banner-detik
NEW PARENTS

Kembali Langsing Pasca Melahirkan

author

mamul01 Oct 2015

Kembali Langsing Pasca Melahirkan

Siapa yang mau berat badan kembali normal pasca melahirkan? Tunjuk diri sendiri, hehehe. Selain mengatur pola makan dan berolahraga, ada poin lain yang berperan dalam mengembalikan tubuh kembali langsing.

Semua ibu pasti pernah merasakan kenaikan berat badan yang cukup banyak selama menjalani masa kehamilan. Kebanyakan, ibu hamil akan mengalami kenaikan hingga belasan kilogram. Ada juga ibu hamil yang hanya mengalami kenaikan berat badan kurang dari sepuluh kilogram. Tetapi, bisa menghilangkan kelebihan berat badan yang didapat selama masa kehamilan adalah dambaan setiap ibu setelah melahirkan.

baby-workout

*Gambar dari sini

Pilihan untuk melangsingkan tubuh pasca hamil dan melahirkan memang banyak ragamnya. Salah satu cara terbaik untuk memangkas kelebihan berat badan semasa hamil adalah dengan cara yang sehat, yang sehat meliputi pemilihan menu makan sehat dan berolahraga teratur. Memang, butuh waktu yang tidak sebentar untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum hamil jika kita memilih dengan cara yang sehat.

Kita pasti sudah mengetahui bahwa makanan yang sehat itu meliputi: berbagai jenis sayuran, protein hewani (untuk daging dan ikan, pilih yang segar dan sebaiknya bukan dalam kemasan serta tidak mengandung pengawet dan bahan perasa tambahan) juga protein nabati, buah-buahan, pemilihan camilan yang sehat dan mencukupi kebutuhan air putih. Sebisa mungkin menghindari bahan makanan yang mengandung kadar gula dan kadar garam yang tinggi. Selain itu, diperlukan olahraga yang teratur agar lemak di tubuh dapat “dibakar” dengan benar.

Jika Mommies sudah paham mengenai pemilihan menu makanan dan cara olahraga yang tepat, perlu juga diketahui faktor-faktor pendukung lainnya dalam menurunkan berat badan pasca kehamilan. Apa saja mom?

  • Tidak instan. Mommies perlu sadar bahwa tidak ada waktu yang singkat untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Maksimalnya, kita bisa memangkas sebanyak 2-4 kilogram setiap bulan (pedoman ini berdasarkan standar kesehatan secara umum). Jadi, jangan berharap kita bisa melenyapkan belasan kilogram dalam waktu singkat ya. Ingat, jangan pertaruhkan kesehatan Anda demi tubuh yang langsing.
  • Substitusi makanan. Setelah melahirkan, kita perlu banyak asupan untuk mengembalikan energi di tubuh. Ditambah lagi, Anda harus menyusui si kecil di mana kondisi seperti ini membutuhkan banyak asupan. Yang bisa Anda lakukan adalah substitusi menu makanan. Misalnya, karena sering merasa lapar setelah menyusui si kecil, sebaiknya Mommies mengonsumsi makanan yang sehat seperti salad sayuran, salad buah, snack dalam bentuk kacang-kacangan. Hindari keinginan untuk mengonsumsi camilan atau makanan yang tinggi kandungan gula/garam.
  • DSCF1070

  • Butuh waktu. Karena Mommies harus merehatkan tubuh pasca melahirkan, sebaiknya Anda tidak terburu-buru untuk melakukan olahraga. Perlu Mommies ketahui bahwa kesiapan tubuh setiap ibu yang baru melahirkan itu berbeda-beda. Untuk Mommies yang melahirkan secara normal (non-operasi), lakukan olahraga secara sederhana setelah 40 hari pasca melahirkan. Bagi Mommies yang menjalani prosedur operasi, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter kandungan mengenai kapan bisa memulai olahraga dan jenis olahraga apa yang bisa dilakukan.
  • Mulai dari olahraga yang ringan (mudah). Memulai olahraga setelah melahirkan memang cukup berat. oleh sebab itu, sebaiknya Mommies memilih olahraga yang sederhana. Istilahnya, jenis olahraga untuk kaum pemula. Bisa saja dengan melakukan jalan pagi atau jalan sore di sekeliling lingkungan rumah selama 30 menit. Kemudian, secara bertahap, tambah level dari olahraga Anda. Jangan lupa, Mommies tidak boleh memaksakan diri untuk berolahraga berat pasca melahirkan (terutama bagi mereka yang mengatur jadwal olahraga tanpa trainer/coach).
  • Setiap orang memiliki hasil yang berbeda. Jangan pernah membandingkan proses dan hasil yang Anda dapat dengan orang lain. Anda harus ingat bahwa tidak semua orang bisa menghilangkan empat kilogram dalam sebulan. Jika proses yang Anda jalani lebih panjang dari orang lain, maka Anda harus selalu ingat bahwa tujuannya supaya hidup kita lebih sehat, bukan hanya untuk langsing.
  • Sabar, sabar dan sabar. Karena butuh waktu yang tidak sebentar, Anda perlu bersabar untuk menjalani diet sehat dan rutinitas berolahraga. Jika tidak sabar, dijamin tujuan tidak akan tercapai dan berakibat tidak baik juga untuk kesehatan tubuh. Jadi tetap bersabar dan nikmati prosesnya ya.
  • Asalkan Mommies menjalani prosesnya dengan cara yang tepat serta sehat, maka tubuh ideal akan terwujud. Bukan hanya tubuh langsing yang didapat, tubuh yang sehat dan kuat akan menjadi milik kita. Jangan sampai demi mendapatkan tubuh yang langsing, Anda mengorbankan kesehatan Anda. Utamakan kesehatan tubuh karena menjadi langsing adalah bonus semata, oke,  Mommies.

     

     

    PAGES:

    Share Article

    author

    mamul

    pecinta lemon hangat dan yoga. suka dengan makanan manis, terutama bolu keju. selalu girang ketika mendengar teman/kerabat/kenalan hingga anggota forum melakukan diet sehat disertai olahraga. slogan penyemangat hidup dalam menghadapi jungkir baliknya dunia parenting adalah "i'm not their perfect mother, but i always try to be the best for my kids, myself and my husband, be the best for my family".


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan