banner-detik
HEALTH & NUTRITION

5 Essential Oil Paling Populer

author

Mommies Daily04 Mar 2015

5 Essential Oil Paling Populer

Rasanya selain diet mayo, essential oil adalah 'benda' yang paling sering dicari para ibu belakangan ini. Coba saja scroll timeline Instagram Anda, pasti ada banyak yang posting tentang essential oil. Kebetulan, saya adalah pecinta Young Living Essential Oil yang masih terus aktif belajar dan sharing tentang natural remedy dan home treatment dengan natural oils. Berikut 5 essential oils yang paling laris di momsloveoils:

essentialoil

 1. Lemon

Jean Valnet MD dalam bukunya, "The Practice of Aromatherapy," memperkirakan setidaknya kita membutuhkan 3000 buah lemon untuk memproduksi 1 kg lemon essential oil melalui proses cold-pressed. Ini berarti dibutuhkan sekitar 75 lemon untuk menjadi 15 ml lemon essential oil.

essential-oil-lemon

Manfaat:

- Kesehatan tubuh yang berperan sebagai antioksidan dan anti viral. Bisa juga untuk menyamarkan selulit, menguatkan kuku, mengecerkan dahak saat batuk, dan juga untuk mencerahkan kulit muka. Saat anak Anda demam, oleskan lemon oil di sepanjang tulang belakang dan telapak kaki.

- Penambah rasa di masakan atau air minum, smoothies serta juice. Selain rasanya menjadi tambah enak, juga memberikan efek detosifikasi untuk tubuh dan Anda mendapat manfaat seperti yang disebutkan di atas.

- Pewangi ruangan. Wanginya yang membuat rileks akan membantu meningkatkan mood.

- Kebersihan dan perawatan rumah. Dapat membersihkan noda membandel di kamar mandi, dapur, dan karpet. Juga mengangkat noda seperti bekas krayon, minak dan permen karet. Bahkan bisa juga untuk pengganti detergent di rumah.

 

[Baca juga: Essential Oil, Apa dan Bagaimana]

>> Selanjutnya: Lavender!

2. Lavender

Lavender dengan harum yang fresh, manis, dan khas bunga, biasa disebut sebagai first aid oil. Saat memiliki keluhan fisik dan bingung mau pakai oil yang mana, Anda bisa langsung menggunakan oil ini. Fungsi lavender oil di antaranya dapat memberikan keseimbangan pada tubuh dan bekerja di bagian tubuh yang membutuhkan.

essential-oil-lavender

Manfaat:

- Kesehatan. Dapat membantu meringankan penderita alergi, baik alergi udara atau alergi di kulit. Lavender bagus juga untuk kesehatan rambut karena dapat mengurangi ketombe dan mencegah kerontokan.

- Perawatan kulit, seperti untuk kulit kering dan pecah-pecah, varises, terbakar matahari, eksim, gatal-gatal, diaper rash, luka bakar, luka berdarah bahkan jerawat. Saat terkena gigitan serangga juga bisa langsung dioleskan, dan untuk mengusir nyamuk. Untuk nyeri perut seperti saat menstruasi atau perut kembung bisa dioleskan di bagian perut

- Kebersihan. Berguna untuk mengusir nyamuk. Coba Anda lihat beberapa produk lotion atau mosquito repellant, pasti banyak yang mengandung lavender.

- Rileksasi. Wangi lavender oil akan membantu kita untuk tidur lebih nyenyak. Penting untuk Anda yang menderita insomnia. Menghirup lavender oil saat sedang stres atau cemas bisa membantu mengurangi fokus dan memberikan efek tenang. Juga bisa digunakan saat bayi menangis terus-menerus, dengan mengoleskannya di belakang telinga. Untuk pemakaian awal pada bayi bisa digunakan di telapak kaki atau dengan dicampur dengan vegetable oil untuk dioleskan di badan.

 Baca juga: 10 Manfaat Jahe Merah Untuk Tubuh

Selanjutnya: Peppermint!

