banner-detik
YUMMY MOMMIES

Family Friday: Moza Pramita, "Punya Anak Puber, Harus Punya Mata Mata"

author

adiesty10 Jul 2015

Family Friday: Moza Pramita, "Punya Anak Puber, Harus Punya Mata Mata"

Menjadi orangtua mau tidak mau menuntut kita untuk terus belajar. Ketika anak baru lahir, kita harus belajar memperjuangan ASI, saat anak beranjak besar, ilmu parenting pun harus semakin diasah. Terlebih ketika anak masuk masa puber - masa yang cukup rumit.

Tidak hanya buat anak-anak, pun orangtuanya karena harus ekstra hati-hati dalam mendampingi masa perubahan hidup anak-anaknya. Gimana nggak waspada, habisnya bisa dibilang sebagai orangtua kita ini serba salah. Terlalu membebaskan anak dan memberikan banyak fasilitas, takutnya bisa kebablasan. Menghadapi anak masuk dalam tahapan puber memang nggak gampang banyak hal yang harus kita perhatikan.

Tapi tahukah Mommies, sama halnya dengan saat memperjuangkan memberikan ASI, ternyata mendidik anak yang masuk dalam masa puber juga butuh support system yang baik. Paling tidak, hal inilah yang dirasakan oleh Moza Pramita. Belum lama ini saya sempat berbincang dengan ibu dari Malik (11 tahun) dan Akma (8 tahun). Mau tahu ceritanya? Berikut kutipan obrolan saya waktu itu dengan putri sulung pasangan Pramono Soekasno dengan Dewi Motik Pramono ini.

moza1

Mengingat anak pertama Mbak Moza, Malik, sudah masuk masa puber, bagaimana sih cara Mbak Moza membangun kedekatan dengannya?

Kita kan cuma berempat, beruntungnya sampai sekarang Maliq masih suka peluk-pelukan dengan saya, tapi tentu tidak di depan teman-temannya. Saya sendiri selalu banyak belajar dari teman, kakak sepupu atau saudara lainnya yang lebih dulu punya anak. So I learn from their mistake. Apa, sih, masalah yang biasanya terjadi ketika anak mulai puber? Misalnya hubungan yang  keputus, awalnya akrab lalu  menjauh. Biasanya antara Ibu dan anak laki-lakinya yang sudah beranjak ABG seperti ini.

Jadi, saya usahakan selalu punya waktu berdua dengan Malik. Kalau dengan anak perempuan biasanya waktu ibu dengan anak perempuannya kan lebih banyak, ya? Saya selalu bergantian dengan suami dalam seminggu harus punya waktu bersama anak-anak. Harapannya, kalau mereka mau cerita juga lebih leluasa. Supaya mereka merasa nyaman.

Sudah dua tahun setengah ini saya juga tinggal bersama Ibu saya. Dari sini saya juga berharap anak-anak saya punya tempat ngobrol yang nyaman sehingga Malik juga bisa ngobrol dengan orang terdekat. Laporan perkembangan Malik juga bisa saya dapatkan dari Ibu saya. Paling tidak kalau punya anak puber, kita memang harus punya mata-mata.

Di laman selanjutnya, Moza bercerita mengenai tantangan terberat menghadapi anak puber. Langsung klik, ya, Mommies.

Tantangan terberat punya anak puber, apa, sih, Mbak?

Tantangannya sekarang masih dalam rangka mencari tahu perkembangan anak-anak tapi tidak langsung dari anaknya melainkan dari orang lain. Selain itu yang mulai berasa, sih, soal belajar, ya. Meskipun untuk pelajaran  kedua anak saya tidak perlu dipaksa-paksa. Tapi yang namanya masa puber, pelajaran agak menurun dan untuk menghapal harus berulang-ulang. Dan saya ternyata tidak sesabar itu untuk mengajarkannya. Tapi kita harus tahu, lho, soal ini.

Hal ini juga banyak saya pelajari dari teman-teman. Semakin kita menggelegar, makin stress anaknya nanti untuk belajar. Jadi apabila memang membutuhkan guru tambahan, ya, kenapa tidak? Kita harus bisa mengakui kalau kita memang membutuhkan bantuan, dan tingkat kesabaran kita mungkin tidak sama dengan para guru. Ini yang terkadang banyak orangtua yang susah menerima. Susah menerima, dan melepaskan bagi saya berbeda lho, ya. Melepaskan itu memang terlihat seperti tidak peduli, sementara saya sudah mencoba tapi ternyata Maliq lebih efektfif jika belajar bersama gurunya tanpa ada paksaan.

Kalau temannya, dapat 100 atau 9o dan ternyata nilai dia di bawahnya, Malik merasa nggak apa-apa. Baginya yang penting tidak mendapatkan nilai yang jelek dan sudah mencoba secara maksimal. Spirit seperti ini juga yang dulu saya dapatkan dari ibu saya juga, paling tidak kita sudah mencoba yang terbaik, nggak perlu jadi histeris. Soalnya saya kan juga banyak belajar dari pengalaman dulu, banyak teman-teman yang over achievement.

Pendidikan paling dasar yang selalu Anda ajarkan pada anak-anak?

Pastinya agama. Saya ini juga sudah banyak sekali ikutan workshop, seminar, kelas leadership, ataupun kelas yang lainnya. Ternyata dasar pengajaran semuanya itu memang agama.

Contoh, kedispilinan. Orang masih banyak yang susah sekali untuk bangun pagi, sementara saya sudah harus bangun sebelum weker bunyi untuk sholat shubuh. Kalau pola seperti ini dari kecil sudah dibiasakan, kan tidak akan ada masalah. Ketika sudah besar, sudah mulai bekerja, banyak yang mengeluh, “Aduh nggak bisa makan siang, nih”, sementara saya sudah terbiasa berhenti melakukan sesuatu untuk melakukan sholat Dzuhur, setelah itu kan bisa makan. Atau ada yang mengeluh, aduh pegal banget kerja di depan laptop, padahal dengan sholat Ashar selama 5 menit aja, kita sudah bisa mereggangkan otot.

Saya melihat segala macam metode-metode kehebatan yang ada di dunia yang selama ini saya banyak pelajari, sebenarnya sudah dijalankan dalam agama. Kalau mau berbagi, ya, sudah ada juga pelajarannya di agama. Agama menjadi sesuatu yang membahagiakan buat saya ataupun anak-anak saya. Dengan kedisiplianan ini kalau main, mereka juga sudah tahu kapan harus berhenti.

Moza

Dari sekian banyaknya pendidikan agama yang diajarkan orangtua, pelajaran apa yang paling Anda ingat sampai sekarang?

Dari dulu Ibu saya selalu mengajarkan saya kalau Magrib sudah harus ada di rumah. Jadi, saya sudah terbiasa kalau Magrib harus ada di rumah. Magrib ada di rumah membuat kita belajar untuk mengetahui prioritas. Dulu, sih, kesal. Mikirnya, ketika teman-teman lagi pada nongkrong, gue malah harus pulang? Tapi ini jadi rem saya sampai sekarang. Coba kalau nggak, saya mungkin bisa kebablasan.

Tapi namanya masih remaja, sempat ada masa melawan, gitu nggak, Mbak?

Ada, tapi saya tidak melihat manfaatnya. Buat apa? Mau menyenangkan teman-teman, ya buat apa juga kalau akhirnya tidak dapat uang saku dari orangtua? Takut dibilang nggak hits lagi di depan teman? Ya, buat apa juga? Di depan mata orangtua kita selalu menjadi hits. Iya kan? Logika berpikir kita jadi enteng. It remarks you all a long the way. Nggak tahu, ya, buat saya, it's easier for me jika pondasi dalam kehidupan itu adalah agama, tapi tanpa perlu menjadi agamis. You know, what I mean, ya? Buat saya dan keluarga saya agama ini tidak menyusahkan.

Oh, ya, bisa cerita sejauh mana, sih, keterlibatan Mbak Moza di Yayasan Ar Rahman ?

Sekolah Ar Rahman ini merupakan yayasan yang sudah didirikan keluarga ibu saya dan kakak dan adik-adiknya. Saya menjadi bagian keluarga yang harus meneruskan dan memperbaiki. Sistemnya sudah berjalan dengan baik, kami bukan yayasan yang break through. We are what we are, and that make us different, unique and powerful.

Wah, saya setuju sekali dengan apa yang diungkap istri dari Panya Arifin Siregar ini. Bahwa pendidikan agama memang menjadi landasan pendidikan yang wajib diajarkan pada anak sedini. Sejak dulu, saya sendiri bisa dibilang pengagum rahasianya Mbak Moza. Betapa tidak, di tengah segudang aktivitasnya, ia selalu mampu mengatur jadwal antara keluarga dan pekerjaan. Dan, lagi-lagi kedisiplinan manjemen waktu ini ia dapatkan juga lewat pendidikan agama. "Kita juga harus paham time attachment." tambahnya.

Sebenarnya, obrolan saya masih berlanjut mengenai bisnis yang dijalankannya beberapa tahun belakangan ini, yaitu Lashes By Moza. Namun, ceritanya akan saya buat dalan artikel yang berbeda. Nantikan, ya, Mommies.

PAGES:

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan