10 Hal yang Ingin Saya Ajarkan Ke Anak Perempuan Saya

Karena dunia terlalu keras jika hanya mengandalkan kecantikan, saya ingin anak perempuan saya belajar tentang beberapa hal berikut ini agar dia lebih siap menghadapi pertandingan di dalam hidupnya.

Menyaksikan tumbuh kembang anak perempuan saya, saya sadar bahwa tidak butuh waktu lama hingga dia memasuki usia pra remaja, remaja kemudian menjadi perempuan dewasa. Begitu banyak hal yang butuh dan harus dia pelajari, dan sudah menjadi kewajiban saya sebagai ibunya untuk mengajarkan banyak hal and I hope that I do a good job of raising her to be a wonderful human.

Ada banyak, banyaaak sekali hal yang ingin saya ajarkan ke anak perempuan saya, but these are some of the most important to me:

10 Hal yang Ingin Saya Ajarkan Ke Anak Perempuan Saya - Mommies Daily

1. Belajar untuk mengekspresikan dan menghargai apa yang kamu rasakan. Keluarkan apa yang kamu rasakan dengan cara yang baik agar kamu mengenali diri kamu sendiri. Marah, sedih, kecewa, adalah hal yang wajar untuk kamu alami, maka tunjukkan dan hargai, lalu kembali tenang.

2. Jangan biarkan rasa takut membuat kamu pada akhirnya tidak berani mengambil sebuah risiko, tidak berani keluar dari zona nyaman, tidak berani melakukan hal yang benar. Karena kadang kita harus mampu melawan rasa takut untuk membuat hidup menjadi lebih baik dan penuh warna.

3. Jangan terlalu fokus pada kecantikan luar karena ini hanya akan membuat hidup terasa berat. Setiap perempuan harus mempunyai nilai-nilai positif lain di dalam dirinya. Kecerdasan, kemandirian, kebaikan hati, yang jauuuuh lebih penting dari tampilan fisik semata.

4. Kamu tidak bisa dan memang tidak perlu membuat semua orang senang. Tidak usah menghabiskan waktu dan energi untuk terus menerus membuat orang lain happy. Kamu berhak untuk menolak ketika orang lain memintamu melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai dan bisa menjatuhkan harga diri kamu.

5. Kita semua pasti pernah melakukan kesalahan dan itu sama sekali tidak kenapa-kenapa. Nggak usah malu dengan kesalahan yang pernah kamu lakukan. Akui kesalahan dan memperbaikinya jauh lebih mudah dibanding kamu menyembunyikannya.

6. Hal seburuk apa pun yang terjadi di dalam hidup kamu pasti suatu saat akan berlalu. Ketika hidup memaksamu untuk berjuang dan mungkin membuatmu menangis, percaya bahwa selalu ada jalan keluarnya. Selalu ingat bahwa kamu memiliki orang-orang yang mencintai dan akan selalu membantu serta mendukungmu. Remember, that you are stronger than anything that gets thrown at you!

7. Kamu tidak usah menjalani hidup seperti apa yang mama jalani selama ini. Ambil yang bagus dari mama dan buang yang buruk. Pilih perjalanan kamu sendiri dan ciptakan kehidupanmu sendiri yang jauh lebih baik dan lebih indah.

8. Take care of yourself physically. Tubuh kita perlu dirawat nak, itu yang kadang lupa kita lakukan. Dan sebagai perempuan, area kewanitaan adalah harta yang berharga dan harus dijaga kesehatannya, karena ketika kita tidak menjaga dengan baik, salah satu risiko yang paling menyeramkan adalah kanker serviks. Jadi sedini mungkin mama harus meningkatkan kesadaran kamu akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan mulai dari hal yang sederhana.

Salah satunya tentang bagaimana cara menjaga kebersihan dan kesehatan yang tepat pada periode menstruasi dan kita harus extra care dengan area kewanitaan kita.

Mama ceritakan dulu ya kenapa hal ini dapat terjadi:

– Menstruasi itu adalah proses biologis yang menunjukkan bahwa kamu sudah dewasa.

– Pada saat menstruasi, risiko infeksi di area kewanitaan meningkat karena adanya medium darah, pembalut, dan juga kondisi yang lebih lembap. Jadi harus ekstra perhatian terhadap cara membersihkannya.

- Cara menjaga kebersihan saat menstruasi itu:

o Jangan malas ganti pembalut. Harus 4 – 6 jam sekali, penuh / tidak penuh harus ganti.

o Bersihkan dengan air mengalir dari arah depan ke belakang. Bukan sebaliknya. Dan harus gunakan tissue satu kali pakai. Jangan pakai handuk!

o Paling penting setelah dia menstruasi: Tidak boleh lagi pakai sabun mandi / sabun bayi untuk bersihkan area kewanitaan karena dapat merusak Flora Normal. Jadi harus pilih pembersih kewanitaan yang khusus untuk saat menstruasi. Karena pembersih kewanitaan saat sehari – hari dan menstruasi itu berbeda!

o Untuk sehari – hari mama pakai, BETADINE FEMININE WASH dengan PREBIOTIK! Nah, PREBIOTIK ini yang berperan menjaga kadar flora normal. Kalau pakai sabun biasa, flora normalnya bisa rusak.

10 Hal yang Ingin Saya Ajarkan Ke Anak Perempuan Saya - Mommies Daily

o Nah, kalau untuk menstruasi, mama pakai BETADINE FEMININE HYGIENE. Ini ada antiseptiknya, jadi bukan untuk sehari – hari. Ini khusus saat menstruasi atau ada keluhan lain.

10 Hal yang Ingin Saya Ajarkan Ke Anak Perempuan Saya - Mommies Daily

o Kalau saat di toilet umum pas lagi travelling, mama selalu siap sedia yang Betadine Feminine Wipes, ada prebiotiknya dan praktis banget karena tinggal flush. 100% Biodegadrable.

Yang paling penting, jangan pernah ragu bertanya ke mama, karena mama akan selalu dengan senang hati menjawab semua pertanyaan kamu :). Jangan sampai kamu taunya dari google atau dari teman. Kan belum tentu benar!

9. Selalu berusaha untuk jujur karena ketika kamu memulai sebuah kebohongan, hidup kamu pasti akan terasa tidak menyenangkan. Life is just much easier when you are honest.

10. Try something new yang akan membawa kamu merasakan banyak pengalaman baru dan menemukan banyak hal menarik di dunia ini di luar hidup yang sudah kami berikan untukmu. I want your world to be full of so many new experiences and opportunities.

Menjadi seorang ibu memang tidak mudah dan kita punya banyak tanggung jawab serta pengetahuan yang wajib kita bagikan ke anak perempuan kita. Selamat menjadi ibu sekaligus pendidik terbaik untuk anak kita :)


Post Comment