 3. Peppermint

Peppermint essential oil memiliki bau yang kuat khas daun mint yang freshPeppermint oil termasuk oil panas, jadi harap hati-hati menggunakannya pada anak dan penggunaannya harus selalu dicampur terlebih dahulu dengan carrier oil seperti V6, Virgin Coconut Oil, Pure Olive Oil, dan lainnya.

essential-oil-peppermint

Manfaat:

-  Kesehatan. Melancarkan pencernaan, mengurangi nyeri, mual maag, kram, atau kembung dengan meneteskan 1 tetes pada air minum hangat. Untuk nyeri sendi dan sakit kepala, bisa dioleskan di bagian yang sakit. Bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut tak sedap, sakit gigi, dan radang tenggorokan. Oil ini juga bagus untuk mengatasi masalah pernafasan, melegakan hidung tersumbat, dan sesak nafas. Caranya cukup teteskan 1 drop di mangkuk yang berisi air panas, hirup udaranya. Bisa juga dicampur dengan vegetable oil dan dioleskan di bagian dada untuk membantu mengatasi pilek, batuk berdahak, sinusitis, dan asma.

- Rileksasi. Saat lelah dan membutuhkan energi serta konsentrasi, kita bisa menghirup peppermint oil dan mengoleskannya di belakang leher. Peppermint oil akan memberikan efek memotivasi, menambah energi, dan meningkatkan mood positif.

Baca juga: Praktik Self Love Untuk Jadi Orangtua yang Lebih Baik

 

Selanjutnya: Thieves

 4. Thieves

Thieves adalah salah satu blend oils terfavorit, merupakan campuran dari clove, lemon, cinnamon bark, eucalyptus radiata, dan rosemary. Berbagai oil yang ada di dalamnya menyebabkan Thieves oil ini bersifat antiviral dan antiseptik yang kuat sehingga dapat membantu tubuh melawan flu, jamur, virus, dan infeksi bakteri.

essential-oil-thieves

Manfaat:

- Kesehatan. Membantu sistem kekebalan tubuh. Cara pakai oil ini sama seperti Peppermint, dicampur dahulu dengan carrier oil sebelum dioleskan ke telapak kaki. Oleskan pada telapak kaki anak sebelum keluar rumah atau pergi ke sekolah untuk mengurangi risiko tertular penyakit seperti batuk pilek.

- Kebersihan rumah. Campurkan ke air untuk cairan pembersih debu, dapur, dan memberikan aroma segar untuk cucian dan pakaian. Diffuse oil ini bermanfaat untuk mengeliminasi bakteri dan virus di udara.

 

Selanjutnya: RC

 5. RC

 RC adalah singkatan dari Respiratory Congestion. RC terdiri dari blend 10 essential oil antara lain eucalyptus globulus, eucalyptus radiata, eucalyptus citriodora, myrtle, pine, marjoram, lavender, cypress, peppermint, dan tsuga.

essential-oil-rc

Manfaat:

- Kesehatan. Meredakan batuk pilek, bronchitis, hidung tersumbat, flu, radang/infeksi paru, sinusitis, dan juga radang tenggorokan.

Cara aplikasi oil ini sama dengan Thieves dan Peppermint, harus dicampur dulu dengan carrier oil guna menghindari iritasi kulit apalagi untuk anak-anak. Dapat dioleskan di dada, punggung, sekitar leher dan belakang telinga, telapak kaki, atau di daerah sinus. Selain diaplikasikan ke kulit, tentunya bisa juga menggunakan diffuser untuk mengatasi masalah dalam sistem pernafasan, atau untuk inhalasi bisa diteteskan 1-2 tetes di mangkuk berisi air hangat. RC oil bisa lebih efektif digunakan bersama dengan Thieves oil.

 

@momsloveoils; Mommy yang addicted dengan Young Living Essential oils dan senang berbagi informasi tentang natural remedy dan penggunaan essential oils

PAGES:

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan