banner-detik
KITCHEN

5 Manfaat Kulit Jeruk Untuk Rumah Anda

author

fiaindriokusumo06 Dec 2015

5 Manfaat Kulit Jeruk Untuk Rumah Anda

Tahukah Anda kalau kulit jeruk bisa digunakan untuk menjaga keharuman rumah Anda? Ini caranya.

Jika Anda langsung membuang kulit jeruk usai mengupasnya, ada baiknya urungkan dulu hal tersebut. Dituturkan oleh pakar interior rumah Amanda Hearn, dengan memanfaatkan sisa kulit jeruk yang dapat mengharumkan ruangan serta pada bagian-bagian tertentu agar terhindar dari bau yang tidak sedap, berikut ini caranya untuk memaksimalkan kulit jeruk agar ruangan dan alat-alat dapur di rumah Anda selalu harum.

Kulit jeruk untuk rumah

  • Pembersih Buatan
  • Manfaat kulit jeruk 2

    Seperti dikutip dari About.com, kulit jeruk dapat menjadi pembersih alami yang baik untuk membersihkan rumah. Cara membuatnya cukup mudah, rendam kulit jeruk di dalam air cuka dan diamkan selama satu hingga dua minggu.

    Kemudian campurkan air dengan perbandingan 50:50 dan mulailah membersihkan rumah seperti biasa. Wangi alami dari kulit jeruk dapat membersihkan sekaligus mengharumkan rumah. Dengan melakukan cara ini, Anda juga telah membantu menyelamatkan lingkungan dengan mendaur ulang bahan yang telah digunakan.

  • Pewangi Ruangan
  • Masukkan kulit jeruk ke dalam panci yang berisi air, masaklah dengan suhu rendah kemudian biarkan hingga air mendidih. Kulit jeruk akan mengeluarkan minyak alami yang berfungsi untuk mengharumkan ruangan. Tambahkan satu batang kayu manis atau daun kemangi agar wanginya lebih terasa.

    3. Menetralisir Bau di Dalam Kulkas

    manfaat kulit jeruk 3

    Kulkas menjadi tempat untuk menyimpan berbagai macam makanan dengan aroma yang beragam. Untuk menetralisir aroma yang kurang menyenangkan tersebut, kulit jeruk bisa menjadi salah satu cara ampuh. Caranya, letakkan kulit jeruk pada mangkuk dan simpan di dalam kulkas. Wangi kulit jeruk akan menetralisir sekaligus menyegarkan kulkas.

    4. Mengharumkan Tempat Cucian Piring

    Tempat mencuci piring bisa saja terasa lembap dan menimbulkan aroma kurang menyenangkan. Untuk menghilangkan wangi tersebut, masukkan kulit jeruk ke dalam wadah es, tambahkan air dan bekukan. Setelah itu Anda cukup cairkan es batu berisi kulit jeruk itu di dalam bak cucian piring, biarkan wangi kulit jeruk menyeruak hingga aroma tak sedap menghilang.

    5. Membersihkan Talenan

    manfaat kulit jeruk 4

    Talenan atau papan kayu untuk memotong sayuran bisa menjadi sarang bakteri. Untuk itu, diperlukan pembersihan menyeluruh agar kuman-kuman di dalamnya hilang. Caranya, gosokkan kulit jeruk pada talenan, bilas, dan keringkan di tempat panas. Kulit jeruk berguna sebagai disinfektan yang bisa menghilangkan bakteri.

    Dengan beberapa tips yang sudah dijelaskan di atas, Anda tak hanya mendapatkan aroma yang sedap dari kulit jeruk, tapi juga perangkat alat dapur menjadi bersih kembali. Selamat mencoba!

    *Artikel ini hasil kerjasama dengan balkonie.com

     

    Share Article

    author

    fiaindriokusumo

    Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan