Kenapa Saya Membiarkan Anak Merasa Bosan?

Ternyata membiarkan anak merasa bosan, bisa menstimulasi dia di berbagai aspek. Apa saja itu?

Kenapa Saya Membiarkan Anak Merasa Bosan? - Mommies Daily

Padahal ada banyak buku di rak, ada puluhan mainan di kamar, bahkan ada beberapa channel tv untuk anak-anak, tapi kenapa si kecil mengeluh bosan? Merasa tidak ada yang bisa dia lakukan. Eits, tunggu dulu, jangan lantas memberikan mainan atau buku baru, karena ternyata bosan juga ada kebaikannya, lho. 

Saat dia sudah merasa bosan terutama ketika kita punya aturan untuk nggak main gadget di waktu-waktu tertentu, sebenarnya dia punya kemampuan untuk memikirkan dan melakukan hal lain, hal ini jelas bisa mendorong kreativitas mereka. Tak perlu terburu-buru membantunya atau menangani rasa bosannya. Sebenarnya, mereka bisa mengerjakan sendiri, kok, kita bisa membantunya dengan mengarahkan saja. Bukan menyediakan sarananya. 

Ini tips dari Mbak Vera Itabiliana, M, Psi, apa yang bisa kita lakukan ketika anak mengeluh bosan.

T: Adakah sebenarnya dampak baik dari rasa bosan seorang anak?

J: Sebenarnya rasa bosan bisa merangsang kreativitas anak, lho. Ia akan mencari cara untuk hilangkan bosan. Rasa bosan akan mendorong anak mencoba hal baru atau hal lain sehingga anak juga berkembang.

T: Anak merasa bosan itu wajar, haruskah kita sebagai orangtua yang mencarikan solusi agar ia tak bosan?

J: Solusi dicari bersama-sama termasuk mencari sebab kenapa, sih, dia sampai merasa bosan. Kita perlu diskusi dengan anak supaya anak merasa bahwa ini masalah dia, bukan kita orangtuanya.

T: Ketika ia bosan dan cenderung memilih kegiatan yang kita yang kurang setuju, baikkah orangtua melarang?

J: Cari tahu mengapa anak pilih kegiatan tersebut, nanti dari situ kita bisa tahu kegiatan macam apa yang bisa hilangkan bosan anak. Baru setelah itu ajak anak untuk lihat pilihan kegiatan lain yang lebih positif. 

T: Sampai sejauh apa kita sebagai orangtua membiarkan anak merasa bosan?

J: bedakan bosan dengan lelah, lalu ambil jeda sebentar. Anak boleh break sebentar lalu mulai kembali. Rasa bosan memang sebaiknya diatasi, dalam artian begini, merasa bosan boleh-boleh saja tapi anak juga harus terlibat untuk cari cara agar bosannya hilang.

-

Gimana mommies? Jadi nggak buru-buru menghadirkan solusi ketika anak bosan, ya. Dilihat dulu situasinya seperti apa. Selama mencoba!

 


Post Comment