Menikmati Liburan di Mall Tanpa Takut Dompet “Jebol”

Liburan harus tetap dinikmati sebagai ajang quality time sama keluarga. Pilihan untuk kita yang tinggal di kota besar, ya ke mall. Tapi jangan sampai keuangan juga bablas begitu saja.

Beberapa waktu lalu, setelah sekian lama nggak ke mall sekeluarga, saya memberanikan diri mengajak Jordy menikmati playground bertemakan “Ice Wonderland.” Sanking jarangnya ke mall (kecuali untuk urusan kerjaan), saya harus menyiapkan nyali, hahaha. Nyali untuk mengeluarkan sejumlah uang, yang jumlahnya WOW!

Menikmati Liburan di Mall Tanpa Takut Dompet “Jebol” - Mommies DailyImage: by Victor Xok on Unsplash

Dari awal saya sudah putuskan mau makan dimana. Mau pilih restoran yang fancy, silakan saja, asal siap merogoh kocek yang nggak sedikit jumlahnya. Nah, ini saya akali dengan memesan makanan dengan porsi besar tapi cukup buat bertiga. Saya malah nggak pesan untuk diri sendiri. Saya sharing olahan mie sama Jordy.  Dan pesan minum yang bisa di-refill.

Selain memilih restoran, saya juga menyiapkan hal ini, pas mau pergi ke mall. Supaya pas liburan berakhir nggak gigit jari:

1. Bikin list mau beli apa yang benar-benar dibutuhkan. Kriterianya: sudah habis, setiap hari dipakai dan mumpung barangnya ada di mall itu. Atau  punya fungsi krusial di dalam rumah.

2. Berikutnya,saya sudah tahu harga tiket playground yang akan dibeli.

3. Membawa tumblr air minum.

4. Pas sampai mall, langsung ke ATM mengambil sejumlah uang yang dibutuhkan. Kan dari awal sudah diperkirakan akan transaksi apa saja.

5. Kalau berasa impulsive ada yang lucu dan tergoda beli. Coba minum dulu. Siapa tahu, perasaan ini muncul karena sensasi lapar atau haus semata.

6. Ternyata godaan impulsive semakin kuat, dan sudah memegang si barang? Coba tanyakan ke diri sendiri

-Jenis barang yang kita pegang itu, termasuk kebutuhan primer, sekunder atau tersier?

-HARUS SEKARANG banget dibeli?

-Kalau nggak dibeli, ada dampak signifikan apa memangnya ke diri sendiri, suami atau anak?

-Jika nggak jadi beli, coba bayangkan, bisa membeli kebutuhan primer apa yang dari segi fungsi jauh lebih berguna.

Nah, kalau suami atau si kecil minta jajan. Melipir aja ke jajanan kue basah. Di beberapa mall ada kok. Dari segi varian rasa juga banyak, asin dan manis. Tapi harganya bersahabat banget, kan? Nggak sampai 100 ribu, sudah bisa mengganjal rasa lapar tiga orang. Dibanding jajan puluhan ribu, cuma dapat satu item.

Selamat nge-mall, ingat-ingat ya, setelah liburan kehidupan nyata akan terus tetap bergulir. Jadi, dekap erat dompet mommies, hahahaha.


Post Comment