banner-detik
BREASTFEEDING

Masalah Pada Payudara Saat Menyusui (Part 1)

author

?author?18 Aug 2015

Masalah Pada Payudara Saat Menyusui (Part 1)

Ada mereka yang beruntung dapat menyusui tanpa rasa sakit sama sekali di payudara. Tapi, ada juga yang harus berjibaku dengan beragam keluhan yang ‘menyerang’ si pabrik penghasil ASI ini.

Saya masih ingat betul bagaimana rasanya saat awal menyusui Jordy kemudian puting payudara saya pun lecet. Rasanya? Kalau saya harus ilustrasikan, ibarat kata kulit yang luka kemudian harus tergesek benda tajam atau kasar.  Nah, itu rasanya. Setiap kali lidah dan mulut Jordy melekat ke puting saya yang luka, saya sampai keringat dingin dan harus meringis menahan sakit. Saking sakitnya, selama cuti saya sampai jarang banget mengenakan bra dan mencari baju yang longgar karena nggak tahan dengan rasa nyeri setiap kali puting harus bersentuhan dengan kain baju. Meski begitu, justru saat itulah saya merasakan perjuangan menjadi ibu.

woman-breastfeeding-baby-drawing-1881340

Gambar dari sini

Berbicara tentang keluhan di payudara ketika menyusui, mungkin problem yang saya alami masih jauuuuuuh lebih mending dibanding para mommies lain. Teman saya pernah cerita, saat saluran ASI-nya terhambat, dia sampai harus ke UGD dan kemudian payudaranya ditusuk dengan semacam jarum suntik. Saya sampai nggak mau membayangkan rasa sakitnya seperti apa.

Banyak mommies yang mungkin suka bingung dengan rasa sakit yang menyerang payudara ketika sedang menyusui dan nggak ngerti harus berbuat apa. Saya pun dulu menganggap keluhan di payudara yang berhubungan dengan menyusui palingan hanya puting lecet dan saluran yang tersumbat. Ternyata ada banyak ‘musuh’ si pabrik ASI dan setiap keluhan berbeda penanganannya.

Beberapa minggu lalu saya sempat ngobrol dengan dr. Marini Sartika Dewi, MsiMed, SpA, sekaligus Konselor Laktasi dan MPASI dari Brawijaya Women & Children Hospital untuk membuat artikel tentang menyusui bayi kembar. Sekalian saja saya bertanya mengenai keluhan pada payudara yang sering dialami oleh ibu menyusui. Ini dia rangkumannya.

  • MASTITIS
  • Pengertian:

    Peradangan yang terjadi di payudara, entah di bagian kanan atau kiri. Jika mengalami hal ini, sebaiknya segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan, karena jika didiamkan dapat mengakibatkan infeksi menjalar ke seluruh tubuh yang dibarengi dengan demam.

    Gejala:

    Payudara bengkak, berwarna kemerahan, nyeri dan ada gangguan fungsi, serta Mommies mengalami demam. Lain hal dengan bengkak biasa, Mastitis bisa menyebabkan ASI yang dikeluarkan berupa nanah. Tapi jangan khawatir, Mommies, dengan kondisi ini, seorang ibu tetap memungkinkan untuk menyusui. “Karena saluran ASI tidak hanya satu, jadi tergantung pada payudara yang terkena mastitisnya di bagian mana,” jelas dr. Marini. Jika yang terkena mastitis bagian kanan, seorang ibu bisa menyusui bayi di payudara yang kiri. Hanya saja, kembali lagi ke faktor hormon oksitosin – kalau nyeri, biasanya ASI yang keluar agak terhambat. “Kalau kondisi sudah seperti ini, maka harus dilakukan operasi karena nanahnya harus dikeluarkan. Tapi kalau masih bengkak biasa, biasanya saya rujuk ke akupuntur untuk menghilangkan rasa nyerinya,” jelas dr. Marini lebih lanjut.

    Penyebab:

    Kuman dan biasanya pencetusnya adanya sumbatan. Jadi logika sederhananya seperti ini Mommies, di dalam sumbatan tersebut ada area yang memungkinkan si kuman masuk ke dalamnya dan menjadi tempat yang nyaman untuk kuman tersebut berkembang biak.

    Pencegahan:

    Jangan sampai ada sumbatan, caranya: Tidak boleh ada sesuatu yang mengganjal dan menekan di dearah saluran itu, sehingga membuat aliran terhambat. “Saya biasanya menyarankan kepada semua pasien saya yang menyusui, untuk menghindari pemakaian bra yang berkawat, karena bra ini akan menekan bagian bawah payudara yang banyak terdapat saluran keluarnya ASI,” papar dr. Marini.

    Penanganan atau terapi:

    Operasi, antibiotik, anti nyeri dan anti radang.

    Selanjutnya, masalah puting lecet dan payudara yang tidak simetris.

    breast

    Gambar dari sini

    2. PUTING LECET

    Pengertian:

    Kondisi puting yang sedang mengalami luka.

    Penyebab:

    99% masalah puting lecet disebabkan oleh latch on (pelekatan mulut ke payudara) yang tidak sempurna. “Karena itu, di awal saya selalu mengajarkan posisi pelekatan untuk mommies yang menyusui. Yang sudah terlanjur lecet pun, bisa diobati dengan mengoleskan ASI pada puting yang sedang lecet, karena ASI mempunyai antiradang,” jelas dr. Marini.

    Berlangsung berapa lama?

    Tergantung dari latch on-nya, kalau mommies dan bayi sudah bisa mendapatkan latch on yang baik, puting lecet tidak akan terjadi lagi. Kecuali ada tounge tie dan lip tie yang dibiarkan. Lip tie sendiri hampir sama seperti tounge tie, namun selaput yang bermasalah ini menempel persis di garis gusi, sehingga fungsi bibir atas tidak bisa maksimal pada saat menyusui. Posisi mulut bayi yang ideal pada saat menyusui adalah ada dower atas dan bawah. Akhirnya latch on-nya tidak bisa menempel dengan baik.

    3. PAYUDARA TIDAK SIMETRIS

    Mommies pernah nggak mendengar bahwa yang namanya payudara itu pasti berbeda antara yang kanan dan kiri? Sebetulnya menurut dr. Marini, secara anatomi tidak ada bentuk atau ukuran payudara yang sama. Tapi itu tidak lantas menjadikan payudara yang lebih besar itu ASI-nya lebih banyak atau yang kecil lebih sedikit. Karena jumlah kantong dan saluran ASI-nya sama baik di kanan maupun kiri. “Adapun gangguan produksi bisa terjadi karena ada mommies yang lebih sering menyusui pada satu sisi payudara saja. Semakin sering disusui, semakin banyak produksinya, dan bentuknya semakin besar. Akhirnya ukuran payudara tidak sama dengan sendirinya,” jelas dr. Marini. Karena itu, dianjurkan agar durasi menyusui pada payudara kanan dan kiri harus adil, supaya besar dan produksi ASI-nya sama.

    Penanganan:

    Sekali menyusui, habiskan ASI di payudara sebelah kiri. Dua jam berikutnya, susui bergantian dengan payudara yang kanan (atau sebaliknya). “Jadi, susui anak secara bergantian per siklus menyusui – kecuali ada bayi yang sudah habis satu payudara belum kenyang, itu bisa langsung ganti dengan payudara yang satunya,” papar dr. Marini.

    Nah, itu tadi 3 masalah pada payudara yang sering dialami oleh ibu menyusui. Masih ada 3 masalah lain yang ingin saya share dengan mommies. Nantikan di artikel berikutnya ya.

    PAGES:

    Share Article

    author

    -

    Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan