menyusui mall?

Saya menyusui sampai 3 tahun jadi mengalami sekali rasanya keluar masuk berbagai ruang menyusui. Ada yang sangat nyaman, ada yang memusingkan sampai benar-benar menunda ke mall itu sampai anak saya berhenti menyusu.

ruang-menyusi

Ada beberapa hal yang penting bagi saya tentang ruang menyusui di mall. Apa saja?

Ada di tiap lantai, tapi jangan cuma satu!

Ini kayanya sulit ya bagi pengelola mall tapi bukan tidak mungkin lho! Mall seperti Lotte Shopping Avenue punya ruang menyusui hampir di setiap dekat toilet tiap lantai.

Di satu ruangan, hanya ada satu changing table (meja ganti diapers) dan wastafel tapi ada dua ruang menyusui tertutup tirai. Ini penting karena ada mall yang ruang menyusui ada di setiap lantai, tapi cuma satu kamar. :(

Jadi saya pernah nih sudah buru-buru, anak sudah rewel, eh ruang menyusui di lantai itu penuh karena hanya ada satu tempat. Jadilah repot harus mencari lagi di lantai lain.

“AEON mall itu mall yg baby friendly, selain nursery room nya yg kece mall ini stiap sudut ada lift , dan smua ibu2 yg bw stroller wajib naek lift , ga kaya tempat lain mas2 kekar malah naik lift mak emak bw anak ngalah” — @tata.akbar di Instagram.

Ada tempat cuci tangan lengkap dengan peralatannya

Ada ruang menyusui yang tak punya tempat cuci tangan atau wastafelnya tidak berfungsi. Sebal sekali karena repot kan mengganti diapers kalau wastafel mati atau bahkan tidak ada sama sekali.

Jadi meja ganti diapers, wastafel, sabun, tisu basah, dan tisu kering itu wajib ada!

“Senayan city! ada sterilizer, disediain kantong buat diapers, tiap changing station ada amenities lengkap” — @ayuna_lm di Instagram.

Sofa nyaman

Ini nilai plus banget. Saya senang ruang menyusui Kota Kasablanka karena selain ada bilik-bilik dengan tirai, ada pula sofa panjang yang bisa digunakan bersama. Sofanya nyaman dengan bantal-bantal empuk, menyusui pun tidak perlu bergantian saking luasnya.

Desain interiornya juga bagussss sehingga bagus difoto ahahaha.

Meja ganti diapers khusus ayah

Ini rasanya sulit ya. Padahal banyak lho ayah-ayah yang pergi ke mall tanpa mama-mama. Mereka biasanya bingung harus ganti diapers di mana karena biasanya meja ganti diapers bersatu dengan ruang menyusui yang hanya bisa dimasuki perempuan.

Masukan banget nih untuk para pengelola mall. Sediakan meja ganti diapers di toilet laki-laki! Atau sediakan ruang anak khusus yang bisa dimasuki laki-laki.

New York sudah menerapkan ini lho. Artikelnya bisa dibaca di sini: New York Wajibkan Meja Ganti Diapers di Toilet Pria

Kalau mommies bagaimana, apa yang penting untuk ada di ruang menyusui atau sekitar ruang menyusui mall?00


Post Comment