Daftar Tes Kesehatan yang Wajib Dilakukan Perempuan Setiap Tahun

Tes kesehatan biasanya hanya dilakukan ketika ada keluhan. Maklum kalau tidak ada apa-apa rasanya takut jadi ketahuan ada apa-apa hahaha. Padahal mencegah lebih baik daripada mengobati, kan?

Ini dia daftar tes kesehatan yang wajib dilakukan perempuan setiap tahunnya:

kesehatan organ Wanita

Mammogram

Mammogram adalah pemeriksaan untuk deteksi dini kanker payudara bagi perempuan di atas 40 tahun. Bagi perempuan di atas 55 tahun, disarankan untuk screening per 3 tahun sekali.

Di bawah 40 tahun, mommies cukup lakukan sadari (periksa payudara sendiri) di rumah setiap bulannya. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan, jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Pap Smear

Pap smear disarankan dilakukan setahun sekali untuk deteksi dini kanker serviks. Untuk perempuan yang sudah aktif secara seksual, pap smear disarankan dilakukan setahun sekali.

Jika smear dinyatakan normal, maka mommies disarankan untuk vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks.

Rontgen paru

Rontgen paru sebaiknya dilakukan setahun sekali untuk deteksi dini kanker paru. Tahukah mommies, selain menyerang perokok aktif, ada kelompok yang juga banyak terserang kanker paru yaitu woman, Asian, dan non smoker.

Itu sebabnya rontgen paru wajib dilakukan setahun sekali

Selain itu, kolonoskopi atau tes feses/darah juga bisa dilakukan untuk deteksi dini kanker usus besar dan direkomendasikan dari usia 50 tahun secara teratur hingga 75 tahun.

Setiap 3 tahun sekali, lakukan pula pengecekan bone density karena perempuan lebih rentan pada osteoporosis atau pengeroposan tulang. Lebih sering olahraga, mengkonsumsi kalsium serta vitamin D bisa membantu mencegahnya.

Jangan takut untuk medical check up!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Post Comment